Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Kunci Utama Agar Bisnis Terus Berkembang

Sebab, jika usaha yang dijalankan hanya sekadar ikut-ikutan atau hanya berdasarkan tren semata dan tidak memiliki perhitungan yang jeli, maka usaha tersebut sulit berkembang bahkan gagal di tengah jalan.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 15 Desember 2020  |  21:23 WIB
Wirausaha
Wirausaha

Bisnis.com, JAKARTA - Untuk mengembangkan bisnis, seorang pengusaha harus memiliki kemampuan analisa bisnis yang kuat, mendalam, dan terukur.

Sebab, jika usaha yang dijalankan hanya sekadar ikut-ikutan atau hanya berdasarkan tren semata dan tidak memiliki perhitungan yang jeli, maka usaha tersebut sulit berkembang bahkan gagal di tengah jalan.

“Bisnis itu adalah soal numbers, dan numbers adalah sesuatu yang terukur. Banyak orang gagal dalam berbisnis karena saat memulai bisnis Cuma karena merasa enak, lucu, atau ikut-ikutan. Padahal kunci utama menciptakan million dollar business itu adalah inside yang tepat,” ujarnya dalam webinar AXA Mandiri ‘Wujudkan Potensi Wirausahamu’, Selasa (15/12/2020).

Lebih lanjut dia mengatakan bahw inside dalam bisnis tersebut didapatkan berdasarkan data, fakta, informasi, knowledge, dan juga pengalaman. Misalnya, saat hendak membuka usaha coffee shop, jangan hanya sekadar ikut-ikutan karena sedang tren.

Pelaku usaha menurutnya harus membuat usaha coffee shop yang memiliki positioning dan keunikan dibandingkan dengan coffee shop lainnya.

Jika ingin membuka usaha coffee shop tetapi tidak memiliki pengetahuan maka bisa memulai dari franchise atau kemitraan. Namun, mulai dulu dari yang kecil sehingga dapat mempelajari polanya.

“Cara belajar paling cepat itu dengan ikut kemitraan atau franchise, karena biasanya mereka sudah memiliki SOP yang bisa diikuti,” tuturnya.

Setelah memiliki ilmunya dan pengalaman, maka ketika pemilik usaha ingin lebih berkembang dan mau fokus 1.000 persen terjun menjalankan usahanya, bisa membangun brand sendiri.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

entrepreneur tips bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top