Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Aplikasi AI yang Bisa Membantu Fokus Pada Pekerjaan

Ada banyak alat dan aplikasi AI yang dirancang untuk membantu Anda menerapkan sistem yang bekerja dengan mulus.
Ilustrasi pekerja di depan komputer/Dok. unsplash
Ilustrasi pekerja di depan komputer/Dok. unsplash

Bisnis.com, JAKARTA - Beberapa orang mungkin sulit memprioritaskan pekerjaannya karena beberapa alasan. Mungkin karena sulit fokus atau bingung karena terlalu banyak pekerjaaan.

Dilansir dari Life Hack, Sabtu (19/8/2023), AI memiliki sistem manajemen waktu adalah kunci emas untuk produktivitas. Sebanyak 82 persen orang yang goyah akan prioritasnya beroperasi tanpa sistem tersebut. Mereka tidak menyusun strategi atau mengatur, mereka hanya bertahan hidup dengan daftar tugas atau kotak masuk email mereka sebagai penyelamat darurat.

Hal itu mungkin menjadi alasan mengapa begitu banyak orang terus-menerus merasa kekurangan waktu, seperti selalu berusaha menyelesaikan tugas dan terus-menerus mengejar waktu. Ada banyak alat dan aplikasi langsung yang dirancang untuk membantu Anda menerapkan sistem yang bekerja dengan mulus.

Simak perangkat AI untuk membantu fokus memprioritaskan pekerjaan:

1. Hive

Hive merupakan perangkat dasbor yang memiliki banyak hal, seperti surel, catatan, dan list. Perangkat ini beroperasi sebagai alat manajemen proyek yang komprehensif yang memungkinkan tim untuk memvisualisasikan tugas, mendelegasikan, berkomunikasi, dan melacak kemajuan.

Salah satu fitur menonjolnya adalah "Action Card" yang mengubah percakapan secara langsung menjadi tugas yang dapat ditindaklanjuti, memastikan bahwa keputusan penting secara otomatis diubah menjadi item prioritas. Perangkat ini juga bisa memudahkan tim mengerjakan dokumen secara bersamaan.


2. ClickUp

Sama seperti Hive, ClickUp dirancang untuk menjadi platform manajemen tugas yang fleksibel dan menawarkan tampilan yang dapat disesuaikan mulai dari papan, daftar, kotak, dan lainnya. Ada fitur “Prioritas” yang memudahkan penggunanya menandai tugas mendesak, tinggi, sedang, atau rendah. Perbedaan ini memungkinkan tim untuk segera fokus pada apa yang paling membutuhkan perhatian mereka.


3. Scoro

Scoro menonjol sebagai perangkat lunak manajemen kerja yang memberikan solusi gabungan untuk proyek, penjualan, penagihan, dan laporan. Terdapat fitur yang secara visual menampilkan tugas, tenggat waktu, dan ketersediaan tim di satu tempat. Keuntungan unik dari Scoro adalah customer relationship management (CRM) terintegrasi yang membantu menjembatani tugas penjualan dengan proyek yang sedang berjalan.


4. Reveall

Reveall menawarkan wawasan berbasis AI ke dalam tugas dan pola kerja Anda. Perangkat ini menganalisis kebiasaan dan pola Anda sehingga dapat menyarankan pengurutan tugas yang selaras dengan gaya produktivitas pribadi. Perangkat ini membantu menjadikan prioritas lebih intuitif dan disesuaikan untuk Anda.


5. airfocus

airfocus merupakan cara yang jelas untuk memprioritaskan tugas menggunakan matriks nilai versus matriks usaha. Tugas diberi skor nilai dan upaya, lalu airfocus secara visual menempatkannya dalam sebuah matriks yang mengilustrasikan prioritas Anda. Sangat penting untuk secara teratur memperbarui skor nilai dan upaya seiring berkembangnya tugas.


6. Craft.io

Craft.io adalah platform manajemen produk yang menawarkan rangkaian alat yang komprehensif untuk merencanakan, meneliti, dan membangun produk. Terdapat fitur bernama ‘Story Mapping; yang memvisualisasikan fase pengembangan produk dan menyoroti tahapan paling kritis sehingga dapat membantu tim memprioritaskan secara efektif. Di sini juga terdapat alat pengembangan, seperti Zendesk, Slack, dan Github.


7. Aha!

Aha! berfungsi sebagai perangkat lunak yang memfasilitasi tim dalam mengklarifikasi tujuan, menetapkan strategi, dan mengelola rilis. Aha! dapat menghubungkan tugas secara langsung dengan tujuan perusahaan dan memastikan bahwa setiap orang dalam tim memahami dan selaras dengan prioritas menyeluruh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper