Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cek Ini, 20 Perusahaan Buka Lowongan Kerja Saat Pandemi Corona

Kabar baik, sebanyak 48 persen perusahaan di Indonesia ternyata tetap membuka lowongan pekerjaan untuk posisi yang mendesak di tengah pandemi Covid-19.
Pencari kerja melintas di dekat stan sebuah perusahaan pada bursa kerja di Disnakertrans Kota Semarang, Jawa Tengah, Rabu (19/4)./Antara-R Rekotomo
Pencari kerja melintas di dekat stan sebuah perusahaan pada bursa kerja di Disnakertrans Kota Semarang, Jawa Tengah, Rabu (19/4)./Antara-R Rekotomo

Bisnis.com, JAKARTA – Pandemi Covid-19 yang belum mereda memberikan dampak signifikan pada beberapa sektor di Indonesia. Isu resesi, kemerosotan ekonomi, serta pengurangan karyawan pada perusahaan kian marak terdengar beberapa bulan ini.

Belum lagi ribuan lulusan baru yang akan mulai menjajaki awal karir akan terus menambah pasokan tenaga kerja dan berisiko terjadinya penyerapan tenaga kerja yang tidak proporsional. Tak dapat dipungkiri, lapangan pekerjaan baru sangat dibutuhkan untuk turut mendorong perekonomian.

Kabar baiknya, berdasarkan laporan Lanskap Rekrutmen Indonesia di Tengah Pandemi Covid-19 yang ditulis oleh tim Kalibrr Indonesia, 48 persen perusahaan di Indonesia ternyata tetap membuka rekrutmen untuk posisi yang mendesak.

Pandemi juga tidak menjadi halangan bagi banyak perusahaan untuk melakukan rekrutmen, karena 44 persen perusahaan telah melakukan keseluruhan proses rekrutmen secara daring. Setelah pandemi pun, akan muncul kalkulasi baru untuk kebutuhan manpower dan rekrutmen demi mengejar kekosongan yang terhambat akibat pandemi Covid-19.

Untuk membantu kandidat di Indonesia menemukan karir impiannya, Kalibrr Indonesia menggelar Kalibrr Virtual Career Week pada 26 - 30 Agustus 2020. Acara ini merupakan pekan karir virtual yang mempertemukan para pencari kerja dengan para pelaku usaha melalui bursa kerja online di tengah transisi menuju tatanan kehidupan baru.

 “Berangkat dari keinginan untuk menjembatani kandidat dengan perusahaan dengan mudah dan praktis, Kalibrr juga ingin menjadi wadah yang membantu para pencari kerja yang terdampak selama pandemi Covid-19. Oleh karena itu, kami berharap Virtual Career Week ini akan menjadi sarana bagi para pencari kerja untuk bisa menemukan karir impiannya,” ujar Sanuk Tandon, selaku Chief Operating Officer dari Kalibrr, Kamis (13/8/2020).

Acara ini terbuka untuk umum dan pencari kerja yang mendaftar, pameran karir ini juga tidak akan dipungut biaya apapun. Untuk menyukseskan kegiatan ini, Kalibrr Virtual Career Week berkolaborasi dengan lebih dari 20 perusahaan dari berbagai sektor yang senantiasa membuka lapangan pekerjaan di tengah pandemi.

 Beberapa perusahaan yang akan bergabung meliputi bank terkemuka seperti Bank BTPN dan Bank CIMB Niaga, serta lembaga IT & Software Apple Developer Academy @ Universitas Ciputra.

Selain membuka lapangan pekerjaan, perusahaan yang berpartisipasi juga akan mengadakan presentasi perusahaan agar dapat terhubung langsung dengan para kandidat pencari kerja selayaknya pameran tatap muka.

Dalam sesi ini, kandidat diberikan kesempatan untuk berinteraksi dan bertanya langsung kepada para rekruter seputar tips dan lingkungan kerja di perusahaan yang dituju. Sesi tatap ini muka ini akan menjadi sesi terbuka secara daring yang bisa diikuti oleh setiap kandidat yang telah mendaftar.

Selain itu, selama periode Virtual Career Week, kandidat yang akan berpartisipasi juga bisa berkonsultasi langsung bersama para career expert terkait Curriculum Vitae yang dimiliki melalui sesi CV Coaching Consultation. Harapannya, sesi ini dapat membantu para kandidat untuk bisa mengembangkan profilnya dan memenuhi persyaratan yang sesuai dari perusahaan yang dituju.

Kalibrr Virtual Career Week akan dilaksanakan sepenuhnya secara daring di platform Kalibrr Indonesia. Selama periode Virtual Career Week, perusahaan yang berkolaborasi akan melakukan proses rekrutmen termasuk tahap screening dan penawaran kerja pada platform Kalibrr Indonesia.

Pencari kerja yang ingin mendaftar untuk mengikuti program ini dapat membuat akunnya secara gratis di kalibrr.me/careerweek. Untuk melihat lowongan yang akan dibuka selama pameran karir, informasi lebih lanjut dapat dilihat di www.kejarsuksesmu.com.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dewi Andriani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper