Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

5 Cara Bisnis Kecil Siap Menjual Produk

Menjual produk di pasar menjadi langkah awal untuk memajukan usaha Anda. Ini adalah sebuah tantangan untuk memperkenalkan ide usaha kepada pasar.
Entrepreneur. Sebelum Anda bertemu dengan pembeli mana pun, ketahui jenis transaksi yang akan Anda terima.  /ilustrasi
Entrepreneur. Sebelum Anda bertemu dengan pembeli mana pun, ketahui jenis transaksi yang akan Anda terima. /ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Menjual produk di pasar menjadi langkah awal untuk memajukan usaha Anda. Ini adalah sebuah tantangan untuk memperkenalkan ide usaha kepada pasar.

Meskipun tidak mudah, ada beberapa kiat yang bisa di ikuti, terutama bagi kalangan pebisnis kecil. Melasir dari forbes, Selasa (11/5/2021), berikut ini lima cara untuk membuat bisnis Anda siap menjual produk.

1. Bangun Merek Lebih Besar

Bisnis rata-rata mencapai harga jual berdasarkan beberapa keuntungan. Merek-merek hebat menetapkan harga mereka sendiri. Jika bisnis Anda memiliki kekuatan di luar neraca, itu akan menonjol karena alasan yang tepat. Namun, merek tidak boleh terlalu terikat pada satu individu. Jika Anda adalah wajah bisnis Anda, pertimbangkan untuk melibatkan orang lain.

2. Buat Proses Manual

Ide-ide yang mengubah permainan dan eksperimen muncul bukan kekacauan. Terbebas dari kekacauan memberi ruang untuk berpikir. Demikian pula bisnis Anda. Jangan tinggalkan ide luar biasa dari kebetulan. Pastikan sebagian besar dari apa yang terjadi dalam bisnis Anda sudah mengikuti suatu proses.

Jika prosesnya hanya di benak Anda atau tim, berarti itu ada masalah. Buat perencanaan manual untuk setiap aspek bisnis Anda, dari cara menjawab telepon hingga cara membuat proposal atau memperbarui situs web. Dari apa yang terjadi selama sepekan hingga bagaimana membuat email atau mewawancarai karyawan baru.

Lakukan setiap proses dan buat prosedur operasi standar (SOP). Bagikan dengan tim dan minta umpan balik. Jadikan dokumen itu sebagai dasar pekerjaan dan perbaikan. Pastikan proses berlanjut ke uji tuntas dan penyelesaian penjualan. Ini akan menarik pembeli dan mengurangi risiko kesepakatan Anda gagal karena dokumen.

3. Identifikasi Pengetahuan Diam-diam

Aset yang tidak dapat dihitung dari perusahaan mana pun adalah pengetahuan yang disimpan di kepala tim. Aset itu akan tetap di sana sampai dibutuhkan untuk pertanyaan atau situasi tertentu. Masalahnya, Anda mungkin tidak menyadari berapa banyak dan tidak dapat dibeli. Jika teka-teki harian membutuhkan keahlian untuk dipecahkan, ada aset pengetahuan diam-diam di sekitarnya.

Membuat bisnis siap untuk dijual berarti menemukannya dan membagikannya. Mengajari semua orang trik. Meningkatkan keterampilan di setiap bidang. Jika menjadi kepala bisnis, Anda akan memiliki pengetahuan diam-diam yang menakjubkan tentang cara kerja berbagai hal. Namun, itu bisa membuat takut pembeli. Mereka akan bertanya-tanya apa bisnis akan jatuh setelah Anda tidak ada.

Maka dari itu, kapan pun Anda mengatasi kendala yang tidak dimiliki orang lain, atau melihat sesuatu yang mereka lewatkan, tuliskan. Keluarkan pengetahuan dari kepala Anda dan buat dokumen yang dibagikan secara luas.

4. Jadikan Setiap Orang sebagai Pemimpin Visi

Untuk perusahaan yang brilian adalah di mana setiap karyawan adalah pemimpin. Meskipun mereka mungkin tidak memiliki gelar C-suite atau menjadi kepala departemen, mereka memiliki peran dan tanggung jawab dan bangga dalam memberikan pekerjaan terbaik mereka.

Seperti seorang pemimpin sejati, mereka tidak takut meminta bantuan atau pendapat kedua, mereka tidak berharga atau defensif. Tim yang penuh dengan pemimpin mengungguli yang penuh dengan pengikut.

Terlebih lagi, pengakuisisi ingin anggota tim mengambil alih kepemilikan peran mereka di luar fase transisi, untuk membantu membawa bisnis ke level baru tanpa menunggu instruksi. Pembeli menginginkan lebih dari sekedar angka dan produk, mereka ingin membeli orang-orang hebat yang dapat beradaptasi secara luar biasa dengan visi baru.

Ubah setiap anggota menjadi pemimpin dan mulai dengan yang terjauh. Melatih, mengembangkan, memberdayakan. Dorong orang-orang Anda untuk mengalahkan diri mereka sendiri dan lihat apa yang mampu mereka lakukan.

5. Ketahui Apa yang Anda Inginkan

Sebelum Anda bertemu dengan pembeli mana pun, ketahui jenis transaksi yang akan Anda terima. Seperti apa akuisisi yang berhasil? Mungkin Anda memiliki sejumlah ide, tetapi Anda harus fleksibel untuk tetap diam selama menghasilkan uang.

Kembangkan pemahaman yang jelas tentang apa yang Anda inginkan, apa yang tidak Anda inginkan, dan apa untungnya bagi pihak pembeli. Semakin Anda percaya pada bisnis Anda, semakin Anda akan percaya bahwa orang lain akan beruntung memilikinya. Jangan putus asa dan memutuskan untuk pergi.

Ketidakpedulian adalah tangan yang dingin. Semakin Anda tahu apa yang Anda inginkan dari suatu kesepakatan, semakin Anda dapat menyatakan persyaratan Anda dan membiarkannya untuk dipertimbangkan.

Posisi negosiasi terkuat dipegang oleh mereka yang bisa pergi. Senang tinggal tapi siap untuk pergi. Ciptakan sikap kuat Anda dan buat bisnis Anda siap dijual dengan membuat manual proses, mengembangkan tim pemimpin yang mewakili merek Anda dan tidak menjadi penghalang bagi pertumbuhan bisnis. Bangun merek yang Anda banggakan dan pembeli akan antre untuk memilikinya juga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper