Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Pendapatan CEO Google Sundar Pichai, Wow..

Pada Desember 2019, Sundar Pichai dipromosikan dari CEO Google menjadi CEO Alphabet, perusahaan induk yang memiliki banyak lini bisnis lainnya. Peran dan tanggung-jawab lebih besar berarti kompensasi lebih besar. Mau tahu berapa banyak uang yang diperoleh Pichai pada 2020?
CEO Alphabet Sundar Pichai. /Bloomberg
CEO Alphabet Sundar Pichai. /Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Pada Desember 2019, Sundar Pichai dipromosikan dari CEO Google menjadi CEO Alphabet, perusahaan induk yang memiliki banyak lini bisnis lainnya. Peran dan tanggung-jawab lebih besar berarti kompensasi lebih besar. Mau tahu berapa banyak uang yang diperoleh Pichai pada 2020? 

Menurut pengajuan proxy tahunan yang dibuat oleh Google dengan US Securities and Exchange Commision, gaji dasar Pichai adalah US$2 juta pada tahun lalu atau sekitar Rp28,9 miliar. 

Dalam pengajuan itu Alphabet menyebutkan untuk 2020, komite pengembangan dan kompensasi kepemimpinan meningkatkan gaji pokok Pichai menjadi US$2 juta sebagai pengakuan atas perannya sebagai CEO Alphabet dan Google. 

Selain itu, Pichai mendapat hampir US$5 juta dolar atau sekitar Rp72,2 miliar untuk semua kompensasi lainnya. Dengan tambahan ini, pimpinan Google itu mendapatkan total kompensasi sebesar US$7,4 juta atau sekitar Rp107 miliar sepanjang tahun lalu. 

Sebelum menjadi CEO Aplhabet, Pichai mendapatkan gaji dasar dan semua kompensasi yang diberikan mencapai US$3,3 juta atau sekitar Rp47,4 miliar pada 2019 lalu. 

Sebagai CEO Aplhabet dan Google, dia juga mendapatkan paket saham senilai US$240 juta pada 2019. Sesuai dengan pengajuan proxy, opsi saham akan diberikan pada 2023 mendatang. 

Namun demikian, opsi saham yang akan diberikan kepada Pichai bakal bergantung dan disesuaikan pada kinerja Aplhabet dan Google dalam beberapa tahun ke depan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Syaiful Millah
Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper