Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pengusaha Retail, Ketahui 3 Hal Ini Agar Usaha Moncer

Jika Anda adalah seorang pengusaha retail, menurut inc, ada hal-hal yang perlu kamu lakukan agar tidak berisiko untuk kehilangan pelanggan!
 Jessica Gabriela Soehandoko
Jessica Gabriela Soehandoko - Bisnis.com 10 Juni 2021  |  22:10 WIB
Ilustrasi ritel
Ilustrasi ritel

Bisnis.com, JAKARTA - Berbagai perubahan dan fenomena telah terjadi di tahun 2021.

Dengan ada peristiwa tahun lalu, membuat beberapa perusahaan untuk memikirkan kembali berbagai strategi yang tepat, seperti merevisi, melakukan berbagai penawaran kembali, terutama semenjak fenomena Covid-19 yang membuat seluruh masyarakat cenderung membeli barang via online.

Jika Anda adalah seorang pengusaha retail, menurut inc, ada hal-hal yang perlu kamu lakukan agar tidak berisiko untuk kehilangan pelanggan!

Berikut 3 hal yang perlu kamu perhatikan untuk meningkatkan usahamu:

1. Menggunakan kebijakan pengembalian yang ketat

Berdasarkan dari penelitian mengenai konsumen e-commerce menurut dotcomdist, 55 persen responden cenderung tidak akan berbelanja jika pihak penjual tidak memberikan layanan pengembalian gratis.

Kebijakan ini dapat memberikan pengalaman kepada pembeli, dan juga dapat meningkatkan loyalitas dari customer. Berbagai pujian juga dapat diperoleh dari para pelanggan, dikarenakan dapat melakukan pengembalian barang tanpa biaya.

Di sisi lain, beberapa perusahan menerapkan strategi ini, dengan meningkatkan harga jual pada barang untuk biaya dalam proses pengembalian barang. Berdasarkan dari sumber penelitian yang sama, sebanyak 40% responden yang berpengalaman dalam memanfaatkan fitur pengembalian barang dengan biaya yang rendah, cenderung ingin berbelanja lebih lagi dengan merek yang berbeda.

2. Kemasan Plastik

Konsumen cenderung semakin sadar dengan siapa yang mereka dukung. Konsumen kini juga mengevaluasi bukan hanya pada seberapa luas dan kualitas penawarannya, melainkan juga hal-hal yang didukungnya. Hal ini seperti kepada siapa dia ingin memberi kembali, atau dampak dari merek tersebut dapat membantu dunia yang lebih baik.

Berdasarkan dari studi pada tahun 2017, yakni pada jurnal peer-reviewed journal Science Advances, mengungkapkan ada sebanyak 6,3 miliar metrik ton plastik yang telah menjadi sampah plastik, dan hanya sebanyak 9% yang didaur ulang. Hal ini tentu dapat berdampak berbahaya, terutama dalam ekosistem. Dari studi dotcom, dari pertanyaan seberapa besar komponen kemasan mempengaruhi keinginan customer untuk berbelanja, sebanyak 42% menganggap kemasan berkelanjutan menjadi faktor yang paling menarik.

bagaimana berbagai komponen kemasan memengaruhi keinginan mereka untuk berbelanja dengan suatu merek, 42 persen menganggap kemasan berkelanjutan sebagai faktor yang paling menarik.

3. Manajemen Inventaris Multisaluran yang buruk

Strategi omnichannel sangat diperlukan oleh para pengusaha, salah satunya dalam online. Hal ini perlu untuk mempertahankan ‘kehadiran’ yang kuat dalam berbagai setiap saluran. Hal ini seperti memperbarui stok produk di seluruh saluran untuk memberikan informasi kepada customer. Jika tidak, tentu maka akan memberikan rasa kecewa kepada pelanggan.

Hal ini perlu membutuhkan tanggung-jawab yang lebih besar lagi, terutama bagi perusahaan yang cenderung masih belum terlalu besar sehigga mungkin cukup sulit. Namun jika membicarakan mengenai solusi, solusi terbaik dalam melakukan pembaruan informasi stok secara berkala ke semua saluran yakni dengan menggunakan perangkat lunak. Dengan adanya perangkat lunak tersebut, maka para pengusaha hanya melakukan pembaruan informasi stok produk secara sekali, dan informasinya telah diperbarui secara otomatis ke seluruh saluran.

Berikut adalah hal-hal yang dapat kamu pelajari atau perlu kamu ketahui terutama bagi pengusaha retail. Dari informasi tersebut, semoga usahamu akan semakin meningkat, dan siap untuk berkompetisi!

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ritel tips bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top