Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Atlet Wanita dengan Bayaran Tertinggi di Dunia Sepanjang 2023

Sederet atlet wanita dengan bayaran tertinggi sepanjang 2023, olahraga tenis mendominasi
Iga Swiatek
Iga Swiatek

Bisnis.com, JAKARTA -- Profesi sebagai olahragawan tak hanya milik kaum pria saja. Wanita pun bisa membuktikan mereka bisa mendapat bayaran tinggi dari profesi tersebut. 

Tahun ini, dengan pensiunnya Serena Williams dan Naomi Osaka yang absen selama setahun karena pemulihan dari cedera dan kemudian melahirkan, membuat daftar atlet wanita dengan bayaran tertinggi di dunia tahun ini diisi oleh pemain baru. 

Mengutip daftar Forbes, posisi pertama tahun ini diisi oleh bintang tenis Polandia berusia 22 tahun Iga Świątek, yang diperkirakan mengantongi pendapatan hingga US$23,9 juta pada 2023. Sejak Forbes meluncurkan daftar ini pada 2008, Maria Sharapova adalah satu-satunya wanita selain Williams dan Osaka yang pernah mengklaim mahkota tersebut. 

Dia menduduki peringkat satu selama delapan tahun berturut-turut hingga Williams mengambil alih posisi tersebut pada 2016.

Tahun ini jadi yang luar biasa bagi Świątek termasuk gelar tunggal putri di French Open. Dia juga mendapatkan empat kesepakatan dukungan endorsement baru sepanjang tahun ini. 

Bukan kebetulan, tapi sembilan dari 10 atlet teratas dalam daftar ini berasal dari olahraga tenis, yang menawarkan hadiah uang yang cukup besar dan peluang pemasaran yang luas bagi para atlet wanita.

Pada cabang olahraga lain, golf dan sepak bola masing-masing memiliki dua atlet yang mewakili dalam 20 besar tahun ini, dengan bulu tangkis, bola basket, senam, dan ski gaya bebas melengkapi daftar dengan masing-masing satu atlet.

Jika digabungkan, 20 wanita berpenghasilan tertinggi diperkirakan menghasilkan US$226 juta pada 2023. Angka tersebut turun 13 persen dari US$258 juta pada 2022, namun penurunan tersebut hampir seluruhnya disebabkan oleh hilangnya Williams dalam daftar, yang menghasilkan US$41,3 juta dalam daftar tahun lalu, dan pendapatan Osaka yang anjlok menjadi US$15 juta dari US$51,1 juta pada tahun lalu di tengah hiatus yang berkepanjangan.

Secara keseluruhan, olahraga wanita terus berkembang pesat tahun ini, dengan National Women's Soccer League dan sepak bola internasional mencatat jumlah penonton tertinggi. 

Namun, tak bisa dipungkiri bahwa gaji atlet wanita masih tertinggal jauh dibandingkan gaji atlet pria. 20 atlet pria teratas dalam peringkat Forbes tahun ini, yang diterbitkan pada bulan Mei, total pendapatannya mencapai US$1,9 miliar, lebih dari delapan kali lipat penghasilan 20 atlet wanita teratas

Berikut ini 20 atlet wanita dengan bayaran tertinggi sepanjang tahun ini versi Forbes:

1. Iga Świątek (US$23,9 juta)

OLAHRAGA: TENIS

KEBANGSAAN: POLANDIA 

USIA: 22 

Świątek menutup 2023 dengan gelar di Final WTA dan peringkat tunggal No. 1 akhir tahun, mendapatkan Penghargaan Pemain Terbaik WTA kedua berturut-turut. Di usianya yang baru 22 tahun, dia kini telah menghabiskan 82 minggu di peringkat 1, peringkat ke-10 terbanyak dalam sejarah WTA, dan peringkat ke-14 dalam daftar hadiah uang sepanjang kariernya dengan hampir US$25 juta.  

Di luar lapangan, Świątek memperkuat portofolio dukungannya tahun ini dengan Visa, On shoes and apparel, dan perusahaan minuman olahraga dan teknologi informasi Oshee Infosys, di atas empat kemitraan yang sudah ada.

2. Eileen Gu (US$22,1 juta)

OLAHRAGA: SKI GAYA BEBAS

KEBANGSAAN: CINA

USIA: 20

Gu, yang lahir di San Francisco namun mewakili China dalam kompetisi, adalah atlet Olimpiade langka yang bisnisnya tidak anjlok di antara Olimpiade. Pemain ski dan model gaya bebas ini memiliki sponsor jangka panjang di seluruh dunia, dengan merek-merek termasuk Mengniu Dairy dan pembuat pakaian olahraga Anta di China serta Louis Vuitton dan Victoria’s Secret di Barat.  

Gu, yang baru pulih dari cedera lutut, kembali berkompetisi pada bulan Desember ini, memenangkan event halfpipe di China dan Colorado dalam aksi Piala Dunia pertamanya dalam 11 bulan.

3. Coco Gauff (US$21,7 juta)

OLAHRAGA: TENIS

KEBANGSAAN: AS

USIA: 19

Terobosan Grand Slam di US Open pada September lalu dapat mendorong Gauff ke level baru sebagai seorang pitchwoman, tetapi dia sudah melakukannya dengan baik di sisi pemasaran, menandatangani kontrak tahun ini dengan Baker Tilly, Bose dan UPS.  

Dikenal luas sebagai penggemar pahlawan super Marvel, Gauff yang berusia 19 tahun muncul dalam iklan untuk film The Marvels tahun 2023 dan menghiasi sampul edisi terbatas buku komik Invincible Iron Man. 

Di lapangan, Gauff berada di peringkat 3 tertinggi dalam kariernya di nomor tunggal setelah memenangkan empat turnamen WTA tahun ini.

4. Emma Raducanu (US$15,2 juta)

OLAHRAGA: TENIS

KEBANGSAAN: INGGRIS 

USIA: 21

Raducanu membangun salah satu portofolio dukungan paling berharga dalam tenis setelah dia memenangkan US Open 2021 pada saat usia 18 tahun, dengan merek-merek berbondong-bondong mencari pemain yang mereka pikir bisa menjadi bintang di tahun-tahun mendatang. 

Namun, sejak itu, dia harus menghadapi serangkaian cedera dan penyakit, sehingga peringkat dunianya turun ke peringkat 299, dari peringkat tertinggi 10 pada 2022. Raducanu juga berpisah dengan lima pelatih dalam waktu sekitar dua tahun.

5. Naomi Osaka (US$15 juta)

OLAHRAGA: TENIS

KEBANGSAAN: JEPANG 

USIA: 26

Osaka, yang melahirkan seorang putri pada Juli, belum pernah bermain tenis kompetitif lagi sejak September 2022 tetapi dia tengah mempersiapkan diri untuk kembali tampil di Brisbane sebagai persiapan untuk Australia Open bulan depan.  

Sementara itu, dia telah memperluas ke kategori pemasaran baru dengan menandatangani kesepakatan sponsor dengan susu formula bayi Bobbie dan Crate & Kids, dan perusahaan medianya, Hana Kuma, dan mengumpulkan US$5 juta pada April saat perusahaan tersebut memisahkan diri dari SpringHill Co.

6. Aryna Sabalenka (US$14,7 juta)

OLAHRAGA: TENIS

KEBANGSAAN: BELARUS

USIA: 25

7.  Jessica Pegula (US$12,5 juta)

OLAHRAGA: TENIS

KEBANGSAAN: AS

USIA: 29

8. Venus Williams (US$12,2 juta)

OLAHRAGA: TENIS

KEBANGSAAN: AS

USIA: 43

9. Elena Rybakina (US$9,5 juta)

OLAHRAGA: TENIS

KEBANGSAAN: KAZAKHSTAN 

USIA: 24

10. Leylah Fernandez (US$8,8 juta)

OLAHRAGA: TENIS

KEBANGSAAN: KANADA 

USIA: 21

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper