Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

13 Bisnis Milik Kaesang: Sang Pisang, Yang Ayam, hingga Madhang

Berikut daftar 13 bisnis milik Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Jokowi. Mulai dari Sang Pisang, Yang Ayam, hingga aplikasi Madhang.
Kaesang Pangarep/Instagram @kaesangp
Kaesang Pangarep/Instagram @kaesangp

Bisnis.com, JAKARTA - Pembelian saham perusahaan Frozen Food PT Panca Mitra Multiperdana Tbk. (PMMP) oleh putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep senilai Rp 92 miliar menuai sorotan. Simak daftar 13 bisnis milik Kaesang.

Walaupun hanya 8 persen, angka tersebut tergolong lumayan besar untuk anak muda sekelas Kaesang yang baru berusia 26 tahun. Gara-gara beli saham PMMP, tagar #DarimanaDuitKaesang sempat menjadi trending topic di Twitter.

Lantas, dari mana uang Kaesang berasal? Anda sebenarnya tak perlu kaget dan bertanya-tanya. Pasalnya, Kaesang sudah menjadi content creator, pebisnis higga investor saham sejak usia muda.

Bukan itu saja, status sebagai 'anak presiden' dimanfaatkan oleh Kaesang dengan baik dalam memproduksi konten dan memperdagangkan bisnis miliknya.

Bahkan, Kaesang menjadi Komisaris RANS Entertainment milik artis Raffi Ahmad. Berdasarkan catatan Bisnis, Kaesang tercatat memiliki 13 bisnis yang bergerak di sektor makanan dan minuman (F&B), fesyen, hingga aplikasi digital.

Berikut daftar 13 bisnis milik Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Jokowi. Mulai dari Sang Pisang, Yang Ayam, hingga aplikasi Madhang.

1. Sang Pisang

Didirikan pada November 2017, Sang Pisang telah memiliki puluhan cabang di berbagai daerah di Indonesia, mulai dari Medan hingga Makassar.

Bisnis kuliner milik Kaesang ini dikenal dengan produk pisang nugget ini yang unik. Kini, Sang Pisang bahkan telah merambah hingga mancanegara. Pada Oktober 2019, Sang Pisang resmi membuka gerai di Kuala Lumpur, Malaysia.

2. Sang Javas

Sebelum Sang Pisang, Kaesang Pangarep lebih dulu membangun bisnis Sang Javas pada Agustus 2017. Usaha ini menghasilkan produk kaos dengan gambar karikatur. Di awal bisnis, Kaesang berhasil menjual 2.000 potong kaos.

3. Enigma Camp

Bisnis yang satu ini berbeda dengan bisnis Kaesang lainnya. Enigma adalah wadah pelatihan programmer yang didirikan pada 2017 lalu oleh Kaesang Pangarep.
Enigma fokus pada bisnis yang menyediakan IT Bootcamp dan IT Talent management untuk menyiapkan programmer siap kerja.

4. Yang Ayam

Bisnis yang satu ini dirilis Kaesang Pangarep pada 2019 lalu dengan gerai pertama di Tanjung Duren, Jakarta. Yang Ayam sendiri menyajikan menu nasi ayam dengan kisaran harga Rp12.727 hingga Rp21.818 per porsinya. Yang Ayam sendiri menjadi salah satu portofolio venture capital-nya, yakni PT Harapan Bangsa Kita (HEBAT).

5. Ternakopi

Kaesang akhirnya merambah ke produk kopi kekinian yang memang digilai anak-anak muda masa. Adik Gibran Rakabuming itu merilis produk bernama Ternakopi yang pada 2019 lalu. Kedai pertamanya dibangun di Cipayung, Jakarta Timur.

6. Ikan Lele

Pada Februari 2019 Presiden Jokowi pernah mengatakan bahwa Kaesang Pangarep tengah menjajaki bisnis ikan lele. Hal itu karena Kaesang melihat permintaan atas ikan lele sangat besar, sedangkan suplai di pasar masih sedikit.

7. Siapmas

Pada Agustus 2019 Kaesang Pangarep bersama sang kakak Gibran Rakabuming Raka membentuk brand Siapmas.

Siapmas menghadirkan produk minuman dan makanan ringan, yakni Kemripik, Pik Kripik, dan Ngedrink. Produk-produk ini dipasarkan melalui minimarket ritel.

8. Mangkok Ku

Mangkok Ku merupakan bisnis restoran yang dilakukan Kaesang bersama dengan Chef Arnold Poernomo dan Gibran. Ketiganya membuka restoran Mangkok Ku yang belokasi di Jalan Tanjung Duren Raya, Jakarta Barat, sekitar Juni 2019.

9. Hompimpa Games

Hompimpa Games adalah produk board game yang dihadirkan Kaesang Pangarep untuk membawa pesan toleransi dan nilai budaya Indonesia dengan jenis permainan tradisional. Adapun produk andalannya adalah board game mulai Math Cat, The Art of Batik dan Acaraki.

10. Aplikasi Medhang

Aplikasi smartphone besutan Kaesang ini menjembatani ibu-ibu jago masak dengan pembeli. Madhang ini diluncurkan pada 11 Desember 2017 lalu yang berbasis android atas kerja sama dengan Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang.

11. Let's Toast

Kaesang tidak hanya berinovasi dengan menu-menu khas nusantara, tapi juga berkreasi dengan menu ala Western. Dia meluncurkan brand Let's Toast dengan menu pilihan berupa egg sandwich, french toast, dan beberapa pilihan minuman segar.

12. Madhang Indonesia

Setelah clothing line, Kaesang Pangarep juga mendirikan bisnis lain dengan merek Madhang Indonesia. Bisnisnya kali ini merupakan aplikasi jual beli makanan khas rumahan, sehingga para penjual makanan tak perlu membuka restoran.

13. Sang Javas-Truz

Kaesang kembali merilis brand baru di bisnis pakaian dengan nama Sang Javaz-Truz. Usaha ini memiliki konsep pakaian untuk para skaters dengan sistem kerja sama dengan brand lokal Truz. Bisnis ini dirintis lewat pembukaan outlet di Solo pada Februari 2018.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper