Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tips Sukses di Tengah Monopoli Industri

Seperti yang dikatakan Naval Ravikant, pendiri AngelList dan pakar bisnis dan life guru terkenal, internet mengubah industri menjadi permainan "winner-takes-it-all" dengan ekor panjang perusahaan sekunder yang mengikuti setiap raksasa industri.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 09 April 2021  |  21:15 WIB
Tips bisnis planning - istimewa
Tips bisnis planning - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- Teknologi, di atas segalanya, menciptakan monopoli.

Seperti yang dikatakan Naval Ravikant, pendiri AngelList dan pakar bisnis dan life guru terkenal, internet mengubah industri menjadi permainan "winner-takes-it-all" dengan ekor panjang perusahaan sekunder yang mengikuti setiap raksasa industri.

Namun, meski ini adalah impian para wirausahawa, akan sangat sulit untuk menjadi raksasa di industri Anda dan mungkin sedikit lebih sulit untuk bertahan hidup ketika ada Google di tengah-tengah industri.

Pada saat perusahaan teknologi seperti Facebook dan Amazon muncul dengan headline negatif karena menyalahgunakan posisi pasar mereka, pelanggan terus-menerus diingatkan bahwa mereka mungkin ingin mendukung David daripada membeli dari Goliath.

Narasi berusia ribuan tahun ini memberikan kesempatan untuk meyakinkan konsumen dengan pendekatan merek yang luar biasa.

Berikut tiga tip bagaimana bisnis Anda bisa berkembang dalam industri monopoli, seperti dikutip dari Entrepreneur:

1. Bersikap Fleksibel: Ambil kesempatan yang tidak terjangkau perusahaan besar.

Dalam dan kehidupan, orang kecil memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh perusahaan besar yakni untuk menggunakan beban musuh untuk melawannya.

Bisnis besar, secara default, berjuang untuk bergerak. Khususnya, mereka berjuang untuk membuat langkah besar yang mengharuskan mereka mengubah banyak hal dalam waktu singkat.

Dalam industri fisik di mana belum semuanya sepenuhnya digital, penawaran fleksibel, metode produksi baru, dan pemasaran kreatif dapat sangat efektif untuk membedakan bisnis kecil Anda dari bisnis besar.

Dengan sumber daya yang ada, Anda dapat mengatasi manuver monopoli dengan bergerak lebih cepat, membangun infrastruktur Anda sendiri, dan mencoba hal-hal baru dengan lebih sedikit kerugian.

2. Pecahkan masalah unik

Monopoli juga menimbulkan masalah bagi pelanggan. Beberapa orang akan berpendapat bahwa monopoli menciptakan lebih banyak masalah daripada yang mereka perbaiki. Apapun industri Anda, kemungkinan besar seseorang tidak senang dengan layanan yang ada saat ini, merasa terjebak dan tanpa pilihan.

Dengan memecahkan masalah unik - terkadang yang disebabkan oleh perusahaan raksasa pesaing - Anda juga dapat menyelesaikan kebutuhan seseorang dan membuat mereka mencintai Anda.

Misalnya, DuckDuckGo adalah solusi unik untuk masalah yang diciptakan oleh monopoli: Setelah memperhatikan invasi Google terhadap privasi pengguna dan monopoli atas informasi, DuckDuckGo memutuskan untuk membuat solusi yang lebih privat, terenkripsi, tanpa jejak.

3. Jadilah yang pertama

Internet dulunya dan masih merupakan kemajuan terbesar dalam industri. Internet memotong beberapa lapisan rantai pasokan, membawa objek lebih dekat ke rumah Anda.

Sekarang berbisnis online tidak lagi dianggap inovatif. Namun, ada banyak sekali teknologi baru yang dapat sangat membantu untuk membedakan bisnis dari para pesaingnya.

Salah satu teknologi tersebut adalah virtual reality (VR). Dari tur virtual dan uji coba hingga pertemuan virtual, pendidikan, atau bahkan terapi, teknologi ini memiliki lebih banyak hal untuk ditawarkan daripada yang mungkin diketahui banyak orang.

Peluang teknologi lebih menarik lainnya adalah teknologi blockchain. Dari penyimpanan file berbasis blockchain, hingga transaksi berbasis kontrak pintar dan tata kelola terdesentralisasi, semua aspek ini dapat diterapkan ke berbagai model bisnis yang tak ada habisnya.

Tidak ada satu solusi yang cocok untuk semua, tetapi monopoli yang Anda hadapi sebenarnya tidak terlalu menakutkan.

Ya, mereka besar. Dan ya, mereka jahat. Tetapi tidak semua orang menginginkan hal yang sama, dan tidak ada bisnis yang dapat menyenangkan semua orang. Taruhan terbaik Anda di tahun 2021 adalah melakukan yang terbaik untuk mewakili apa yang benar-benar Anda yakini.

Jadi datanglah untuk bersaing, dan jangan gentar. Melangkah lebih dulu, menjadi unik dan tetap fleksibel akan membawa Anda ke pelanggan yang akan menangkap hasrat Anda yang menular.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pengusaha tips bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top