Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

HUT ke-60, Profil Chairul Tanjung dari Tukang Fotokopi hingga Konglomerat Berharta Rp108,8 Triliun

Chairul Tanjung atau CT adalah salah satu orang terkaya di Indonesia dengan kekayaan Rp108,8 triliun.
Muhammad Khadafi
Muhammad Khadafi - Bisnis.com 19 Juni 2022  |  06:16 WIB
Ultimate Shareholder PT Allo Bank Indonesia Tbk. (BBHI) Chairul Tanjung memberikan keterangan pers usai rights issue Allo Bank di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Selasa (11/1/2022). Bisnis - Fanny Kusumawardhani
Ultimate Shareholder PT Allo Bank Indonesia Tbk. (BBHI) Chairul Tanjung memberikan keterangan pers usai rights issue Allo Bank di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Selasa (11/1/2022). Bisnis - Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA — Pemilik bank digital PT Allo Bank Indonesia Tbk. atau BBHI, Chairul Tanjung belum lama ini menginjak usia 60 tahun. Siapa sangka, di balik kesuksesannya membangun konglomerasi bisnis, pria kelahiran 16 Juni 1962 ini sempat membuka usaha fotokopi hingga berjualan kaos. 

Menjadi tukang fotokopi dan berjualan kaos dilakoni oleh CT saat masih duduk di bangku kuliah. Hal itu dia lakukan lantaran keluarganya berada dalam kondisi yang tidak mampu membiayai pendidikan di Fakultas Kedokteran Gigi Univeritas Indonesia. 

Sebenarnya CT lahir di keluarga yang berkecukupan. Akan tetapi sebuah kebijakan dari membuat usaha koran ayahnya bangkrut. Segala upaya pun dia lakukan untuk membantu keluarga dan juga membayar kuliah. 

Mengutip dataindonesia.id, Chairul juga pernah menjadi penyedia peralatan laboratorium dan kedokteran di kawasan Senen. Akan tetapi usahanya tidak berbuah manis. 

Setelah melewati berbagai rintangan, CT kini sukses membangun bisnisnya. CT Corp menjadi gurita bisnis yang membawahi perusahaan yang bergerak di bidang industri media, ritel, hingga keuangan. 

Berkat CT Corp, Chairul kini dikenal sebagai pengusaha sukses tercatat sebagai salah satu orang terkaya di Indonesia. Menurut Forbes  harta kekayaan CT pada 2021 senilai US$7,6 miliar atau setara Rp108,8 triliun.

Sementara itu menurut laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) pada 20214, Chairul memiliki harta tidak bergerak berupa tanah sebesar Rp445,97 miliar. Ada pula harta bergerak berupa kendaraan mewah senilai Rp15,5 miliar. Kemudian, investasi logam mulia dan barang antik senilai Rp25,8 miliar.

Adapun dalam catatan hidupnya, CT juga sempat menjabat sebagai Menko Perekonomian menggantikan Hatta Rajasa pada 19 Mei 2014 hingga 20 Oktober 2014.

Berikut pendidikan hingga pengalaman pekerjaan Chairul Tanjung:

Pendidikan

  • SD Van Lith, Jakarta (1975)
  • SMP Van Lith, Jakarta (1978)
  • SMA Negeri I Boedi oetomo, Jakarta (1981)
  • Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Indonesia (1987)
  • Executive IPPM (MBA; 1993)

Pengalaman Pekerjaan

  • Pendiri PT. Pariarti Shindutama
  • Pemilik Bandung Supermal
  • Pemilik Trans Corp.
  • Pemilik Para Group
  • Komisaris Utama PT Carrefour Indonesia
  • Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (19 Mei 2014 hingga 27 Oktober 2014)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

chairul tanjung tokoh bisnis Allo Bank
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top