Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Ini Pendapatan CEO Google Sundar Pichai, Wow..

Pada Desember 2019, Sundar Pichai dipromosikan dari CEO Google menjadi CEO Alphabet, perusahaan induk yang memiliki banyak lini bisnis lainnya. Peran dan tanggung-jawab lebih besar berarti kompensasi lebih besar. Mau tahu berapa banyak uang yang diperoleh Pichai pada 2020?
Syaiful Millah
Syaiful Millah - Bisnis.com 26 April 2021  |  11:13 WIB
Ini Pendapatan CEO Google Sundar Pichai, Wow..
CEO Alphabet Sundar Pichai. - Bloomberg
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pada Desember 2019, Sundar Pichai dipromosikan dari CEO Google menjadi CEO Alphabet, perusahaan induk yang memiliki banyak lini bisnis lainnya. Peran dan tanggung-jawab lebih besar berarti kompensasi lebih besar. Mau tahu berapa banyak uang yang diperoleh Pichai pada 2020? 

Menurut pengajuan proxy tahunan yang dibuat oleh Google dengan US Securities and Exchange Commision, gaji dasar Pichai adalah US$2 juta pada tahun lalu atau sekitar Rp28,9 miliar. 

Dalam pengajuan itu Alphabet menyebutkan untuk 2020, komite pengembangan dan kompensasi kepemimpinan meningkatkan gaji pokok Pichai menjadi US$2 juta sebagai pengakuan atas perannya sebagai CEO Alphabet dan Google. 

Selain itu, Pichai mendapat hampir US$5 juta dolar atau sekitar Rp72,2 miliar untuk semua kompensasi lainnya. Dengan tambahan ini, pimpinan Google itu mendapatkan total kompensasi sebesar US$7,4 juta atau sekitar Rp107 miliar sepanjang tahun lalu. 

Sebelum menjadi CEO Aplhabet, Pichai mendapatkan gaji dasar dan semua kompensasi yang diberikan mencapai US$3,3 juta atau sekitar Rp47,4 miliar pada 2019 lalu. 

Sebagai CEO Aplhabet dan Google, dia juga mendapatkan paket saham senilai US$240 juta pada 2019. Sesuai dengan pengajuan proxy, opsi saham akan diberikan pada 2023 mendatang. 

Namun demikian, opsi saham yang akan diberikan kepada Pichai bakal bergantung dan disesuaikan pada kinerja Aplhabet dan Google dalam beberapa tahun ke depan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

google ceo
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top