Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

4 Rahasia Sukses Berbisnis di Tahun 2021

Ketika bisnis Anda telah mencapai titik yang sulit, atau merasa seperti semua kerja keras Anda tidak akan pernah membuahkan hasil, Anda tifak sendirian. Setiap bisnis bisa berisiko, tetapi potensi imbalannya jauh lebih besar daripada risikonya. Mainkan kartu dengan benar, dan Anda bisa segera menikmati hasil dari usaha baru yang menguntungkan.
Janlika Putri Indah Sari
Janlika Putri Indah Sari - Bisnis.com 12 April 2021  |  14:09 WIB
Tips bisnis
Tips bisnis

Bisnis.com, JAKARTA – Guna memperbaiki kondisi keuangan ditengah iklim ekonomi Covid-19 yang mendera, meningkatkan penghasilan sangat dibutuhkan. Di tahun 2021 ini menjadi momentum yang tepat untuk perubahan pada bisnis Anda.

Melansir dari luxurylifestylemag, ketika bisnis Anda telah mencapai titik yang sulit, atau merasa seperti semua kerja keras Anda tidak akan pernah membuahkan hasil, Anda tifak sendirian. Setiap bisnis bisa berisiko, tetapi potensi imbalannya jauh lebih besar daripada risikonya. Mainkan kartu dengan benar, dan Anda bisa segera menikmati hasil dari usaha baru yang menguntungkan.

Sangatlah penting untuk bersikap realistis ketika berusaha mencapai tujuan bisnis dan menyadari dengan tepat apa yang hadapi, daripada mengotak-atik dan mengharapkan yang terbaik.

Berikut faktor yang harus dipertimbangkan untuk memajukan bisnis di tahun 2021 :

1. Pendidikan

Kita semua pernah mendengar cerita tentang para individu yang berusaha sendiri ke level tinggi dari nol. Bahkan, kini mereka menjadi pemilik perusahaan jutaan dolar yang menjalani kehidupan impian. Kenyataannya, bagaimanapun setiap kisah sukses inspiratif selalu pengusaha pemula yang mencoba, dan pernah gagal.

Menjadi sukses dalam bisnis tidak selalu membutuhkan pendidikan formal. Beberapa orang belajar hanya dengan mengamati mereka yang telah berjalan sebelumnya. Dan itu adalah strategi yang telah terbukti sangat bermanfaat bagi banyak orang.

Meskipun demikian, jika Anda kebetulan memiliki pendidikan formal maka hal itu tidak akan merugikan, terutama dalam iklim yang semakin kompetitif ini. Kini semakin banyak pengetahuan dan keterampilan yang Anda miliki, semakin baik.

Banyak yang menjalankan perusahaan sukses dipelajari di tempat kerja daripada di kelas.

Tetapi menyelesaikan kualifikasi akademis yang diakui seperti MBA akan memberi manfaat yang baik ketika harus diakui oleh pemain terkemuka lainnya di bidang Anda.

2. Tetapkan Tujuan Proyek

Menetapkan tujuan sangat penting dalam bisnis, itu peran utama dalam membantu memajukan karier bisnis.
Apabila tujuan tanpa tenggat waktu, itu tidak ada gunanya. Jika gagal membuat garis waktu yang realistis, Anda tidak akan mungkin mencapai kesuksesan bisnis.

Memiliki garis waktu yang ditetapkan akan membuat Anda bertanggung jawab dan memastikan tetap berada di jalur yang benar untuk mencapai tujuan.
Dengan begitu selalu bergerak maju pada titik tertentu, dan mengarahkan energi ke tempat yang tepat.

Banyak pebisnis sukses menyarankan memiliki peta jalan karier untuk tujuan jangka panjang. Buat tujuan terbesar Anda menjadi tonggak-tonggak yang lebih kecil. Lihatlah ini sebagai batu loncatan yang lebih mudah dikelola untuk mencapai tingkat berikutnya dalam pengejaran bisnis.

Meluangkan waktu untuk menganalisis situasi secara kritis akan memberi tahu apakah tujuan dan jadwal Anda realistis.


3. Gunakan Digital Kredit
Selama pandemi Covid-19 dunia bisnis dengan kehadiran teknologi digital benar-benar berkembang. Dengan ini, berinvestasi dalam infrastruktur teknologi perusahaan
akan menjadi hal terpenting untuk kesuksesan jangka panjang.

Sebagai permulaan, sebaiknya pastikan bahwa situs web Anda ramah pengguna, dan menyewa pengembang yang terampil untuk membuat aplikasi jika itu adalah sesuatu yang dapat menguntungkan perusahaan Anda.

Investasikan dalam menciptakan kehadiran yang kuat untuk bisnis Anda di platform media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter.

Dan, jika Anda adalah perusahaan B2B, jangan lewatkan kesempatan untuk membuat koneksi yang berharga di Linkedin. Platform ini adalah cara yang bagus untuk menjangkau audiens global yang lebih luas dan menawarkan peluang tak tertandingi dalam mengembangkan basis pelanggan.

Meskipun Anda pasti dapat mengalokasikan anggaran untuk iklan bertarget untuk memastikan menjangkau orang yang tepat, namun.sebagian besar dapat dilakukan secara gratis.


3. Jaga Jangan Kontak
Terakhir, tidak pernah bisa meremehkan pentingnya memiliki jaringan kontak yang baik dalam hal mengembangkan bisnis. Jadi pastikan menempatkan diri Anda di sana untuk peluang terbaik agar raih sukses jangka panjang.

Beberapa kontrak bisnis baru terbesar dalam sejarah telah disepakati di tempat-tempat yang paling aneh, jadi selalu siap untuk berbicara secara terbuka tentang perusahaan Anda dan menyimpan setumpuk kartu nama untuk dibagikan saat rapat dan acara.

Anda tidak pernah tahu siapa yang akan ditemui, atau bagaimana hal itu dapat mengubah lintasan bisnis Anda menjadi lebih baik. Bersikaplah proaktif dalam hal menindaklanjuti rapat atau meminta bantuan. Seperti kata pepatah, jika Anda tidak meminta maka tidak mendapatkan. Manusia sering kali bersedia membantu satu sama lain dalam dunia bisnis, terutama jika usaha itu menarik bagi mereka karena mereka juga mengharapkan hubungan bisnis akan berbuah dalam jangka panjang.
Jangan takut memulai percakapan karena tidak pernah tahu ke mana hal itu akan membawa Anda.

4. Jemput Bola
Memajukan karier bisnis pada tahun 2021 akan membutuhkan kerja keras dan konsistensi. Lakukan langkah yang benar dari sekarang.

Dunia berkembang dengan sangat cepat, jadi jika ingin mengimbangi persaingan idealnya menyalipnya.
Anda perlu menginvestasikan waktu untuk belajar di sejumlah level yang berbeda.

Pengusaha sejati tidak pernah mengalihkan pandangannya dari bola. Jadi harus mengambil setiap kesempatan untuk melakukan promosi.

Anda tidak pernah tahu di mana akan menemukan kontak bisnis atau klien hebat berikutnya. Dengan masih banyak waktu tersisa untuk menjadikan ini tahun beruntung Anda, manfaaatkan sebaik mungkin. Semua yang dibutuhkan adalah mengambil lompatan untuk membuat bola bergulir.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pengusaha tips bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top