Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ENTREPENEUR: Ubah mindset generasi muda

MAKASSAR: Generasi muda sekarang dinilai akan lebih baik mengubah cara pikirnya untuk tidak hanya mencari pekerjaan setelah menyelesaikan pendidikan, tetapi memilih menjadi wirausaha sekaligus menjadi pencipta lapangan kerja, ungkap pejabat pemerintah. “Kita

MAKASSAR: Generasi muda sekarang dinilai akan lebih baik mengubah cara pikirnya untuk tidak hanya mencari pekerjaan setelah menyelesaikan pendidikan, tetapi memilih menjadi wirausaha sekaligus menjadi pencipta lapangan kerja, ungkap pejabat pemerintah. “Kita ingin mendorong generasi muda menjadi wirausaha muda, meski masih menjalani pendidikan. Mereka hendaknya sudah berpikir menjadi wirausaha,” kata Menteri Koperasi dan UKM Sjarifuddin Hasan saat membuka peningkatan kapasitas SDM koperasi dan usaha mikro, kecil dan menengah (KUMKM) di Makassar (Rabu, 9 Mei 2012). Dia juga menginginkan agar pertanyaan di antara sesama mahasiswa juga berubah. Selama ini pertanyaan sangat umum, yakni kapan menyelesaikan pendidikan. Menteri Koperasi dan UKM menginginkan pertanyaan itu diganti dengan kapan menjadi wirausaha. Dengan demikian mahasiswa sudah mempunyai pola pikir positif untuk menjadi seorang wirausaha muda sejak awal dan andal. Sebab, katanya, seorang wirausaha pada dasarnya memiliki kemampuan optimal menciptakan peluang usaha. Dan itu dimiliki alumnus perguruan tinggi. Karena itu mereka diharapkan mampu mentransformasikan ilmu kewirausahaan yang telah diraih melalui strata ilmu dari jalur pendidikan perguruan tinggi. Apabila harapan itu bisa direalisasi para mahasiswa maupun alumnusnya, maka makin meningkatkan pertumbuhan ekonomi negara. Oleh karena itu, Sjarifuddin Hasan menegaskan pendidikan dan pelatihan yang dilaksanakan Deputi Bidang Pengembangan Sumberdaya Manusia Kementerian Koperasi dan UKM sangat strategis untuk melibatkan kaum generasi muda membangun perekonomian Indonesia. “Secara spesifik untuk membangun perekonomian Provinsi Sulawesi Selatan, karena yang ditingkatkan kapasitasnya adalah kamum generasi muda dari Sulawesi Selatan,” tukas Sjarifuddin Hasan kepada peserta yang juga dihadiri Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin. Pada kesempatan sama Sjarifuddin Hasan melakukan penandatanganan kesepakatan atau nota kesepahaman dengan Universitas Muslim Makassar untuk meningkatkan program kewirausahaan. Perguruan tinggi tersebut bahkan akan dijadikan sebagai pusat inkubator bisnis untuk provinsi Sulawesi Selatan. Kepada Rektor Universitas Muslim Indonesia Masrurah Mukhtar, Sjarifuddin Hasan mengatakan supaya segera melaksanakan action plan atau tindakan lebih konkret untuk mengembangkan program kewirausahaan melalui institusi yang dipimpinnya. (arh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper