Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Daftar Produk Makanan yang Paling Laku Dijual Secara Online via Tokopedia

Data internal Tokopedia mencatat adanya kenaikan di sejumlah kategori produk makanan, simak ulasannya.
Bisnis makanan beku yang tetap hangat saat pandemi virus corona (Covid-19)/istimewa
Bisnis makanan beku yang tetap hangat saat pandemi virus corona (Covid-19)/istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Selama kuartal I 2023, belanja online ternyata masih menjadi pilihan masyarakat Indonesia. Tokopedia mencatatkan frozen food menjadi makanan terbanyak dibeli.

Hal ini sesuai dengan laporan yang menunjukkan sekitar 80 persen konsumen digital akan mempertahankan bahkan meningkatkan penggunaan layanan digital pada 2023. Selama kuartal I/2023, belanja online ternyata masih menjadi pilihan masyarakat Indonesia. 

Hal ini sesuai dengan laporan yang menunjukkan sekitar 80 persen konsumen digital akan mempertahankan bahkan meningkatkan penggunaan layanan digital pada 2023. 

Head of Corporate Affairs Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya mengungkapkan transaksi produk makanan melesat tajam. Produk-produk makanan beku menjadi salah satu kategori yang sangat diminati oleh konsumen dalam platform dagang online.

Kepraktisan dan kemudahan yang ditawarkan oleh belanja online telah membuat konsumen semakin memilih untuk membeli makanan beku secara online, seperti daging dan seafood. 

 “Kami mencatat juga untuk makanan sarapan serta beras dan makanan kering (seperti beras shirataki dan kacang almond) masing-masing mengalami peningkatan transaksi lebih dari 3 kali lipat, lebih dari 4 kali lipat dan lebih dari 6 kali lipat,” jelasnya berdasarkan keterangan resmi, Kamis (11/5/2023). 

Beras shirataki sendiri merupakan jenis beras yang rendah karbohidrat dan rendah kalori, sehingga cocok untuk mereka yang ingin menjaga berat badan atau mengikuti pola makan tertentu. 

Sementara itu, kacang almond dikenal karena kandungan nutrisinya yang tinggi, termasuk lemak sehat, serat, dan protein.

Selain produk makanan dan minuman, perlengkapan kebersihan serta perawatan tubuh dan kecantikan juga menjadi beberapa produk yang paling laris dengan rata-rata peningkatan lebih dari tiga kali lipat, dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya. 

Produk seperti sabun cuci piring, pembersih kaca dan pengharum ruangan menjadi sejumlah produk perlengkapan kebersihan yang paling diburu masyarakat. Tercatat, terjadi peningkatan sebesar 3,5 kali lipat dibanding periode yang sama pada 2022. 

Selan itu, produk perawatan tubuh dan kecantikan juga seperti sampo, vitamin dan pengharum rambut) mengalami peningkatan transaksi sebesar hampir 2 kali lipat pada kuartal I/2023.

Peningkatan seumlah produk pun memiliki hubungan di mana, sejumlah wilayah turut mengalami peningkatan transaksi pada kuartal I/2023.

Hal ini ditunjukkan dengan Maluku Barat Daya (Maluku), Konawe Kepulauan (Sulawesi Tenggara) dan Lombok Utara (NTB) dengan rata-rata peningkatan transaksi antarpulau hampir 2,5 kali lipat

Sedangkan, Prabumulih (Sumatra Selatan), Pandeglang (Banten) dan Pemalang (Jawa Tengah) tercatat sebagai sejumlah wilayah dengan peningkatan transaksi menggunakan pengiriman same day dan instan paling tinggi dengan rata-rata peningkatan lebih dari 7,5 kali lipat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Arlina Laras
Editor : Ibad Durrohman
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper