Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pembentukan Komunitas Bantu Pebisnis Hadapi Pandemi Covid-19

Relasi atau koneksi bisnis memegang peranan penting dalam mengembangkan atau bahkan membangkitkan bisnis di masa sulit.
Tips bisnis. /ilustrasi
Tips bisnis. /ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Covid-19 memberikan dampak yang besar untuk hampir seluruh sektor bisnis. Untuk itu, pembentukan komunitas dinilai dapat menjadi solusi untuk bisa bertahan menghadapi masa sulit.

Founder GWP Network Community Aryanto Hong mengatakan relasi atau koneksi bisnis memegang peranan penting dalam mengembangkan atau bahkan membangkitkan bisnis di masa sulit.

Menurut dia relasi dan koneksi (networking) merupakan hal yang sangat penting dan harus diperhatikan oleh para pebisnis dan professional. Namun kesadaran atas pentingnya relasi-koneksi di masyarakat terutama para pebisnis dan professional masih sangat rendah.

"Saya berhasil mendapatkan sebuah project dari koneksi bisnis dengan nilai mencapai Rp600 juta di tengah-tengah pandemi seperti ini. Ini semua berkat relasi-koneksi yang saya dapatkan melalui komunitas," katanya seperti dikutip dalam keterangan resminya, Rabu (21/7/2021).

Dia menuturkan, banyak pebisnis atau professional sering melakukan kesalahan karena terlalu sibuk mengurus operasional kantor.  Padahal, Aryanto menjelaskan, seorang pebisnis harus lebih banyak melakukan networking agar mendapatkan lebih banyak relasi-koneksi bisnis yang penting untuk mengembangkan bisnisnya menjadi lebih besar.

Dia menambahkan, kunci untuk mendapatkan relasi-koneksi yang luas dan kompeten adalah dengan bergabung dalam komunitas bisnis.

“GWP Network Community adalah komunitas yang fokus pada pengembangan relasi-koneksi bisnis. Program kami hanya satu yaitu perkenalan antar member dan bintang tamu. Kami tidak memiliki program seminar dan workshop karena komunitas hanya fokus pada saling mengenalkan member dengan tujuan terjalin suatu kerjasama bisnis,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper