Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

6 Aspek Leadership Agar Sukses

Untuk menghadapi perubahan, pelaku bisnis juga perlu memiliki tujuan dan motivasi yang kuat. Hal lainnya yang perlu dimiliki adalah cepat melihat peluang dan berinovasi.
Jessica Gabriela Soehandoko
Jessica Gabriela Soehandoko - Bisnis.com 19 April 2022  |  12:15 WIB
Leadership. - ilustrasi
Leadership. - ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Peran leadership dalam sebuah bisnis menjadi penting, mengingat kondisi masa kini dengan perubahan yang sangat pesat.

Hal ini lantaran butuhnya sebuah kemampuan untuk beradaptasi, berpikir lebih maju ke depan, memiliki ide inovatif dan kreativitas, serta yang paling utama adalah dapat menanggapi keadaan yang tidak terduga.

Untuk menghadapi perubahan, pelaku bisnis juga perlu memiliki tujuan dan motivasi yang kuat. Hal lainnya yang perlu dimiliki adalah cepat melihat peluang dan berinovasi.

Tentunya berbagai hal tersebut membutuhkan kepemimpinan yang baik dikarenakan memiliki peran utama untuk menentukan arah dan tujuan perusahaan.

Lantas, hal apa saja yang dapat dikembangkan untuk menjadi leadership yang baik?

Billy Martasandy selaku CEO Martasandy Group, telah memperoleh berbagai penghargaan seperti dari lembaga Pusat Prestasi Indonesia sebagai The Best Leadership & Professional di Indonesia Leadership & Professional Award (ILPA) 2020.

Pada tahun 2019, dirinya juga pernah mendapat sertifikasi Leadership and Team Development dari International Business Management Institute di Berlin, Jerman.

Perusahaannya sendiri merupakan perusahaan yang di bidang Psikologi, Bimbingan Terpadu, Tours & Travel, dan Properti.
Dirinya menjelaskan bahwa hal utama untuk menjadi pemimpin yang baik, membutuhkan kemauan untuk belajar dan mengembangkan diri.

Kemudian, Seorang pemimpin harus memiliki visi yang jelas serta mampu memotivasi timnya dan mendelegasikan mereka dengan tepat, sehingga mewujudkan organisasi atau perusahaan yang sukses.

Menurutnya, terdapat banyak aspek yang membuat seseorang menjadi pemimpin yang hebat, yakni sebagai berikut.

1. Kemampuan beradaptasi dengan cepat dan baik terhadap lingkungan
2. Pemecahan masalah
3. Komunikasi yang baik
4. Pemikiran strategis dan taktis
5. Membangkitkan motivasi tim
6. Memperlakukan tim dengan baik

“Saya harap setiap pemimpin lainnya juga mau belajar dan mengembangkan diri untuk lebih dari memenuhi aspek-aspek tersebut, ” jelasnya.

Billy juga mengatakan bahwa leadership skill tidak hanya diperlukan untuk seorang pengusaha ataupun pemilik bisnis, namun juga untuk semua profesi lainnya di setiap organisasi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

leadership kepemimpinan
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top