Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

PERIKANAN BUDIDAYA: Kerapu dan Kakap Jadi Andalan

BISNIS.COM, LOMBOK TENGAH-Kementerian Kelautan dan Perikanan menjadikan Ikan Kerapu dan Kakap sebagai andalan budidaya ikan laut saat ini.
Yoseph Pencawan
Yoseph Pencawan - Bisnis.com 30 Mei 2013  |  11:11 WIB

BISNIS.COM, LOMBOK TENGAH-Kementerian Kelautan dan Perikanan menjadikan Ikan Kerapu dan Kakap sebagai andalan budidaya ikan laut saat ini.

Dirjen Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan & Perikanan Slamet Soebjakto mengatakan, kementeriannya berupaya menggenjot produksi perikanan,  khususnya budidaya laut.

Komoditas yang diandalkan dari sektor budidaya laut (mariculture) selain Kerapu adalah Kakap Putih, Bawal Bintang, Bandeng, Lobster dan Rumput Laut.

Di samping Kerapu, produksi ikan laut yang akan yang akan dipacu adalah kakap.

"Pada tahun ini, Kementerian Kelautan dan Perikanan menargetkan produksi Ikan Kakap dapat mencapai 7.500 ton," katanya di Lombok Tengah, Kamis (30/5/2013).

Target itu pun menurutnya sangat mungkin dicapai, bahkan masih dapat ditingkatkan.

Karena di samping teknologinya telah dikuasai sejak memproduksi benih sampai dengan pembudidayaannya, ketersediaan lahan budidaya juga masih sangat luas, seperti di kawasan Lombok Tengah.

Pola kerjasama dan kemitraan antara pembudidaya dan mitra juga terus didorong oleh KKP untuk meningkatkan produksi melalui intensifikasi.(yop)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kerapu kakap budidaya
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

BisnisRegional

To top