Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Inilah Daftar Pemenang Anugerah BUMN 2021

Anugerah BUMN 2021 tahun ke-10 kembali digelar dengan mengangkat tema Strategi dan Transformasi di Masa Pandemi. Beberapa CEO dan BUMN dinilai mampu melewati periode sulit melalui beragam strategi bisnis.
Thomas Mola
Thomas Mola - Bisnis.com 09 April 2021  |  14:38 WIB
Achmad Bakir Pasaman, Direktur Utama PT Pupuk Indonesia (Persero).  - Pupuk Indonesia
Achmad Bakir Pasaman, Direktur Utama PT Pupuk Indonesia (Persero). - Pupuk Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA - Anugerah BUMN 2021 tahun ke-10 kembali digelar dengan mengangkat tema Strategi dan Transformasi di Masa Pandemi. Beberapa CEO dan BUMN dinilai mampu melewati periode sulit melalui beragam strategi bisnis.

CEO BUMN Track SH Sutarto mengatakan Anugerah BUMN 2021 tahun ke-10 merupakan ajang untuk mengapresiasi kontribusi BUMN yang telah menunjukkan kiprah transformasi dan strategi unggul untuk bertahan di masa pandemi.

“Selain menilai performa perusahaan, pada ajang ini kami juga mengapresiasi kepemimpinan CEO BUMN yang mampu memperkuat kinerja korporasi sekaligus mengkonsolidasi SDM yang kompetitif dan berdaya saing di masa pandemi,” ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat (9/4/2021).

Dari 122 peserta BUMN dan anak perusahaan BUMN yang mengikuti seleksi tahap awal, terjaring sebanyak 89 BUMN dan anak perusahaan BUMN yang lolos seleksi penjurian tahap kedua berupa wawancara korporasi.

Selanjutnya, sebanyak 35 CEO terpilih untuk mengikuti wawancara tahap ketiga sekaligus menjadi tahap final penjurian. Seluruh proses penjurian ini dilakukan secara online melalui aplikasi zoom meeting.

Ketua Dewan Juri sekaligus Menteri BUMN pertama Tanri Abeng menjelaskan, keputusan pemenang The Best CEO tidak hanya dilihat dari sisi kemampuannya dalam meningkatkan performa perusahaan namun juga dikaitkan dari sisi leadership menjalankan strategi untuk bertahan di masa pandemi.

“Pada penilaian Anugerah BUMN 2021, dewan juri tidak hanya melihat dari sisi pertumbuhan perusahaan tapi juga pada sisi ketahanan, khususnya di masa pandemi Covid-19. Kami juga mengamati corporate governance-nya agar lebih komprehensif,” katanya.

  • The Best CEO BUMN 

Pada kategori The Best CEO BUMN diraih oleh Achmad Bakir Pasaman selaku CEO Pupuk Indonesia Holding Company. Keberhasilan Bakir sebelumnya di anak perusahaan, yakni Pupuk Kaltim, melahirkan kepercayaan pemegang saham untuk mendapuknya menjadi dirut holding.

Perjalanan karier yang panjang di bidang rekayasa dan pengembangan pabrik pupuk membuat dirinya sangat paham dan kompeten dalam mengelola industri pupuk secara nasional serta mampu menerapkan langkah-langkah strategis bagi anak usaha.

  • The Best CEO Anak Perusahaan BUMN

Pada kategori The Best CEO Anak Perusahaan BUMN terpilih Mas’ud Khamid sebagai CEO Pertamina Patra Niaga. Di bawah kepemimpinan Mas’ud, Pertamina Patra Niaga yang juga merupakan Sub Holding Commercial And Trading Pertamina dinilai unggul dari segi kompleksitas bisnis, skala, serta sensitivitasnya terhadap pasar.

  • The Best CEO BUMN Tbk

Peraih The Best CEO BUMN Tbk adalah CEO Bank BRI, Sunarso. Dewan juri menilai di bawah kepemimpinan Sunarso, BRI dapat menyeimbangkan antara social value (UMKM) dan economic value (profit).

BRI yang mengelola lebih dari 80 persen nasabah UMKM ini juga berkontribusi besar selama pandemi Covid-19 diantaranya dengan melakukan restrukturisasi terhadap lebih dari 2 juta nasabah UMKM.

  • The Best BUMN

Dari sisi pemenang korporasi, kategori The Best BUMN pada 2021 diraih oleh PT Pupuk Indonesia Holding Company. Kategori The Best Anak Perusahaan diraih oleh PT Pertamina Patra Niaga, sedangkan kategori The Best Tbk dimenangkan oleh, PT BRI (Persero) Tbk.

Anugerah BUMN 2021 yang diselenggarakan oleh BUMN Track didukung PPM Manajemen merupakan ajang untuk mengapresiasi kontribusi BUMN yang telah menunjukkan kiprah transformasi dan strategi unggul untuk bertahan di masa pandemi.

Untuk menjaring pemenang, para peserta harus melalui tiga tahapan proses seleksi. Diawali seleksi kuesioner, dilanjutkan dengan wawancara pendalaman materi kuesioner di hadapan Dewan Juri secara virtual dan berakhir dengan proses wawancara CEO yang juga dilakukan secara virtual.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

BUMN pupuk kaltim
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top