Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Segini Modal Bisnis Rental Motor, Bisa Untung Besar

Berpeluang untung besar terutama di kawasan wisata, segini prediksi modal bisnis rental motor.
Pemudik sepeda motor tampak memadati Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, Bali Senin (3/6/2019)/Tim Jelajah Lebaran Jawa-Bali 2019
Pemudik sepeda motor tampak memadati Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, Bali Senin (3/6/2019)/Tim Jelajah Lebaran Jawa-Bali 2019

Bisnis.com, JAKARTA - Saat ini tengah ramai kebijakan turis dilarang sewa sepeda motor di Bali dan akan diberlakukan oleh Pemprov Bali.

Hal ini memicu keluhan para pengusaha kecil yang menyediakan jasa sewa sepeda motor.

Terutama di Bali sebagai kawasan wisata, bisnis rental motor dapat menjadi salah satu usaha yang menghasilkan uang dan banyak diminati karena lebih efisien untuk digunakan.

Motor memang dikenal menjadi salah satu transportasi mudah dan terandalkan. Selain efektif motor tergolong efisien untuk berpindah tempat. Jika dibandingkan dengan mobil, tentu motor lebih gampang dan mudah karena tidak menghadapi kemacetan yang panjang dan memakan waktu.

Bisnis rental motor ini dibilang cukup banyak diminati daripada mobil pasalnya, harga sewa yang ditawarkan lebih murah.

Untuk memulai bisnis rental motor ini memerlukan modal utama. Modal usaha utama dalam bisnis rental motor tentunya sepeda motor. Semakin banyak sepeda motor yang dimiliki tentu semakin baik. Untuk mendapatkan motor yang banyak tentu memerlukan modal yang banyak.

Berikut beberapa hal yang harus disiapkan saat memulai bisnis rental motor:

1. Tentukan target pasar

Tentukan target pasar Anda, jika berada di kawasan yang banyak dihuni oleh mahasiswa, maka sesuaikan dengan harga pasar mahasiswa. Jika membuka usaha ini berada di kawasan wisata yang ramai oleh Turis maka tentukan tarif yang diinginkan.

Menentukan target pasar sangatlah penting sebelum memulai menjalankan bisnis rental motor, dengan mengetahui target pasar artinya dapat mengetahui apa yang menjadi keinginan pelanggan dan harga sewa yang di patok.

2. Lokasi yang strategis

Lokasi sangat menentukan keberlangsungan usaha yang dijalani lancar atau tidak. Pilihlah lokasi yang strategis dan mudah dijangkau.

3. Modal usaha

Modal usaha untuk menjalankan bisnis rental motor ini tidak terlalu besar dapat dimulai dengan Rp15 juta untuk menjalankan usaha sewa motor.

Modal Rp15 juta anda sudah dapat membeli motor matic bekas seharga Rp2,5 juta. Jadi uang Rp15 juta akan mendapatkan 5 motor matic bekas dan sisa 2,5 juta untuk modal operasional usaha

4. Biaya perawatan

Untuk memulai bisnis rental motor tentu diperlukannya perawatan kendaraan, dengan sisa uang Rp2,5 juta dapat memakai Rp2 juta untuk biaya perawatan motor. Dimulai dari ganti oli motor, perawatan mesin, ban dll.

5. Biaya iklan

Memiliki sisa uang Rp500.000 dapat Anda gunkan untuk biaya iklan di social media untuk mempromosikan bisnis rental motor Anda.

Jika ingin membuka usaha bisnis rental motor tetapi tidak mempunyai uang, dapat dengan menyewakan motor pribadi Anda atau bergabung bersama teman yang memiliki bisnis serupa untuk mendapatkan keuntungan.

Untuk tarif rental motor masing-masing dibandrol dengan harga berbeda tergantung dengan lokasi sewa motor.
- Mahasiswa: Rp. 45 ribu perhari
- Jakarta: Rp. 50-70 ribu perhari
- Surabaya: Rp.45-50 ribu perhari
- Bandung: Rp. 50-70 ribu perhari
- Bali: Rp.50-125 ribu perhari.

Bisnis rental motor ini banyak diminati oleh warga lokal terutama pada daerah wisata salah satunya bali. Hal tersebut menjadi peluang bagi warga lokal untuk membuka bisnis rental motor.

Bali menjadi salah satu daerah yang banyak dikunjungi oleh turis mancanegara. Terkenal dengan keindahan alam, budaya serta makanannya tak heran jika bali menjadi salah satu daerah yang banyak diminati oleh wisatawan.

Bisnis rental motor di Bali ini merupakan salah satu bisnis yang menghasilkan uang bagi warga lokal pasalnya, banyak turis mancanegara yang menyewa motor untuk bepergian karena motor menjadi salah satu kendaraan yang efisien dan mudah.

Tidak perlu takut bisnis rental motor ini sepi karena pasti akan ada pelanggan wisatawan yang menyewa motor untuk berkeliling bali.

Gubernur bali larang turis asing untuk sewa motor lagi. Hal tersebut membuat pemasukan warga lokal dari hasil sewa motor terancam.

Pemerintah daerah bali akan mengesahkan aturan larangan turis asing di Bali untuk menyewa motor lantaran banyaknya turis asing yang melanggar peraturan lalu lintas.

Menurut Gubernur Bali, I Wayan Koster, wisatawan mancanegara akan dilarang menyewa sepeda motor. Aturan larangan tersebut akan disahkan dalam Peraturan Daerah (Perda) Bali. Turis tersebut nantinya tidak akan lagi menggunakan sepeda motor sewaan tetapi menggunakan mobil-mobil travel atau berjalan kaki.

Dari hasil data Polda Bali, terdapat 171 turis yang melanggar aturan lalu lintas dalam satu minggu, angkat tersebut sangat tinggi dalam periode tujuh hari.

Di sisi lain Kapolda Bali, Irjen Putu Jayan Danu Putra menegaskan pihaknya siap menindaklanjuti turis asing yang melanggar aturan dengan menaiki motor ugal-ugalan dan melanggar lalu lintas. Polda Bali juga turut serta memberikan edukasi kepada pebisnis rental motor ini.

“Edukasi juga kami lakukan kepada rental-rental penyedia kendaraan yang disewakan kepada turis-turis asing atau WNA yang ada di Bali untuk selalu mematuhi aturan lalu lintas”Ungkapnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper