Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Memanfaatkan Peluang di Masa Pandemi Bagi Pelaku Usaha Kopi

Berdasarkan pengalaman di bidang kopi, Otten Coffee, perusahaan e-commerce di bidang kopi yang didirikan oleh Jhoni Kusno serta Robin Boe membagi tips kepada para pelaku usaha kopi untuk memanfaatkan peluang di masa pandemi Covid-19.
Ilustrasi kopi
Ilustrasi kopi

Bisnis.com, JAKARTA - Berbicara tentang kopi di Indonesia tidak hanya sebatas menikmati, memasarkan ataupun memproduksinya. Kopi sudah menjadi bagian dari gaya hidup yang lekat dengan kehidupan masyarakat sehari-hari di Indonesia.

Namun, pandemi COVID-19 yang melanda selama beberapa bulan terakhir turut mempengaruhi rantai pasok seluruh sektor secara global, termasuk kopi. Sektor kopi terus mengalami tantangan penurunan harga.

International Coffee Organization atau ICO dalam laporannya pada April lalu menyebutkan bahwa penurunan produk domestik bruto dunia 1 persen berkaitan dengan menurunnya permintaan kopi sebesar 0,95 persen atau setara dengan 1,6 juta kantong berukuran 60 kilogram.

Situasi ini tentunya berdampak negatif bagi seluruh aspek di industri, baik pelaku usaha ritel maupun UMKM, petani kopi dan juga para penikmatnya.

Berdasarkan pengalaman di bidang kopi, Otten Coffee, perusahaan e-commerce di bidang kopi yang didirikan oleh Jhoni Kusno serta Robin Boe membagi tips kepada para pelaku usaha kopi untuk memanfaatkan peluang di masa pandemi Covid-19.

1. Memanfaatkan Platform Digital Untuk Jangkau Konsumen Lebih Luas

Aktivitas yang berpusat di rumah membuat masyarakat meningkatkan tren belanja online, tak terkecuali saat berbelanja kopi. Di saat seperti sekarang ini, pengalaman meracik dan menyeduh kopi sendiri di rumah menjadi hobi baru yang cukup digandrungi para pecinta kopi, apalagi ditambah dengan mudahnya memesan berbagai jenis kopi yang semakin banyak secara online.

Co-Founder dan CEO Otten Coffee Jhoni mengatakan sebagai pelopor e-commerce kopi di Indonesia, pihaknya berkomitmen untuk membantu industri kopi lokal.” Pandemi yang terjadi turut mendorong kami untuk meluncurkan inovasi-inovasi demi mendorong pertumbuhan industri kopi lokal sekaligus memenuhi kebutuhan penikmat kopi,” ujarnya, Rabu (30/9/2020).

Tak hanya itu, Otten telah memberikan resep-resep kopi terbaru yang dapat ditiru masyarakat khususnya pencinta kopi lewat social media kami, sehingga mereka lebih mudah menikmati kopi-nya di rumah.

2. Mulai Olah Produk Sebelum Dipasarkan

Untuk menyiasati berkurangnya permintaan kopi di tengah pandemi saat ini, pelaku usaha dan petani kopi dapat mengolah terlebih dahulu produk mereka sebelum dijual ke pasar. Misalnya pelaku usaha kopi dapat berinovasi dengan menjual kopi racikan yang bisa diseduh sendiri di rumah oleh konsumennya.

Tak hanya kopi racikan saja, pelaku usaha kopi juga bisa menjual bubuk atau biji kopi dan aneka camilan lainnya yang cocok untuk menemani minum kopi. Sementara itu, bagi produsen dan petani kopi juga dapat mengolah produknya agar bisa disimpan lebih lama.

“Jika dilihat dari segi bisnis, sekarang merupakan saat yang tepat untuk diolah terlebih dahulu karena kopi adalah komoditas yang bisa disimpan lama. Sehingga harapannya, jika sekarang kita mengolah dan menyimpannya, maka pada saat harga kopi sudah naik kembali bisa memiliki keuntungan,” tuturnya

3. Terus Menjaga Kebersihan

Menghadapi kondisi saat ini, masyarakat dituntut untuk terus menjaga kebersihan untuk mencegah risiko penyebaran virus. Mereka semakin memperhatikan kebersihan produk kopi serta cara pembuatan yang dilakukan oleh produsen.

Oleh karenanya, penting untuk selalu memastikan keamanan produk dan memberikan pemahaman yang tepat kepada konsumen mengenai keamanan produk mereka. Seperti yang dilakukan oleh Otten yang sudah menetapkan SOP ketat terhadap karyawan yang bekerja di toko.

Seperti penyemprotan desinfektan di seluruh area gudang setiap harinya, mewajibkan setiap karyawan untuk melakukan pengecekan suhu, mencuci tangan, menggunakan masker, melakukan physical distance dan menyemprot setiap paket yang keluar dari toko Otten dengan desinfektan.

Kopi merupakan salah satu komoditas pertanian penting yang menggerakkan roda perekonomian di berbagai negara, termasuk Indonesia melalui penciptaan lapangan kerja dan pengentasan kemiskinan.

“Di sini, Otten Coffee terus berupaya untuk membantu pemerintah dalam mendorong industri kopi tanah air dengan berbagai inovasi dan edukasi yang kami berikan terutama di saat pandemi seperti sekarang ini,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dewi Andriani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper