Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

6 Tips Mudik Lebaran Hemat Biaya dengan Kendaraan Pribadi

Bagi Anda yang ingin mudik Lebaran, sebaiknya harus memiliki perencanaan keuangan yang matang, khususnya dalam mengelola THR.
Nabila Dina Ayufajari
Nabila Dina Ayufajari - Bisnis.com 27 April 2022  |  20:09 WIB
Tips Keuangan.  - Bisnis.com
Tips Keuangan. - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Saat pemerintah mulai melonggarkan aturan Covid-19. sehingga masyarakat bisa merencanakan mudik Lebaran 2022 dan menghabirkan THR untuk melepas rindu dengan keluarga.

Momentum mudik Lebaran 2022 menjadi saat berkumpul bersama keluarga atau kerabat. Namun, saat Lebaran jangan sampai membuat kondisi keuangan berantakan.

Bagaimana caranya agar Anda tetap bisa menikmati mudik dengan biaya yang terjangkau? Simak 6 tips mudik Lebaran yang hemat biaya:

1. Bawa Kendaraan Pribadi

Akan jauh lebih irit bila Anda menggunakan kendaraan pribadi saat perjalanan mudik. Ini karena Anda tidak perlu memikirkan biaya kendaraan umum untuk pulang-pergi, sewa kendaraan saat di kampung halaman, dan sebagainya.

Anda hanya perlu menyiapkan biaya untuk bensin dan tol bagi melewatinya. Terlebih, Anda bisa lebih bebas bepergian dan singgah kemana pun yang diinginkan.

Sekalipun Anda merasa lelah ketika menyetir, tetapi ini adalah pilihan yang sangat efektif untuk mengurangi biaya transportasi saat Anda pulang atau saat berada di kampung halaman.

2. Buat Anggaran

Siapkan dan hitung anggaran Anda selama berangkat hingga pulang mudik. Tujuan dari mempersiapkan anggaran adalah untuk menyesuaikan diri dengan kemampuan keuangan.

Perkirakan jumlah biaya untuk perjalanan, akomodasi, dan aktivitas lainnya yang akan dilakukan. Tetapkan jumlahnya dan komitmen pada diri sendiri untuk tidak “mencuri” uang dari rekening tabungan. Ini akan mengakibatkan pengeluaran di luar anggaran yang sudah ditetapkan.

Akan lebih baik jika juga mencatat seluruh pengeluaran sehingga Anda dapat mengestimasi sisa uang yang dimiliki sesuai anggaran.

3. Siapkan Bekal

Persiapkan bekal dari rumah terlebih dahulu sebelum mudik, baik itu berupa makanan berat, camilan, maupun minuman. Terlebih bila Anda terjebak macet, membawa bekal adalah pilihan yang tepat. 

Adapun, Anda perlu memperhatikan dan menyiapkan beberapa hidangan yang mudah dikonsumsi saat di jalan. Selain efisien dan menghemat biaya, hal ini juga melindungi kesehatan Anda karena hidangan yang dijamin bersih.

4. Tinggal di Rumah Keluarga atau Kerabat

Menginap dengan orang yang Anda kenal merupakan pilihan tepat lainnya untuk menghemat. Melewatkan hotel atau tempat penginapan lainnya dapat sepenuhnya memotong biaya liburan Anda hingga jutaan rupiah.

Jika memiliki keluarga atau kerabat di lokasi yang dituju dan mereka dengan senang hati menjamu Anda, mengapa tidak Anda terima? Namun, pastikan Anda berdiskusi dengan mereka sebelumnya tentang berapa lama dan waktu menginap yang membuatnya nyaman.

5. Temukan Wisata Murah atau Gratis

Cara terampuh untuk melakukan mudik yang hemat adalah dengan menemukan wisata yang menyenangkan, murah, dan gratis untuk dilakukan. Saat Anda merencanakan sebelum pergi atau bahkan sudah tiba, lakukan pencarian online untuk aktivitas yang terjangkau di tempat tujuan. Misalnya, kunjungi taman lokal, museum sejarah, atau kebun raya.

Namun, alangkah baiknya cari tahu terlebih dahulu untuk melihat apakah Anda dapat menikmati hiburan gratis juga. Banyak destinasi yang mengadakan festival musik atau acara lainnya secara gratis.

6. Tentukan Prioritas Liburan

Prioritas akan membantu Anda menentukan bagaimana menghabiskan anggaran liburan. Jika Anda mencoba liburan dengan biaya semurah mungkin, maka Anda akan menangani aktivitas, makanan, dan akomodasi dengan cara yang sangat hemat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Mudik Lebaran lebaran tips keuangan
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top