Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

6 Tips Sukses Menjalankan Bisnis dari Luar Negeri

Apakah Anda secara proaktif menantikan untuk hidup di luar negeri atau Anda perlu pindah ke negara lain, meninggalkan bisnis Anda bisa sangat menakutkan.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 12 Agustus 2020  |  13:15 WIB
Ilustrasi - Gijobs
Ilustrasi - Gijobs

Bisnis.com, JAKARTA -- Bukan rahasia lagi bahwa menjadi wirausahawan di dunia global berarti Anda harus fleksibel dengan perubahan.

Apakah Anda secara proaktif menantikan untuk hidup di luar negeri atau Anda perlu pindah ke negara lain, meninggalkan bisnis Anda bisa sangat menakutkan.

Namun, yang perlu Anda lakukan hanyalah mempersiapkan diri untuk perubahan, secara mental dan logistik, dan Anda dapat terus mengembangkan bisnis di mana pun Anda berada.

Berikut enam langkah yang dapat Anda ambil untuk memastikan Anda menjalankan bisnis dengan sukses dari negara lain, seperti dikutip melalui Entrepreneur:

1. Pekerjakan anggota tim yang memiliki motivasi diri.

Mempekerjakan individu yang memiliki motivasi diri tidak hanya akan memastikan kesuksesan dalam bisnis Anda, tetapi juga akan menghemat waktu Anda, karena Anda tidak perlu mengerjakan setiap detail kecil.

Ketika anggota tim Anda memiliki motivasi diri, mereka akan lebih terbuka dan berbagi kontribusi yang berharga untuk meningkatkan kinerja dan produktivitas. Hal ini juga memastikan Anda memiliki tim yang berpikir out of the box dan dapat bekerja sama untuk menemukan solusi dan mencapai tujuan.

2. Terapkan delegasi pada pekerjaan.

Setelah Anda mempekerjakan orang yang tepat, langkah selanjutnya adalah belajar melepaskan dan mendelegasikan sejumlah pekerja. Menerima bahwa Anda tidak dapat melakukan semuanya sendiri adalah langkah pertama, dan memiliki tim yang dapat Anda percayai dan andalkan akan membuat prosesnya lebih mudah.

Selain menemukan diri Anda lebih bebas untuk menikmati waktu Anda di luar negeri, Anda akan membantu tim Anda tumbuh dan berkembang, yang juga akan memungkinkan bisnis Anda berkembang.

3. Membangun saluran komunikasi yang efektif.

Bisa dilakukan dengan membuat grup obrolan atau menggunakan platform konferensi virtual, selalu pastikan tim Anda memiliki cara untuk menghubungi Anda.

Selain itu, menginvestasikan waktu dan energi untuk secara aktif mencari cara guna berkomunikasi dengan mereka akan dengan cepat membangun kepercayaan di antara tim Anda, yang mengarah ke lingkungan kerja yang lebih bahagia dan lebih produktif.

4. Persiapkan tim Anda.

Sekarang, setelah Anda tahu bahwa Anda memiliki tim luar biasa yang siap menjalankan berbagai hal saat Anda tidak ada, Anda perlu memastikan bahwa Anda meninggalkan mereka dengan semua alat yang diperlukan untuk sukses. Ini termasuk menetapkan ekspektasi tentang apa yang perlu dilakukan, membuat rencana cadangan jika ada yang tidak berjalan sesuai rencana dan secara keseluruhan memastikan mereka sepenuhnya menyadari standar dan nilai yang harus dijaga.

Transparansi akan membuat tim Anda tenang karena mengetahui bahwa mereka memiliki kepercayaan penuh dari Anda, dan itu akan memberdayakan mereka untuk membuat keputusan penting juga.

5. Tetap terhubung.

Sekali lagi, komunikasi selalu menjadi faktor kunci kesuksesan. Meskipun ini bisa lebih sulit di beberapa tempat daripada di tempat lain, pastikan Anda telah melakukan penelitian untuk membuat diri mudah dihubungi oleh tim Anda Artinya Anda mungkin harus membeli kartu SIM lokal atau mencari kafe terdekat dengan Wi-Fi gratis saat Anda menetap di tempat baru Anda. Prioritaskan ketersediaan jaringan komunikasi apa pun yang terjadi.

6. Pastikan penggunaan teknologi yang baik

Teknologi yang baik sangat penting untuk bepergian dan mengelola bisnis Anda dari luar negeri. Pastikan untuk berinvestasi dalam peralatan berkualitas, yang akan menjadi amunisi kemanapun Anda pergi. Tidak ada yang lebih membuat frustrasi daripada mengalami masalah teknologi saat bepergian.

Pastikan peralatan Anda mutakhir dengan perangkat lunak yang diperlukan dan, jika mungkin, minta teknisi menjalankan pemeriksaan rutin sebelum Anda pergi. Lagi pula, tanpa peralatan yang berfungsi, komunikasi dengan cepat menjadi tidak mungkin.

Terakhir, tip bonus: selalu siapkan diri untuk risiko. Meskipun hal yang tidak terduga bisa membuat stres dan rumit, jika Anda sudah punya ekspektasi dan rencana untuk menghadapinya, skenario yang tidak terduga tidak akan mengguncang Anda.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

peluang bisnis tips bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top