Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cara Influencer Dapatkan Uang di Media Sosial

Popularitas yang luar biasa dari saluran media sosial seperti Facebook, Instagram, Snapchat, dan YouTube.
Ilustrasi brand
Ilustrasi brand

Cara Menghasilkan Uang

Cara Influencer Menghasilkan Uang di Media Sosial

Popularitas yang luar biasa dari saluran media sosial seperti Facebook, Instagram, Snapchat, dan YouTube telah menciptakan kategori selebriti yang sama sekali baru: influencer media sosial. Setiap harinya, banyak influencer yang memonetisasi pengikut media sosial mereka dan mengubah kehadiran online mereka menjadi pekerjaan penuh waktu.

Mengutip dari Small Business Trends, berikut cara influencer media sosial dalam menghasilkan uang di media sosial. Simak ulasannya

1. Postingan Media Sosial Bersponsor

Influencer memiliki potensi untuk mendapatkan uang dari setiap posting media sosial, terutama jika mereka membuat konten berkualitas tinggi. Oleh karena itu, konten bersponsor adalah salah satu cara terbaik influencer menghasilkan uang.

Dalam posting yang disponsori media sosial, sebuah merek membayar influencer untuk menampilkan produk dan layanan di halaman media sosial mereka. Konten bersponsor ini mungkin muncul di cerita Instagram, postingan Facebook, atau video YouTube.

2. Webinar di Platform Media Sosial

Beberapa influencer media sosial telah mengembangkan reputasi sebagai ahli dalam topik tertentu. Biasanya pengikut
mereka rela dan bersedia membayar untuk bimbingan influencer ini.

3. Menjadi Brand Ambassador

Banyak influencer menghasilkan uang dengan menjadi duta merek. Alih-alih hanya mempromosikan merek melalui satu pos sponsor, influencer akan secara teratur mendiskusikan produk dan layanan yang ditawarkan oleh perusahaan untuk menghasilkan kesadaran merek secara keseluruhan.

Misalnya, sebuah merek mungkin membayar influencer media sosial untuk secara teratur memposting tentang merek tersebut selama periode 6-12 bulan.

4. Menjual Produk Digital

Memposting webinar ke media sosial bukan satu-satunya cara influencer media sosial dapat memasarkan produk digital untuk menghasilkan uang.

Banyak pengikut yang tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang keahlian influencer, sehingga mereka pun akan tertarik dalam membeli E-book atau bahkan tutorial online, dan ini akan memberikan penghasilan kepada influencer.

5. Membuat Lini Produk

Banyak influencer telah mengumpulkan pengikut yang cukup besar untuk memasarkan produk mereka sendiri. Membuat lini produk adalah cara yang semakin populer bagi influencer media sosial untuk menghasilkan uang.

Misalnya, seorang blogger mode dapat mengembangkan lini pakaian mereka sendiri, baik merancang pakaian mereka sendiri atau bersama dengan seorang desainer untuk menciptakan lini produk bersama.

6. Menjual Kembali Produk Gratis

Kebanyakan influencer menghasilkan uang melalui produk gratis. Bukan hal yang aneh bagi sebuah merek untuk mengirimkan sampel gratis influencer media sosial dengan harapan mendapatkan teriakan atau rekomendasi. Tidak hanya produk gratis ini, seringkali pakaian, riasan, dan barang-barang pribadi, dianggap dapat diubah sebagai pendapatan.

7. Pemasaran Afiliasi

Cara lain yang populer influencer menghasilkan uang adalah melalui pemasaran afiliasi. Dalam proses ini, influencer media sosial membagikan tautan ke halaman produk dan menerima komisi dari setiap penjualan yang dihasilkan dari tautan itu.

Misalnya, influencer kecantikan mungkin membagikan tautan ke di postingan Instagram tempat mereka mendemonstrasikan aplikasi eyeshadow. Nantinya, suatu brand akan membayar sebagian persentase dari setiap penjualan yang dilakukan kepada orang yang mengklik tautan.

8. Iklan Tradisional

Hanya karena seorang influencer memulai kariernya di media sosial, itu tidak berarti mereka terbatas dalam lingkup audiens asli itu. Karena banyak influencer media sosial naik ke status selebriti dengan lebih dari 1 juta pengikut (dan pengakuan jauh melampaui itu), mereka sekarang bermitra dengan merek-merek besar untuk mengiklankan produk ke khalayak yang lebih besar. Influencer dengan pengikut terbesar bahkan mungkin muncul di iklan televisi atau iklan bergambar seperti papan reklame.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman Sebelumnya
Jenis Influencer
Penulis : Arlina Laras

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper