Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Apa Perbedaan Orang Kaya Asli dan Orang Kaya Palsu?

Orang kaya asli biasanya belanja dalam jumlah yang besar, memakai kupon, menghindari utang, menggunakan barang yang awet.
Jessica Gabriela Soehandoko
Jessica Gabriela Soehandoko - Bisnis.com 30 Mei 2022  |  20:15 WIB
Apa Perbedaan Orang Kaya Asli dan Orang Kaya Palsu?
Ilustrasi orang kaya - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Orang kaya sering dikenal dengan memiliki kekayaan yang besar, berlimpah dengan berbagai sumber daya yang mereka miliki.

Namun di dunia ini, tentunya banyak beberapa orang yang memalsukan kekayaannya. Mereka berusaha untuk tampil atau terlihat kaya, namun pada sebenarnya dia hidup seperti orang-orang biasanya.

Tentunya Anda dapat mengidentifikasi orang kaya palsu jika memeriksanya dengan cermat. Dilansir dari berbagai sumber, berikut hal-hal yang bisa Anda perhatikan.

Ciri-ciri orang kaya palsu

1. Memiliki gaji yang bagus

Biasanya orang kaya palsu memiliki pekerjaan tetap yang dapat membantu memberikan banyak perubahan. Hal ini dikarenakan orang kaya palsu menghasilkan banyak uang untuk mempertahankan gaya hidup mereka.

2. Memiliki sedikit tabungan

Orang kaya palsu terlalu sibuk untuk menghabiskan pendapatan mereka, untuk ‘hal-hal’ yang mengkhawatirkan di masa depan.

3. Memerlukan validasi

Orang kaya palsu memerlukan validasi, seperti komentar mengenai rumah, mobil dan pekerjaan mereka. Mereka akan membicarakannya dengan mengundang pertanyaan dan juga diskusi.

4. Memiliki barang-barang mahal

Agar terlihat kaya, orang kaya palsu perlu memiliki barang-barang mahal.  Contohnya, mereka bisa menyewa mobil yang bagus atau menunjukkan smartphone seri terbaru kepada Anda.

5. Menonjolkan orang lain

Maksud dari menonjolkan orang lain adalah mereka senang menunjukkan bahwa mereka dapat melakukan lebih baik. Contohnya memiliki pekerjaan yang lebih baik, mobil yang mewah, rumah yang lebih besar, dan lainnya.

6. Memiliki pakaian tertentu

 Menggunakan pakaian yang mewah merupakan salah satu cara untuk menunjukkan bahwa mereka memiliki uang. Hal ini membantu dirinya untuk merasa menjadi orang yang penting.

Karakteristik orang kaya palsu

7. Tidak sopan

Orang kaya palsu biasanya memiliki etika yang kurang sopan. Mereka akan melakukan sikap yang sama, seperti ketika berada di tempat jajanan, walaupun sedang berada di restoran atau tempat yang mahal.

8. Selalu memiliki alasan untuk menghindar

Contohnya, ketika Anda meminta untuk keluar melakukan makan malam, namun dirinya menghindar dengan alasan lupa membawa dompetnya. Hal ini mungkin berbeda dengan ucapannya yakni memiliki kartu kredit tanpa batas yang selalu ia simpan di mobilnya.

Ciri-ciri orang yang memalsukan kekayaannya

1. Hidup dari gaji ke gaji

Untuk mengikuti penampilan, memiliki banyak barang yang baru, maka mereka perlu menghabiskan uang mereka. Biasanya mereka tidak menyimpan di dalam tabungan.

2. Tidak bahagia

Walaupun memiliki berbagai hal yang baru, mereka masuk dalam siklus pendapatan-beli dan dilakukan berulang-ulang. Hal tersebut dapat menyebalkan.

3. Tidak pernah puas

Orang kaya yang palsu selalu menginginkan yang lebih. Mereka harus memiliki yang terbaru untuk menunjukkan kepada orang lain. Hal ini menyebabkan rasa tidak puas secara teratur.

4. Iri kepada orang lain

Melihat orang kaya palsu yang iri kepada Anda bisa menjadi hal yang luar biasa. Contohnya ketika mereka masih bekerja untuk mempertahankan gaya hidupnya, Anda telah dalam tahap pensiun dini.

Orang kaya asli biasanya belanja dalam jumlah yang besar, mencari penjualan, menggunakan kupon, menghindari utang, menggunakan barang lama, hidup di bawah kemampuan dan membuat dan melaksanakan rencana tabungannya. Selain itu, orang kaya asli juga hidup seperti orang biasa.

Jika Anda melakukan penghematan, bukan berarti Anda adalah orang yang murahan. Anda dapat hidup hemat dan tetap menikmati banyak hal dalam hidup.

Hal tersebut akan menjadi lebih baik, ketimbang Anda tinggal di rumah yang mewah, memiliki mobil dengan harga yang fantastis, namun tidak bisa menjalani hidup yang bahagia dan sejahtera.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

orang kaya kekayaan tips keuangan
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top