Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Strategi Sukses Mengelola Bisnis Kuliner

Mengelola bisnis dibutuhkan strategi yang kuat agar mendulang sukses. Begitu pula dalam mengelola usaha dalam bidang kuliner.
Janlika Putri Indah Sari
Janlika Putri Indah Sari - Bisnis.com 25 Maret 2021  |  23:10 WIB
Jika targetnya pasar masyarakat Indonesia, maka buat produk yang ramah untuk dikonsumsi lidah warga Indonesia.  - Jeka Siomay
Jika targetnya pasar masyarakat Indonesia, maka buat produk yang ramah untuk dikonsumsi lidah warga Indonesia. - Jeka Siomay

Bisnis.com, JAKARTA - Mengelola bisnis dibutuhkan strategi yang kuat agar mendulang sukses. Begitu pula dalam mengelola usaha dalam bidang kuliner.

Ketua Umum Astra Startup Community dan Owner Jeka Siomay dan Batagor, Aktur Ryank Pratama mengatakan selama pandemi masyarakat bergerak menjadi lebih kreatif, terutama pada bidang kuliner.

"Selama pandemi orang-orang banyak yang mengerjakan sesuatu yang baru, kemudian bermunculan pengusaha-pengusaha kuliner baru. Bisnis mereka akan bertahan lama dan sukses apabila memiliki strategi yang tepat," katanya secara virtual pada acara kolaborasi pengembangan dan pembinaan UMKM dari Astra, Kamis (25/3/2021)

Aktur menyarankan bila sejak awal harus mencari tahu mengapa memilih kuliner sebagai bidang usaha. Bila dari awal tidak tahu tujuannya, pada pertengahan jalan akan dihadang oleh jalan buntu.

Berdasarkan pengalamannya, kala itu ia beranggapan kuliner di pilih karena kebutuhan dasar manusia. Selain itu, perputaran dana cepat dan besar. Lalu profit atau keuntungan bersih yang tinggi Inovasi tanpa batas. Hal ini masih menjadi alasan kuatnya hingga kini memilih usaha kuliner.

Kemudian sangatlah penting untuk menciptakan kuliner untuk memenuhi konsumen. Maka dari itu harus berfokus pada model bisnis kuliner. Misalnya, jika targetnya pasar masyarakat Indonesia, maka buat produk yang ramah untuk dikonsumsi lidah warga Indonesia. Meskipun mengikuti pasar, pengusaha harus tetap fokus pada kelebihan produk.

Agar lebih berkembang, pelaku usaha bisnis kuliner bisa memiliki lebih dari dua sumber pemasukan, seperti buka cabang lain atau perkaya inovasi varian lain. "Belajar dan action yang berimbang. Mental yang benar, kemauan yang kuat, serta Persistence and Never Give Up," tutup Ryank

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

makanan sehat batagor riri
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top