Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Belajar dari Youtube, Wanita Ini Sukses Berbisnis Kerajinan dengan Omzet Jutaan Rupiah

Ternyata dari hobi rebahan dan bermain handphone tersebut, Amalia mencoba memulai bisnis secara online
Dewanti Amalia Artasari
Dewanti Amalia Artasari

Bisnis.com, JAKARTA – Dewanti Amalia Artasari, wanita berusia 28 tahun ini mengaku sebagai seorang yang pemalas dan sangat senang rebahan sambil bermain handphone.

Meski demikian, dia sukses menjadi seorang pebisnis yang menghasilkan omzet jutaan rupiah tiap bulannya.
Bagaimana caranya? Ternyata dari hobi rebahan dan bermain handphone tersebut, Amalia mencoba memulai bisnis secara online. Awalnya dia sama sekali tidak memiliki keterampilan, tetapi dia kemudian belajar secara mandiri melalui kanal video streaming mengenai cara membuat anyaman benang “macramé”.

“Saya itu pemalas yang ingin sukses. Hobi saya rebahan dan main handphone, makanya saya juga belajar dan berjualan dari handphone via online,” ujar pemilik Dewa Collection Bali ini.
Setelah makin ahli dan berani memantapkan diri, Amalia bersama sang suami memutuskan untuk keluar dari pekerjaan sebelumnya dan fokus mengembangkan bisnis kerajinan benang untuk dekorasi rumah yang sudah dimulai sejak 3 tahun silam.

Awal tahun 2020, Amalia membuka toko offline tetapi harus tutup karena pandemic. Dalam kondisi saat ini, otomatis semua penjualan hanya bisa dilakukan melalui online. Beruntung, Amalia sudah mendaftarkan bisnisnya ke dalam plarform e-commerce Tokopedia.
“Di tengah situasi pandemi COVID-19 ini, platform digital Tokopedia lah yang sangat membantu pegiat usaha lokal seperti kami dalam mempertahankan bisnis,” ujarnya.

Tak disangka, pada masa ini justru bisnisnya makin berkembang. Amalia bahkan harus menambah karyawan untuk memenuhi lonjakan pesanan online di tengah pandemi, yang mencapai lebih dari 5x lipat. Amalia kini mempekerjakan lebih dari 30 pengrajin benang dan terus berharap bisa membuka lapangan pekerjaan untuk lebih banyak masyarakat.

Amalia akan menceritakan perjalanan bisnisnya tersebut dalam Tokopedia Play Fest yang digelas pada 17 Agustus mendatang. Selain memperingati HUT ke-75 Indonesia, acara ini diselenggarakan virtual di kanal video streaming Tokopedia Play untuk merayakan hari jadi ke-11 Tokopedia, yang jatuh di tanggal yang sama.

Founder sekaligus CEO Tokopedia, William Tanuwijaya, mengatakan sebagai perusahaan teknologi buatan Indonesia, Tokopedia sangat mengapresiasi seluruh pihak yang selama hampir 11 tahun mendukung dan menginspirasi kami dalam berkarya untuk Indonesia, mewujudkan pemerataan ekonomi secara digital.

“Walau peringatan kemerdekaan Indonesia sekaligus ulang tahun Tokopedia tahun ini berada di situasi yang penuh tantangan, kami berharap dengan adanya acara ini, masyarakat selalu punya asa untuk merayakan semangat baru demi terus beradaptasi dengan kebiasaan yang juga baru,” ujarnya.

Perayaan HUT ke-11 Tokopedia melalui Tokopedia Play Fest akan terdiri dari sejumlah talkshow bersama para pembicara inspiratif dari berbagai latar belakang. Mulai dari pakar teknologi Tokopedia, Menteri Keuangan RI Sri Mulyani dan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, sederet pegiat usaha lokal dan lainnya.

Selain talkshow dengan sejumlah pembicara inspiratif di atas, Tokopedia juga mengajak masyarakat berbagi kebaikan dengan berdonasi melalui kampanye Tokopedia Berbagi selama 14-17 Agustus 2020.

Donasi yang terkumpul akan didistribusikan oleh BenihBaik untuk membantu masyarakat terdampak pandemi. Khusus pada 17 Agustus 2020, masyarakat bisa menyaksikan konser amal penyanyi papan atas, seperti Bunga Citra Lestari, Ari Lasso dan Andmesh Kamaleng di Tokopedia Play

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dewi Andriani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper