Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Berapa Banyak Uang yang Dibutuhkan untuk Memulai Bisnis? Ini Cara Mengetahuinya

Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum membuka sebuah usaha atau bisnis.
Jessica Gabriela Soehandoko
Jessica Gabriela Soehandoko - Bisnis.com 25 Maret 2022  |  13:23 WIB
Ilustrasi - Istimewa
Ilustrasi - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam membangun bisnis, Anda membutuhkan dana awal untuk membuka bisnis yang baru.

Tentunya untuk jumlah yang diperlukan tergantung pada jenis bisnis tertentu, sumber daya yang akan digunakan dan juga dengan faktor lokasi. Anda perlu mempertimbangkan keseluruhan elemen.

Untuk mengetahui berapa banyak uang yang Anda butuhkan, Anda perlu mengetahui langkah-langkah yang perlu diambil untuk mengetahui uang yang Anda perlukan.

Hal ini menjadi hal yang perlu Anda perhatikan dan Anda pertimbangkan, mengingat Anda memerlukan banyak persiapan dan membuat bisnis Anda menjadi untung hingga dua tahun pertama.

Dilansir dari Indeed, berikut beberapa tahapan yang dapat Anda lakukan untuk mengetahuinya.

1. Peralatan

Sebagian besar bisnis memerlukan semacam peralatan khusus. Biasanya meliputi printer, monitor, tablet, elektronik dan lain-lainnya. Hal ini tentu berbeda jika Anda membuka sebuah klinik. Untuk itu, hal ini bergantung pada jenis bisnis Anda.

2. Izin atau lisensi

Beberapa bisnis membutuhkan izin ataupun sebuah lisensi. Anda juga perlu membayar biaya yang diperlukan untuk mendaftarkan nama usaha Anda hingga menjadi resmi.

3. Ruang kantor

Seiring pertumbuhan bisnis, Anda membutuhkan kantor dan semakin banyak karyawan yang dibutuhkan. Untuk biaya properti sendiri akan bervariasi tergantung dengan lokasi dan kebutuhan spesifik bisnis.

4. Peralatan Kantor

Salah satu pengeluaran bisnis Anda yang berpotensi mahal adalah perlengkapan kantor. Biaya persediaan Anda akan bervariasi menurut industri, tetapi mungkin dapat tetap berada dalam 10 persen dari keseluruhan anggaran Anda.

5. Daftar gaji

Selain menyediakan ruang kerja untuk karyawan Anda, Anda juga harus membayar untuk pekerjaan mereka. Hal ini termasuk seperti keuntungan lain, asuransi, hari libur dan lainnya.

6. Inventaris

Jika bisnis Anda memasok produk, Anda perlu menyediakan ruang dalam anggaran Anda untuk membeli inventaris. Ini mencakup semua sumber daya dan bahan yang Anda butuhkan untuk membuat, mengemas, dan mengirimkan produk Anda.

7. Pemasaran

Pemasaran adalah salah satu cara paling efektif untuk mendatangkan pelanggan dan meningkatkan keuntungan bisnis Anda. Pemasaran dapat mengambil banyak bentuk termasuk selebaran, iklan dan lainnya.

8. Situs web

Situs web yang dibuat dengan baik merupakan salah satu aset terpenting bagi pemilik bisnis. Terdapat banyak pelanggan dan klien yang mencari bisnis Anda secara online, sebelum benar-benar membeli.

9. Pertanggungan

Tergantung pada sifat bisnis Anda, Anda mungkin perlu membeli polis asuransi bisnis. Ini mungkin melibatkan asuransi kewajiban, asuransi properti dan kompensasi pekerja.

10. Pajak

Setiap bisnis harus membayar pajak penghasilan kepada pemerintah. Sulit untuk memprediksi jumlah pastinya ketika Anda belum memiliki perkiraan akurat tentang pendapatan tahunan Anda.

11. Konsultan

Anda mungkin juga ingin berinvestasi dalam mempekerjakan seorang ahli untuk membantu Anda memulai bisnis Anda di atas dasar yang kuat. Hal ini termasuk konsultan pemasaran, pengacara dan lainnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

anggaran wirausaha tips bisnis
Editor : Setyo Puji Santoso

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top