Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

6 Cara Manfaatkan Instagram Bisnis untuk Promosi Jualan

Karena banyak yang menggunakan Instagram, aplikasi tersebut memang layak dijadikan pilihan untuk mempromosikan bisnis secara online.
Janlika Putri Indah Sari
Janlika Putri Indah Sari - Bisnis.com 08 Juni 2021  |  15:22 WIB
Instagram
Instagram

Bisnis.com, JAKARTA— Instagram kini menjadi media sosial yang banyak dilirik untuk mempromosikan usaha.

Agar lebih meyakinkan, akun Instagram juga memiliki fitur untuk membuat akun bisnis.  Akun instagram bisnis diracang untuk bisa menarik lebih banyak audiens.

Karena banyak yang menggunakan Instagram, aplikasi tersebut memang layak dijadikan pilihan untuk mempromosikan bisnis secara online.

Lalu, bagaimana cara memaksimalkan akun Istagram bisnis untuk pemula ?  Berikut Bisnis rangkum, tips memaksimalkan akun Instagram bisnis :

1. Repost Foto

Dengan merepost foto dari pengikut atau audiens, ada dua keuntungan yang akan didapatkan.

Yang pertama, akun Anda akan dianggap peduli dengan mereka. Yang kedua, bisnis yang dijalankan di akun tersebut akan dipromosikan balik oleh audiens.

Cara ini cukup efektif untuk menambah jumlah followers dan engagement secara bersamaan.

2. Buat Video di IGTV

Manfaatkan segala hal yang ada di Instagaram, seperti halnya fitur video di IGTV.

Jika video biasa waktunya dibatasi hanya 1 menit, dengan IGTV bisa mengunggah vidio tanpa batasan durasi. Oleh karena itu, fitur ini bisa dipakai untuk membuat iklan atau konten tentang produk yang dijual dengan leluasa.

3. Diskon atau Giveaway

Agar instagram bisnis mampu menarik pengikut, bisa dengan pancingan berupa konten yang sesuatu membuat audiens terkesan. Misalnya, membuat promo diskon atau giveaway. Libatkan para peserta untuk mempromosikian akun bisnis Anda. Seperti meminta mereka membuat hastag, atau mengajak tiga teman lainnya follow akun Anda.

4. Instagram Stories

Dengan layanan Instagram Stories, ada banyak jenis fitur yang bisa digunakan untuk membauat konten menarik. Mulai dari testimoni produk, promosi produk baru, diskon, video behind the scene, tutorial, Questions and Answers, bahkan membuat konten CTA (Call To Action).

Call To Action ini nadalah hal yang paling sering dilakukan oleh aku intagram bisnis. Caranya adalah dengan mencantumkan link ke dalam instagram story yang dilanjutkan untuk swipe up.

Dengan fitur tersebut, akun instagram bisnis akan mendapatkan lebih banyak leads atau traffic.

5. Instagram Ads

Fitur instagram ads memang memberikan alternatif guna mempromosikan produk kepada audiens. Audien yang ingin dijangkau dikatergorikian berdasarkan demografi, interest, usia, gender dan behavior.

6. Analisis Akun

Analisis performa dari akun Instagram bisnis yang dikelola. Lakukan hal tersebut secara berkala untuk melihat seberapa banyak pengaruh dari tiap konten yang dibuat.

Cara yang paling sederhana untuk menganalisa ialah pada menu Insights yang ada di akun Anda.
Namun, ada juga yang menggunakan bantual aplikasi lain seperti Hootsuite Analytics, Iconosquare, Sprout Social, , dan masih banyak lagi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

instagram tips bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top