Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Trend Promosi Brand Lewat Video Pendek Makin Digandrungi

Dengan perkembangan teknologi, kini brand dapat melakukan promosi secara online dengan pilihan yang kian beragam dan inovatif, termasuk dalam format video.
Ilustrasi film/Dribbble
Ilustrasi film/Dribbble

Bisnis.com, JAKARTA -- Kesuksesan suatu produk tidak terlepas dari kegiatan promosi yang dijalankan.

Dengan perkembangan teknologi, kini brand dapat melakukan promosi secara online dengan pilihan yang kian beragam dan inovatif, termasuk dalam format video.

Hal ini berbanding lurus dengan hasil survei The Mondo Creative & Digital Trends yang dilakukan oleh agensi rekrutmen Mondo terhadap lebih dari 1.000 pelaku industri kreatif dan digital marketing.

Survei tersebut menyatakan sebanyak 76% responden menjadikan video marketing sebagai prioritas utama di 2020. Salah satu di antaranya yang saat ini sedang naik daun adalah promosi melalui platform pembuatan video pendek.

Semakin populer di kalangan masyarakat, berbagai brand mulai melihat potensi platform pembuatan video pendek sebagai cara baru untuk mempromosikan produknya. Berbeda dengan promosi yang biasa dilakukan seperti periklanan (advertising) atau pun publisitas (publicity), pendekatan yang dilakukan pada platform pembuatan video pendek terbilang unik dibanding platform lainnya.

Fokus utamanya adalah mengadaptasi cara pengguna berinteraksi dan bersenang-senang dengan pengguna lainnya di platform tersebut.
Fenomena promosi brand pada platform pembuatan video pendek ini menandai popularitas platform pembuatan video pendek yang semakin hari semakin berpengaruh dan digandrungi oleh masyarakat.

Dalam konteks Infinix Note 8, produk yang menyasar pengguna yang senang mengekspresikan diri dengan bermain game terlihat serasi dengan Likee yang penggunanya gemar menunjukkan kreativitas dengan membuat konten. Hal ini juga sejalan dengan apa yang disampaikan oleh perwakilan Likee yang melihat kolaborasi dengan brand penting untuk dilakukan.

“Sudah saatnya platform pembuatan video pendek mengambil satu langkah maju untuk peran yang lebih besar, salah satunya adalah dalam hal promosi brand,” ujar Country Manager of Likee Indonesia, Theon Hsu.

Belum lama ini, brand smartphone untuk generasi muda, Infinix menjadi salah satu brand yang mempromosikan produknya di Likee, platform global terkemuka berbasis di Singapura untuk menyaksikan dan membuat video pendek.

Sebagai brand yang mengoptimalkan popularitas Likee, Infinix melihat bahwa platform pembuatan video pendek merevolusi cara brand melakukan promosi dan menghasilkan keterlibatan (engagement) dengan masyarakat.
Hal tersebut terlihat dari bagaimana Likee menawarkan interface yang praktis, dan memungkinkan brand untuk berbagi informasi seputar produk melalui aktivitas menyenangkan bagi para pengguna.

Praktik tersebut akhirnya menimbulkan kedekatan atau rasa memiliki (sense of belonging) pengguna terhadap produk terkait.

”Memahami bagaimana pengguna bersenang-senang di Likee dengan cara mengekspresikan diri melalui pembuatan konten, kami berkolaborasi dengan Likee untuk menyelenggarakan challenge #AntiKalah pada bulan November lalu sebagai cara untuk memperkenalkan Infinix Note 8,” tutur Country Manager of Infinix of Indonesia, Ryan Zhang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dewi Andriani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper