Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

5 Tips Efisiensi untuk Menyiapkan Kesuksesan Bisnis

Menurut sebuah survei dari perusahaan penggajian online OnPay, hanya 12% dari bisnis melaporkan bahwa kondisinya tetap “normal” untuk saat ini
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 15 Juli 2020  |  16:08 WIB
Tips bisnis
Tips bisnis

Bisnis.com, JAKARTA -- Perusahaan di seluruh industri mengalami tingkat ketidakpastian yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Menurut sebuah survei dari perusahaan penggajian online OnPay, hanya 12% dari bisnis melaporkan bahwa kondisinya tetap “normal” untuk saat ini. Ketika masa depan tidak pasti dan margin makin ketat, efisiensi menjadi lebih penting daripada sebelumnya.

Untuk memastikan masa depan ekonomi yang berkelanjutan bagi perusahaan Anda, maka harus mulai memaksimalkan efisiensi hari ini.

Menyiapkan bisnis kecil Anda untuk sukses berarti memperhatikan dengan seksama upaya apa yang berhasil dan apa yang tidak - apakah itu anggaran Anda, alur kerja, atau teknologi, tidak satu aspek pun dari bisnis Anda yang tidak dapat diuji.

Namun, optimasi selalu lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Berikut adalah beberapa upaya yang dapat Anda lakukan, seperti dikutip melalui Business 2 Community.

1. Otomatisasi.

Karyawan Anda adalah orang yang membuat bisnis Anda berkembang, jadi Anda harus melakukan apa pun yang Anda bisa untuk menjaga mereka agar tidak terjebak dengan tugas-tugas yang tidak berarti. Menyortir email dan mengunduh data bukanlah tugas yang bernilai tinggi bagi tim Anda - pertimbangkan untuk mengotomatiskannya.

Menurut platform manajemen media sosial Oktopost, bisnis yang menggunakan perangkat lunak untuk memberikan arahan secara otomatis dapat mengalami kenaikan pendapatan 10% enam bulan setelah sistem diadopsi. Tidak ada pekerja Anda yang mau membuang waktu mereka dengan pekerjaan kasar, jadi lakukan dengan teknologi.

2. Delegasikan pekerjaan secara tepat

Platform, Turbine, melaporkan bahwa 53% pemilik usaha kecil percaya bahwa mereka dapat menumbuhkan organisasi mereka secara signifikan jika mereka dapat mendelegasikan 10% dari beban kerja mereka saat ini.

Mendelegasikan pekerjaan dengan benar dapat mengurangi beban besar dari punggung Anda dan pada saat yang sama meningkatkan bisnis.

Salah satu manfaat terbesar dari menjaga bisnis Anda tetap kecil adalah kesempatan untuk bekerja secara lateral, menciptakan struktur terbuka yang memungkinkan karyawan merasa nyaman berbagi tugas dan proyek.

Keterbukaan dapat memberikan dorongan besar pada efisiensi dalam jangka pendek sekaligus menjamin keberhasilan jangka panjang.

3. Merampingkan alur komunikasi

Tidak perlu studi untuk mengetahui bahwa komunikasi di tempat kerja masih jauh dari ideal, tetapi penelitian dari McKinsey menunjukkan bahwa 28% dari rata-rata waktu karyawan dihabiskan untuk mengelola email masih merupakan angka yang mengejutkan untuk dilihat.

Sangat mudah untuk menggunakan email sebagai media komunikasi yang sudah ketinggalan zaman, tetapi beberapa perusahaan siap untuk menghilangkannya. Tetap saja, beralih ke platform yang lebih khusus dapat banyak membantu bisnis Anda. Email mungkin berharga sebagai alat penggunaan umum, tetapi beralih ke aplikasi niche dapat membantu efisiensi.

4. Kurangi multitasking

Sejak era digital, multitasking telah menjadi norma bagi pebisnis di seluruh dunia.

Agar perusahaan Anda mencapai efisiensi maksimum, multitasking perlu ditinggalkan. Platform manajemen kerja, Wrike, melaporkan bahwa multitasking mengurangi produktivitas pekerja sebanyak 40%, tetapi bahkan jumlah itu mungkin tidak menunjukkan realita sebenarnya. Paksa diri dan bisnis Anda untuk mengatasi satu masalah pada satu waktu, ini satu-satunya cara untuk memastikan Anda selalu melakukan pekerjaan terbaik Anda.

5. Optimalkan kegiatan rapat

Layanan penjadwalan online, Doodle mengeluarkan laporan yang menyatakan bahwa pertemuan yang berjalan buruk menyebabkan ekonomi AS hampir $ 400 miliar per tahun.

Untuk membuat rapat menjadi efisien, tentukan apa tujuannya. Adakan pertemuan dengan niat jelas dan lakukan segala yang Anda bisa untuk memberi mereka struktur yang kuat.

Selain itu, tawarkan jajak pendapat atau forum pengiriman sebelum pertemuan besar yang memungkinkan karyawan Anda menyuarakan pendapat mereka tentang apa yang ingin mereka diskusikan.

Perusahaan yang efisien adalah perusahaan yang menangani semua kekhawatiran pekerjanya, dan rapat merupakan peluang besar untuk melakukannya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

peluang bisnis tips bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top