Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Deretan Tokoh Ternama Dunia yang Dukung Palestina hingga Salurkan Donasi

Sederet selebritis dan tokoh ternama dunia menyatakan dukungan hingga memberikan donasi kepada Palestina
Asap mengepul di Gaza, terlihat dari Israel selatan, di tengah konflik yang sedang berlangsung antara Israel dan kelompok Palestina Hamas, 16 November 2023. REUTERS/Alexander Ermochenko
Asap mengepul di Gaza, terlihat dari Israel selatan, di tengah konflik yang sedang berlangsung antara Israel dan kelompok Palestina Hamas, 16 November 2023. REUTERS/Alexander Ermochenko

Bisnis.com, JAKARTA -- Ketegangan antara Israel dan Palestina masih terus berlangsung hingga hari ini. Israel melayangkan serangan bertubi-tubi ke Gaza, Palestina usai Hamas mengirim serangan ke Israel pada 7 Oktober 2023. 

Setelah lebih dari sebulan dihantam serangan brutal oleh Israel, lebih dari 11.000 nyawa masyarakat Gaza melayang, lebih dari 60 persennya adalah wanita dan anak-anak. 

Menyusul aksi Israel itu, banyak selebriti dan tokoh-tokoh ternama di dunia yang melayangkan dukungannya terhadap Palestina, dan turut menyuarakan kepada para pengikut mereka di media sosial untuk mendukung pihak yang benar berdasarkan sejarah negaranya. 

Di antara para orang terkenal ada nama Model Palestina-Amerika, Gigi Hadid, yang telah membagikan pernyataan tentang konflik tersebut di Instagram.

Gigi Hadid dan kakaknya, Bella, sudah sering bersuara untuk mendukung warga Palestina. Di Instagram pada 2021, Gigi Hadid membagikan ulang grafik bertuliskan "Anda Tidak Akan Menghapus Palestina", bersama dengan postingan tentang konflik yang dibuat oleh jurnalis dan aktivis Noor Tagouri.

Penyanyi Dua Lipa, yang saat itu juga tengah menjalin hubungan dengan adik laki-laki Hadid bersaudara, Anwar Hadid, menunjukkan dukungannya dengan membagikan tagar #SaveSheikhJarrah ke Instagram Stories-nya, bersama dengan karya seni dari duo desainer Mothanna Hussein dan Hadi Alaeddin.

Sejumlah selebriti lain juga telah menyatakan dukungannya terhadap rakyat Palestina dalam beberapa tahun terakhir.

Mantan penyanyi One Direction, Zayn Malik, juga pernah menyatakan pendiriannya pada 2014, ketika dia memposting tagar "#FreePalestine" yang sering digunakan di akun Twitternya (sekarang X).

Musisi Rihanna dan pemain bola basket Dwight Howard juga membagikan tagar yang sama di X. Namun, menurut Vox, kedua bintang tersebut kemudian menghapus postingan mereka.

Selain itu, Mohammed Salah, pemain sayap asal Mesir untuk Liverpool, mendapat kecaman karena membahas konflik yang sedang berlangsung di Palestina secara terbuka, oleh karena itu dia dikabarkan memberikan donasi ke Gaza melalui Egyptian Red Crescent.

Hal itu dibenarkan oleh laman resmi Egyptian Red Crescent yang kemudian mengucapkan terima kasih kepada Salah atas sumbangannya.

Selain itu, bendera Palestina juga kini menjadi gambar profil Instagram Mohamed Elneny, bintang sepak bola, gelandang asal Mesir yang juga mendukung perjuangan Palestina.

Dia pernah membagikan foto-foto yang menampilkan bendera Palestina. Dalam keterangan yang menyertainya, dia menulis: “hatiku dan jiwaku serta dukunganku untukmu Palestina.”

Kemudian, beberapa pemain bola lainnya seperti Benzema, Mesut Ozil, Eric Cantona, hingga Jules Kounde juga kerap menunjukkan dukungan mereka terhadap Palestina melalui akun-akun media sosialnya. 

Selain Salah, beberapa pihak lain yang turut memberikan sumbangan kepada Palestina. Yayasan Minderoo milik Miliarder asal Australia, Andrew Forrest, juga telah menyumbangkan US$10 juta untuk mendukung bantuan kemanusiaan di Gaza.  

Forrest mengatakan donasi yang diberikan akan disalurkan ke badan-badan PBB dan Médecins Sans Frontières (Dokter Lintas Batas).

“Rakyat Gaza sudah sangat menderita. Kami merasakan tanggung jawab pemerintah Australia untuk melakukan apa yang kami bisa untuk mencegah percepatan tragedi kemanusiaan ini, di mana keluarga-keluarga yang tidak bersalah terjebak dalam baku tembak mematikan yang bukan merupakan tindakan mereka,” kata Forrest dalam sebuah pernyataan.

Bantuannya disebut bisa menjadi modal yang khusus untuk membantu warga sipil yang tidak ingin terlibat dalam perang ini untuk mendapatkan kehidupan normal semampu mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper