Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Manfaat dan Keuntungan Berjualan di TikTok Shop

Penjual yang menggunakan aplikasi Tiktok Shop, maka produknya akan dilihat banyak orang.
Produk TikTok Shop yang paling laris dalam sepekan terakhir September/tangkapan layar/Novita Sari Simamora
Produk TikTok Shop yang paling laris dalam sepekan terakhir September/tangkapan layar/Novita Sari Simamora

Bisnis.com, JAKARTA – TikTok Shop bukan sekadar fitur dari platform media sosial TikTok, tapi juga ajang yang menawarkan peluang yang memungkinkan para pengguna, kreator, pebisnis, brand untuk menawarkan produknya secara langsung.

Meskipun akhir-akhir ini TikTok disoroti merugikan UMKM, pada faktanya TikTok memberi keuntungan dalam bisnis belanja secara online.

Dilansir dctagency.com (30/9/2023) TikTok Shop memberikan manfaat mempermudah penjual maupun pembeli. Tiktok memberi peluang bisnis berkembang dengan pesat. Produk yang jual akan dilihat banyak orang, terutama jika penjual sering melakukan live streaming TikTok Shop.

TikTok dapat membaca algoritma akun sehingga live akan ditampilkan ke banyak orang. Hal ini membuat produk akan mengalami peningkatan penjualan yang signifikan. Selain itu, pembeli juga dipermudah berbelanja langsung dengan harga terjangkau tanpa harus berpergian ke lokasi penjualan.

Dilansir berbagai sumber, berikut keuntungan penggunaan TikTok Shop:

1. Akses ke Jutaan Pengguna Aktif

TikTok telah menjadi fenomena global dengan jutaan pengguna aktif di seluruh dunia. Dengan berjualan di TikTok Shop, kamu memiliki akses langsung ke jutaan calon pengguna yang siap melihat dan membeli produk. Basis pengguna yang besar ini memberikan peluang luar biasa untuk meningkatkan penjualan dan memperluas jangkauan bisnis.

2. Platform Interaktif dan Kreatif

TikTok Shop memberi kamu platform interaktif dan kreatif untuk memamerkan produk. Kamu bisa membuat konten video pendek yang menarik dengan berbagai fitur kreatif yang disediakan TikTok. Hal ini memungkinkan kamu menampilkan produk dengan cara yang unik dan menghibur, menarik minat pengguna dan membangun hubungan yang lebih kuat dengan calon audiens.

3. Viralitas Tinggi

Salah satu daya tarik utama TikTok adalah potensi viralitasnya. Konten yang menarik dan unik berpeluang besar mendapatkan popularitas dengan cepat. Dengan berjualan di TikTok Shop, kamu dapat memanfaatkan potensi ini untuk meningkatkan visibilitas produk secara signifikan. Jika konten berhasil menarik perhatian pengguna TikTok, produk bisa menjadi viral dan menjangkau khalayak lebih luas dalam waktu singkat.

4. Dukungan Fitur Belanja Langsung

TikTok Shop menawarkan fitur belanja dalam aplikasi yang memungkinkan pengguna membeli produk langsung dari aplikasi TikTok. Hal ini memudahkan pengguna untuk melihat, memilih dan membeli produk tanpa meninggalkan platform. Dengan fitur ini, kamu dapat meningkatkan konversi penjualan dengan mengurangi hambatan pengguna dalam melakukan transaksi.

5. Potongan Penjualan Rendah

Setiap platform penjualan umumnya mengenakan tarif potongan. TikTok merupakan salah satu platform yang menerapkan potongan rendah.

Untuk 90 hari pertama, potongan penjualan di TikTok sebesar 1,8% dan setelah melewati 90 hari, potongan yang ada akan meningkat menjadi 5%

6. Kolaborasi dengan Influencer dan Calon Kolaborator

TikTok memiliki jaringan influencer yang luas dan berpengaruh yang memberi kamu kesempatan untuk berkolaborasi dengan influencer populer yang dapat membantu memperluas jangkauan bisnis dan memperkuat positioning merek. Selain itu, TikTok juga memungkinkan kolaborasi dengan pengguna lain melalui fitur duet dan stitching. Hal ini membuka peluang untuk bekerja sama dengan pengguna TikTok yang memiliki minat atau target pasar yang mirip dengan bisnis.

7. Tingkat Konversi yang Tinggi

Kelebihan TikTok Shop adalah berkembang pada platform video, sehingga tingkat konversinya akan lebih tinggi dibandingkan bentuk konten seperti gambar dan teks karena lebih membawa emosi kepada pemirsa dan mudah menciptakan permintaan bagi konsumen. Oleh karena itu, penjual harus bersiap menghadapi ledakan pesanan kapan saja setelah memposting konten jika konten tersebut menjadi viral.

8. Waktu Berbelanja Lebih Singkat

TikTok Shop akan menghemat banyak waktu dan tenaga pengguna. Pengguna dapat dengan mudah mengklik link yang mengarah langsung ke halaman pembelian produk TikTok Shop karena link toko terpasang langsung pada video.

Perbedaan paling signifikan dari versi sebelumnya adalah aktivitas pembelian dan pembayaran akan terintegrasi sepenuhnya, sehingga pelanggan tidak perlu berpindah ke aplikasi atau platform lain untuk menyelesaikan prosesnya. Hal ini juga meningkatkan pengalaman pembelian bagi pelanggan dengan menurunkan waktu tunggu dan “hang” saat berpindah antar aplikasi. (Maria Elfika Simplisia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper