Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ciputra Way: Jaga Semangat dan Percaya Diri

Entreperenur sejatinya manusia yang memiliki kecakapan mengubah kotoran dan rongsokan menjadi emas.

Bisnis.com, JAKARTA - Beberapa waktu lalu, di Grand Ballroom Hotel Grand Preanger Bandung,  digelar sebuah acara talk show dengan judul ‘Quantum Leap’. Saat itu, persoalan krisis ekonomi menjadi sorotan. Ada ketakutan yang begitu mendera dari peserta. Bahkan, lebih jauh dari itu, ketakutan bahwa Indonesia akan menjadi negeri miskin. Pengangguran di mana-mana.

Solusi yang ditawarkan, tidak banyak. Krisis, bukan hanya melumpuhkan kerja pemerintah. Lebih jauh dari itu, dunia usaha pun akan tergerus hingga akhirnya menyisakan gedung kosong dan mesin pabrik yang teronggok menjadi besi tua. Asap pabrik pun berhenti mengepul.

Saat ini, Indonesia mulai mewaspadai kondisi ekonomi dunia yang kembali akan menuju ke arah pelemahan. Pasalnya, tahun depan, AS akan menurunkan program stimulus ekonominya. Indonesia pun mulai berancang-ancang akan menerapkan kebijakan ekonmi uang ketat.

So, jika demikian, siapa yang mampu membangkitkan ekonomi negeri? Entreperenur sejatinya manusia yang memiliki kecakapan mengubah kotoran dan rongsokan menjadi emas.

Manusia seperti itulah yang bakal mampu mengubah wajah bangsa ini. Bahasa yang pernah dipaparkan Ciputra Way adalah saat krisis, entrepreneur yang mampu mengambil langkah maju menuju sukses.  Sebab mereka memiliki semangat tinggi, keinginan untuk maju yang besar dan percaya diri.

Entreprenur dapat menjadi pelopor dalam pembangunan Indonesia. Adanya rasa keinginan yang kuat dapat membantu masyarakat Indonesia untuk bangkit dan membuka lapangan kerja bagi yang membutuhkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper