Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cemas dengan Keadaan Finansial? Ini Cara Mengatasi Money Anxiety

Saat masalah keuangan menyebabkan stres yang berkelanjutan dalam hidup, maka Anda bisa mulai mengatasi beberapa perasaan cemas tersebut.
Intan Riskina Ichsan
Intan Riskina Ichsan - Bisnis.com 28 Mei 2022  |  16:28 WIB
Cemas dengan Keadaan Finansial? Ini Cara Mengatasi Money Anxiety
Tips Keuangan. - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA — Kenaikan harga untuk segala sesuatu mulai dari bahan bakar hingga makanan membuat orang-orang khawatir mengatur uang. Jika Anda merasa khawatir tentang uang akhir-akhir ini, Anda kemungkinan memiliki money anxiety.

Dalam Survei Stres di Amerika tahun 2022 dari American Psychological Association, 87 persen orang yang merespons menyebutkan inflasi sebagai sumber stres yang signifikan. Dilansir dari Healthline, para peneliti mengatakan bahwa tidak ada masalah lain yang menyebabkan tekanan sebesar ini sejak survei dimulai pada 2007.

Ketika masalah uang dan keuangan menyebabkan stres yang berkelanjutan dalam hidup Anda, Anda akhirnya bisa mulai mengalami beberapa perasaan cemas. Kecemasan ini pada gilirannya dapat berdampak negatif pada kualitas hidup Anda.

Tanda-tanda Money Anxiety

Kecemasan uang, pada dasarnya, terjadi ketika Anda khawatir tentang penghasilan Anda atau takut sesuatu yang buruk bisa terjadi dengan keuangan Anda. Dengan kata lain, ini adalah respons emosional terhadap situasi keuangan Anda.

Beberapa tanda yang menjadi masalah yang lebih serius:

1. Sakit dan nyeri

2. Perasaan menghindar

3. Kelumpuhan analisis

4. Tidak ada keseimbangan kehidupan kerja

5. Kekakuan

6. Kesulitan tidur

Penyebab Money Anxiety

1.  Sejarah kekurangan

Kemiskinan bisa menjadi traumatis. Trauma ini bisa berlangsung beberapa generasi. Jika orang tua Anda hidup dalam kemiskinan, mereka kemungkinan menekankan pentingnya mencari nafkah dan menabung. Menetapkan harapan berat di pundak Anda untuk mencapai tingkat kekayaan tertentu demi keluarga Anda.

2.  Pendapatan rendah atau tidak stabil

Anda cenderung khawatir tentang uang jika Anda tidak memiliki banyak uang, karena pendapatan atau gaji yang lebih rendah membuat Anda lebih rentan terhadap gangguan.

3.  Biaya meningkat

Di banyak tempat, hidup menjadi jauh lebih mahal, dan bagi banyak orang, upah tidak sepadan. Itulah sebagian alasan inflasi menyebabkan stress yaitu karena uang yang Anda pikir cukup untuk memenuhi kebutuhan Anda tidak lagi memiliki daya beli seperti dulu.

4.  Utang

Utang adalah jenis pengeluaran yang unik karena Anda jarang memiliki pilihan selain membayarnya. Jika Anda secara teratur melewatkan pembayaran Anda, Anda dapat memperoleh bunga sehingga jumlah utang Anda dapat tumbuh pada tingkat yang sangat cepat.

Penanganan Money Anxiety

Ketika Anda memiliki kekhawatiran uang yang terus-menerus, insting pertama Anda mengarahkan untuk mengabaikan masalah tersebut. Tetapi menghindari ketakutan Anda tidak akan menjadi solusi yang tepat.

Strategi-strategi ini, di sisi lain, dapat membantu Anda mengatasi kecemasan Anda dan masalah keuangan mendasar yang memicunya:

1.  Rehat sejenak

Jika Anda merasa sulit untuk fokus, cobalah istirahat 10 menit untuk menenangkan diri dan meningkatkan suasana hati dan fokus Anda. Anda bisa berjalan-jalan di sekitar blok atau lakukan jumping jacks, mendengarkan musik, coba beberapa latihan pernapasan, dan mencoba meditasi singkat.

2.  Buat anggaran

Anggaran dapat membantu Anda merencanakan kemana uang Anda akan dihabiskan setiap bulan. Anda dapat menetapkan batas tegas untuk tetap berada di bawah anggaran saat Anda berbelanja.

3.  Bergabunglah dengan serikat pekerja

Serikat pekerja dapat melakukan banyak hal, termasuk bernegosiasi untuk gaji yang lebih tinggi, membela hak-hak Anda, membantu memastikan stabilitas pekerjaan, dan dukungan sosial ekstra.

4.  Pertimbangkan dukungan sosial

Banyak orang menyembunyikan masalah keuangan karena mereka merasa malu atau menyalahkan diri sendiri atas situasi mereka. Tetapi banyak orang memiliki masalah dengan uang, seringkali bukan karena kesalahan mereka sendiri. Masalah dalam bentuk apa pun cenderung tidak terlalu menakutkan ketika Anda menghadapinya sebagai sebuah kelompok.

5.  Mendapatkan bantuan professional

Ketika kecemasan uang menyebabkan penderitaan yang berkepanjangan dan mulai mengganggu kehidupan sehari-hari Anda, dukungan dari profesional kesehatan mental dapat membuat perbedaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gaji stres tips keuangan cemas
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top