Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Simak 4 Langkah Membantu Mengatasi Kecemasan Bagi Pengusaha

Cara paling sederhana, dan mungkin paling efektif untuk mengatasi kecemasan adalah tidur malam yang nyenyak.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 14 Oktober 2020  |  13:36 WIB
Pengusaha harus memanajemen kecemasan selama pandemi. - ilustrasi
Pengusaha harus memanajemen kecemasan selama pandemi. - ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Tahun 2020 telah memperjelas bahwa hidup ini penuh dengan tantangan. Orang menghadapi tantangan dengan keuangan, kesehatan, keluarga, hubungan, bisnis, dan bahkan perselisihan pribadi.

Di masa-masa sulit, penting untuk mengingat apa yang dikatakan filsuf bisnis Amerika Jim Rohn, “Bukan apa yang terjadi yang menentukan bagian utama masa depan Anda. Apa yang terjadi, terjadi pada kita semua. Yang terpenting adalah apa yang Anda lakukan terhadap apa yang terjadi. "

Covid-19 jelas memengaruhi beberapa pengusaha lebih dari yang lain. Tetapi dengan kesulitan, datanglah pembelajaran dan kesempatan.

Bagi para pengusaha, kecemasan sangat nyata. Faktanya, menurut sebuah penelitian, 72 persen pengusaha yang disurvei mengaku memiliki masalah mental.

Kewirausahaan datang dengan harganya, tanyakan saja kepada pemilik restoran dan mereka yang terlibat dengan bisnis perjalanan. Menurut Yelp, 16.000 restoran yang menakjubkan menutup pintunya untuk selamanya tahun ini.

Apakah Anda sedang berkembang, bertahan atau berjuang, kecemasan selalu ada. Pertanyaannya, bagaimana kita bisa menghadapinya?

Berikut 4 langkah sederhana untuk mengatasi kecemasan, menurut CEO of iSucceed Adrian Shepherd, seperti dikutip melalui Entrepreneur, Rabu (14/10/2020).

1. Tulis daftar syukur

Buatlah daftar rasa syukur. Tuliskan semua hal dalam hidup Anda yang Anda hargai — mulai dari memiliki atap di atas kepala Anda hingga teman baik hingga refleks cepat. Apa pun. Tulis saja selama 30 menit tanpa gangguan. Menghargai apapun dan segalanya. Kita mungkin tidak berada di tempat yang kita inginkan, tetapi jika kita cukup beruntung dapat menafkahi keluarga kita, maka itu adalah tempat yang baik untuk memulai.

Setelah menyelesaikan daftar Anda, bacalah dua kali sehari — sekali setelah Anda bangun dan sebelum kepala Anda menyentuh bantal. Sungguh menakjubkan bagaimana latihan sederhana ini akan mengubah persepsi Anda tentang kecemasan.

2. Olahraga

Tony Robbins terkenal karena mengatakan bahwa fisiologi menghasilkan psikologi. Melalui gerakan, kita bisa menghubungkan otak kita. Olahraga ringan melepaskan endorfin, hormon, dan bahan kimia ke dalam aliran darah kita yang mengubah perasaan tubuh kita, yang pada gilirannya mengubah perasaan otak kita.

3. Tidur

Cara paling sederhana, dan mungkin paling efektif untuk mengatasi kecemasan adalah tidur malam yang nyenyak. Itu tidak berarti membuang-buang waktu. Ini berarti kita harus tidur selama tujuh sampai delapan jam. Tidak perlu pil tidur. Hanya tidur nyenyak tanpa gangguan.

Bagi mereka yang berjuang untuk mendapatkan tidur malam yang nyenyak, menurut Harvard Medical School berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kualitas tidur Anda.

- Hindari kafein, alkohol, dan makanan besar.

- Jaga agar kamar Anda tetap sejuk, gelap, tenang, dan bebas dari gangguan.

- Berada di luar setidaknya 30 menit sehari, karena beraktivitas siang hari mengatur pola tidur Anda.

- Gunakan latihan pernapasan untuk membantu relaksasi sebelum tidur.

- Mandi air hangat sebelum tidur.

4. Meditasi.

Hidup memiliki cara untuk mengacaukan segalanya. Tapi sebelum kita bereaksi berlebihan, hal pertama yang harus kita lakukan adalah menenangkan diri sendiri. Meditasi membantu kita menghilangkan semua kebisingan dalam hidup kita.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pengusaha tidur cemas
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top