Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

6 Tips Mengelola Uang THR di Bulan Suci Ramadan

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menghemat pengeluaran dan tetap menikmati Ramadan dengan uang THR.
Anshary Madya Sukma
Anshary Madya Sukma - Bisnis.com 19 April 2022  |  13:47 WIB
6 Tips Mengelola Uang THR di Bulan Suci Ramadan
Ilutsrasi- Tunjangan hari raya (THR) - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah bagi seluruh umat Muslim, akan tetapi pada bulan yang suci ini kita sering kali tidak bisa menahan untuk membeli sesuatu yang tidak perlu seperti kebanyakan membeli makanan untuk berbuka yang berakhir di pembuangan sampah.

Hal itu terjadi karena kita hanya lapar mata saat melihat makanan yang dilewati, selain itu saat Ramadan akan lebih sering  berbuka di luar dan bahkan menyumbang lebih banyak daripada waktu lain dalam setahun. Namun, hal itu bukan alasan menjadikan di Ramadan ini menjadi boros karena memang memberi/menyumbang/bersedekah memang penting untuk dilakukan.

Dilansir dari thedailystar.net pada Selasa (19/4/2022), daripada menganggap bulan suci puasa ini sebagai alasan untuk boros. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghemat pengeluaran dan tetap menikmati Ramadan.

Simak tips hemat dan cara mengelola keuangan saat Ramadan:

1. Tetap Sederhana

Ramadan menjunjung tinggi nilai-nilai dasar kemanusiaan dan kesederhanaan. Bulan puasa juga mempraktikkan kesederhanaan dalam pengeluaran keuangan.

Alih-alih mengatur jamuan buka puasa yang mewah,  bisa berbuka puasa di rumah bersama orang yang dicintai atau mengatur buka puasa kecil untuk teman dan keluarga.

2. Membuat Rencana Anggaran Pengeluaran

Perlu Anda ingat bahwa Anda tidak harus menghabiskan uang melebihi pengeluaran yang dianggarkan. Tetapi kita juga terkadang akan mengeluarkan uang terlalu banyak untuk pembelian yang tidak perlu.    

Sebagai alternatif, kita dapat membuat anggaran Ramadhan terpisah yang mencakup semua pengeluaran yang perlu kita lakukan selama bulan tersebut. Itu bisa termasuk biaya hadiah, pakaian, hiburan, dan makanan. Begitu kita membuat anggaran, akan lebih mudah bagi kita untuk mengikutinya jika kita melibatkan keluarga kita dalam pelaksanaannya juga.

3. Manfaatkan Hadiah dan Diskon

Selama Ramadan, pasar dibanjiri barang-barang diskon, baik itu pakaian, makanan, atau hadiah. Kita harus menjaga telinga dan mata kita terbuka untuk barang-barang ini; memanfaatkannya sepenuhnya.

4. Merencanakan Strategi Bepergian yang Hemat

Jika kita berencana untuk bepergian selama Ramadhan atau Idul Fitri, kita harus membeli tiket terlebih dahulu untuk mendapatkan potongan harga. Karena biasanya harga tiket melonjak setiap hari apalagi saat gelombang mudik tiba.

5. Hadiah Lebaran Untuk Keluarga dan Teman Tidak Harus Mahal

Cinta dan kebahagiaan lebih penting daripada membeli hadiah mahal. Buat hadiah yang dipersonalisasi di rumah Anda sesuai pilihan semua orang yang berfungsi sebagai isyarat manis. Selain itu, banyak kesempatan untuk memberi hadiah, momen tidak hanya ada saat lebaran saja.

6. Memberi Bonus Untuk Pekerja/Karyawan

Staf rumah tangga kami/Karyawan dan orang lain yang membantu dalam kehidupan sehari-hari layak mendapat perhatian khusus di bulan Ramadhan ini. Salah satunya dengan Bonus Idulfitri. Oleh karena itu, hadiah Idul Fitri dan bonus untuk karyawan/pekerja harus masuk dalam anggaran Ramadan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kiat manajemen Ramadan thr
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top