Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

OS Blackberry Resmi Berhenti Beroperasi, Ini Biografi Mike Lazaridis sang Pendiri

BlackBerry sendiri dikenal dengan pelopor dari qwerty. Mike Lazaridis sendiri merupakan salah satu penggagas dari BlackBerry.
Jessica Gabriela Soehandoko
Jessica Gabriela Soehandoko - Bisnis.com 05 Januari 2022  |  14:05 WIB
Mike Lazaridis - theverge
Mike Lazaridis - theverge

Bisnis.com, JAKARTA - Mulai dari 4 Januari 2022, BlackBerry mengumumkan pemberhentian sistem operasi. Dengan ini, maka ponsel dan tablet yang menggunakan OS BlackBerry tidak bisa digunakan kembali.

BlackBerry sendiri dikenal dengan pelopor dari qwerty. Mike Lazaridis sendiri merupakan salah satu penggagas dari BlackBerry.

Mike Lazaridis atau dengan nama asli Mihal Lazaridis, merupakan pelopor dan pengusaha telekomunikasi Amerika. Lazaridis lahir pada 14 Maret 1961 di Turki, dan mendirikan Research in Motion (RIM) yakni perusahaan dibalik BlackBerry.

Dirinya merupakan putra karyawan di Pabrik Chrysler di Kanada, yakni tempat bermigrasi dari Turki pada tahun 1966. Ibunya adalah seorang penjahit dan juga pemilik toko ritel.

Lazardis sendiri terinpirasi oleh gurunya dalam merancang sistem buzzer di acara kuis yang ia produksi. Dirinya juga menempuh pendidikan teknik elektro di University of Waterloo di Ontario dan memenangkan kontrak sebesar US$600.000 dengan General Motors untuk mengembangkan sistem tampilan kontrol komputer jaringan. Namun, dirinya memutuskan pendidikannya pada saat itu karena tidak ingin melewatkan kesempatan tersebut.

Pada tahun 1984, Mike Lazaridis dan dua mitranya membentuk Research in Motion (RIM). Selain dengan memenuhi kontrak, tujuan lainnya adalah untuk mengembangkan sistem komunikasi nirkabel. Tujuan tersebut telah ia impikan sejak SMA.

RIM sendiri datang dari produk yang berbeda seperti DigiSync Film Barcode Reader, modem, sistem point-of-sale, dan perangkat elektronik lainnya.

Pada saat yang sama, perusahaan juga menerima kontrak penelitian untuk Mobitex Cantel, teknologi data nirkabel publik nasional pertama di Amerika Utara dan kemudian berkolaborasi dengan BellSouth di platform yang sama hingga mulai bekerja pada pager atau PDA nirkabel.

Kemudian pada tahun 1999, Research In Motion keluar dengan layanan email nirkabel BlackBerry yang diluncurkan di seluruh Amerika Utara. Pada tahun ini juga BlackBerry go public.

Sepanjang karirnya, Lazaridis telah menerima banyak penghargaan baik untuk inovasi teknologi dan usaha filantropisnya. Pada tahun 2005, dirinya ditampilkan dalam daftar majalah Time tentang orang-orang paling berpengaruh, dan diangkat ke Orde Ontario.

Kemudian pada tahun 2006, Lazaridis juga diangkat sebagai Officer of the Order of Canada. Kekayaan bersih Lazaridis sendiri memuncak pada tahun 2007, yakni pada US$3,6 miliar.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

blackberry tokoh bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top