Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips bagi Pebisnis UKM Naik Kelas Menjadi Perusahaan Besar

Kesesuaian terhadap berbagai aspek serta potensi bisnis dalam jangka panjang menjadi salah satu tolak ukurnya.
Ilustrasi UKM
Ilustrasi UKM

Bisnis.com, JAKARTA— Usaha Kecil Menengah (UKM) memiliki kontribusi besar dalam menggerakkan pertumbuhan ekonomi nasional. Penting untuk memberi perhatian kepada UKM dan memberdayakan mereka agar naik kelas menjadi sebuah korporasi.

Namun tidak mudah bagi UKM untuk berubah menjadi sebuah perusahaan besar. UKM harus memiliki compliancy di berbagai aspek serta memiliki potensi bisnis yang kuat dalam jangka panjang. 

Kesesuaian terhadap berbagai aspek serta potensi bisnis dalam jangka panjang menjadi salah satu tolak ukurnya.  

Mengutip the Balance, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengubah UKM menjadi perusahaan besar. 

Pertama, menangkap kembali pelanggan yang ada. Sering kali, pelanggan yang sudah Anda miliki adalah taruhan terbaik Anda untuk meningkatkan penjualan Anda, dan penelitian telah menemukan bahwa meningkatkan retensi pelanggan juga meningkatkan nilai perusahaan.

Kedua, minta referensi dari pelanggan Anda saat ini. Pelanggan ini sudah menjadi target pasar Anda, yang berarti bahwa orang-orang di lingkungan sosial atau pekerjaan mereka kemungkinan besar akan menjadi target pasar Anda juga. Hal ini membuat mereka menjadi titik akses yang kuat untuk pelanggan baru.

Ketiga, meningkatkan laba adalah kunci untuk mengembangkan bisnis Anda. Jika Anda memperluas pangsa pasar tetapi terus meningkatkan biaya, Anda sebenarnya tidak akan memiliki uang tersisa untuk diinvestasikan dalam bisnis Anda atau menghasilkan keuntungan.

Keempat, perluas jangkauan pasar Anda, kelima berpartisipasi dalam pameran, ke enam taklukkan pasar, dan diversifikasi produk atau layanan Anda Transformasi UKM menjadi korporasi dengan cara anorganik adalah salah satu kunci yang disampaikan oleh President Director Asiavesta Capital, Ahmad Sadat.

“Asiavesta Capital akan menjadi strategic partner yang membantu restrukturisasi perusahaan investee secara holistik sehingga siap untuk menjadi korporasi menengah/besar dan/atau go public dalam waktu dua hingga lima tahun,” ucapnya dalam keterangan tertulisnya.

Dia memaparkan melalui Asiavesta Academy, melakukan kegiatan pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan UKM, Asiavesta Capital mewujudkan visinya sebagai investor yang sangat diandalkan investee dan juga sangat dipercaya investor lainnya.

Menurutnya, peserta bukan hanya mendapatkan teori tentang restrukturisasi dan transformasi perusahaan, tetapi langsung mendapatkan pendampingan dan bimbingan dari para konsultan dan profesional yang kompeten untuk membantu mempercepat proses persiapan usaha untuk bertransformasi menjadi korporasi dan siap untuk IPO.

Ahmad Sadat mengatakan, misi Asiavesta Capital adalah menjadi investment holding yang berinvestasi pada usaha kecil/menengah yang sudah mapan, memiliki bisnis yang kuat dan unik, potensi pertumbuhan dan impact yang besar, dan ingin bertransformasi menjadi korporasi dengan cara anorganik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper