Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Memotivasi Karyawan

Bisnis.com, JAKARTA – Suasana kerja harus dibangun ke arah yang menyenangkan. Namun, tidak banyak perusahaan yang mampu menciptakan suasana tersebut.

Bisnis.com, JAKARTA – Suasana kerja harus dibangun ke arah yang menyenangkan. Namun, tidak banyak perusahaan yang mampu menciptakan suasana tersebut.

Bahkan, demi mengejar keuntungan, banyak perusahaan yang hanya menciptakan para karyawan melulu ke arah bekerja dan bekerja. Tidak hirau pada menciptakan suasana yang mampu mendorong semangat bekerja para karyawan seperti dilansir Wikihow.

1. Ciptakan suasana yang menyenangkan, maka karyawan  akan menghabiskan sebagian besar hidup mereka bekerja di kantor, sehingga harus dicoba untuk membuat tampilan kantor sebagai ramah dan menarik mungkin.

Jika tercipta  suasana yang ramah dan nyaman bagi karyawan Anda,  mereka akan lebih bersemangat untuk pergi bekerja setiap hari. Berikut adalah cara untuk melakukannya:

  • Menciptakan ruang yang tidak terlalu sempit. Apakah karyawan Anda merasa seperti mereka memiliki ruang untuk berjalan-jalan dan bernapas, atau  mereka seperti berdesakan bagai ikan sarden? Semakin mereka merasa bebas untuk bergerak, semakin bahagia mereka akan merasa.
  • Pastikan suhu di kantor tidak diatur terlalu panas atau terlalu dingin. Karyawan Anda tidak akan termotivasi jika mereka seperti dalam proses pembekuan atau begitu panas bahwa mereka tidak bisa fokus.
  • Buat suasana yang menyenangkan melalui pencahayaan. Meskipun Anda mungkin tidak dapat membantu jika kantor Anda memiliki lampu neon yang keras, Anda bisa membuat perbedaan besar dengan memasang lampu rendah-watt beberapa yang  memudahkan  mata.
  • Pastikan karyawan Anda memiliki banyak cahaya alami dan posisi mereka di samping jendela. Mereka akan cenderung merasa tertahan jika mereka dekat cahaya dan udara segar.
  • Jika lingkungan Anda lebih santai, Anda dapat mengatur lebih santai furnitur di kantor dan memberitahu karyawan Anda bahwa mereka bisa bekerja di sana dari waktu ke waktu juga, jika mereka tidak harus terpaku di meja mereka.

2. Manfaatkan dinding ruangan. Karyawan akan menghabiskan banyak waktu menatap dinding. Sebab itu tempat yang bagus untuk menangkap perhatian mereka dan memotivasi mereka melakukan pekerjaan yang lebih baik.

Berikut beberapa hal yang dapat ditempatkan di dinding kantor:

  • Memasang papan buletin di mana orang dapat posting gambar, kartu ulang tahun, dan informasi pribadi yang relevan yang mereka ingin berbagi dengan rekan kerja mereka. Ini akan membuat orang merasa lebih santai dan nyaman, dan mereka bahkan mungkin tersenyum ketika mereka mengintip papan.
  • Kenali karyawan yang luar biasa. Meskipun Anda tidak harus memposting "karyawan bulan" di dinding Anda, Anda dapat memposting pemberitahuan kecil atau menulis prestasi seseorang pada papan tulis untuk seluruh kantor untuk melihat.
  • Jika perusahaan Anda akan kuat, memasang beberapa poster yang menunjukkan kemajuan perusahaan untuk memotivasi para karyawan untuk melakukan pekerjaan yang baik.
  • Anda dapat memasang slogan motivasi beberapa, tapi jangan berlebihan. Anda tidak ingin karyawan Anda memutar mata mereka di slogan   yang terlalu-antusias.
  • Menggantung beberapa foto yang mudah dilihat  mata. Jangan memasang poster keras dan norak, melainkan meluangkan waktu untuk memasang beberapa foto atau lukisan yang meningga

3. Gunakan makanan sebagai insentif. Jangan meremehkan kekuatan memiliki beberapa makanan di sekitar kantor. Orang akan jauh lebih bersemangat untuk datang ke bekerja jika mereka tahu bahwa akan ada beberapa makanan menunggu mereka.

Berikut adalah trik beberapa makanan yang akan memotivasi karyawan Anda:

  • Jauhkan dapur diisi dengan teh dan kopi sehingga karyawan Anda menghabiskan lebih banyak waktu berkeliaran di kantor bukannya melangkah keluar untuk minum kopi.
  • Membawa bagel dan donat untuk sarapan sekali dalam  seminggu atau sebulan. Ini akan mendapatkan karyawan Anda untuk datang ke kantor lebih awal dan menghabiskan lebih banyak waktu di sana.
  • Memesan pizza untuk makan siang sekali-sekali. Anda bahkan dapat melembagakan "hari pizza " sebulan sekali.
  • Memiliki makanan ringan di kantor. Membuat popcorn, membawa keripik  atau panggang brownies.
  • Menyatakan hari seadanya. Ini adalah cara murah untuk memberikan semua orang sesuatu yang baik untuk makan, dan memiliki orang-orang berbicara.
  • Membawa kue atau cupcakes pada hari ulang tahun karyawan.
  • Ciptakan lingkungan yang meriah melalui makanan. Caranya, membawa makanan pada hari-hari perayaan a.l. dodol saat HUT Kota tempat perusahaan berada.
  • Hanya ingat  memiliki pilihan sehat juga tersedia. Beberapa orang menambah berat badan ketika mereka mulai bekerja di kantor yang  banyak pilihan makanan.

4. Institut santai melalui hari gaun. Hari gaun kasual akan membuat orang lebih bersemangat untuk pergi bekerja, dan akan membuat mereka merasa lebih nyaman di lingkungan kerja. Anda dapat melembagakan Jumat Kasual, misalnya, atau secara acak memilih untuk menambahkan hari kasual ekstra pada kalender.

  • Anda bahkan dapat membuat hari-hari pakaian kasual dengan tema. Jika Liverpool akan datang, mereka mengenak jersey Liverpool.
  • Pakaian kasual Anda juga dapat digunakan untuk menyoroti liburan mendatang ketika waktunya tepat. Selama Lebaran,  orang bisa memakai baju koko  atau orang-orang bisa memakai oranye dan hitam di sekitar Halloween.

Baca juga:

- Ini Tips Mempertahankan Pekerjaan (1)

-Ini Tips Mempertahankan Pekerjaan (2)

-Ini Tips Mempertahankan Pekerjaan (3)

-Ini Tips Mempertahankan Pekerjaan (4-Habis)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper