Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hari Batik Nasional, Ini Agenda Kegiatan Indosat

Bisnis.com, JAKARTA  – Guna mendukung pelestarian dan pengembangan batik Indonesia, bertepatan dengan peringatan Hari Batik Nasional 2013, Rabu (2/9) Indosat meluncurkan voucher isi ulang edisi khusus batik.
Bambang Supriyanto
Bambang Supriyanto - Bisnis.com 02 Oktober 2013  |  20:07 WIB
Hari Batik Nasional, Ini Agenda Kegiatan Indosat

Bisnis.com, JAKARTA  – Guna mendukung pelestarian dan pengembangan batik Indonesia, bertepatan dengan peringatan Hari Batik Nasional 2013, Rabu (2/9) Indosat meluncurkan voucher isi ulang edisi khusus batik.

Setiap pembelian voucher isi ulang ini akan disisihkan sebesar Rp150 per voucher untuk  disumbangkan kepada  industri batik Indonesia, tanpa memotong pulsa pelanggan.

Peluncuran voucher isi ulang edisi batik ini merupakan bentuk dukungan Indosat bersama pelanggan setianya terhadap pelestarian dan pengembangan batik Indonesia sebagai salah satu warisan budaya bangsa yang diakui dunia internasional.

"Program ini juga merupakan salah satu cara Indosat mengekspresikan rasa cinta untuk negeri," ujar Alexander Rusli, President Director & CEO Indosat, dalam keterangan pers, Rabu (2/10).

Dukungan Indosat dalam melestarikan batik sebagai budaya bangsa juga dibuktikan dengan salah satu brand layanan prabayar Indosat yaitu Indosat Mentari yang memiliki logo yang terinspirasi dari batik.

Selain itu Indosat menyelenggarakan serangkaian program yang melibatkan masyarakat, pelanggan, dan karyawan untuk lebih peduli dan mencintai batik, seperti berikut:

Batik Photo Competition

Mengajak masyarakat untuk semakin mencintai batik melalui ajang kompetisi, Indosat menyelanggarakan  Batik Photo Competition  #iLoveBatik Instagram Challenge melalui tweet dan Instagram dengan hastag #ilovebatik  #IndosatSnap. Pemenang kompetisi akan mendapatkan 1 unit Samsung Galaxy Note 3 dan uang tunai. Kompetisi ini berjalan sejak 17 September  sampai 2 Oktober 2013.

Layanan VAS edisi Batik

Layanan VAS Edisi Batik Indonesia juga dihadirkan yang berisikan wallpaper batik dengan motif yang berasal dari beberapa daerah di Indonesia. VAS Edisi Batik dapat di akses melalui *123*3*5#.

Kunjungan ke Museum Batik

Guna menumbuhkan kepedulian anak muda serta lebih mengenalkan batik sebagai warisan budaya Indonesia, pada 29 September 2013, Indosat Community mengajak  Para Duta IM3 Jabotabek mengunjungi Museum Batik dan belajar membatik.

Sharing Session ”Cerita Batik”

Bersamaan dengan peringatan Hari Batik, Indosat dalam upaya mewadahi komunitas, memberikan kesempatan kepada komunitas untuk mengembangkan wawasan dan pengetahuan seputar batik dengan menghadirkan Iwet Ramadhan, pemerhati batik sekaligus penulis buku ”Cerita Batik”, kisah kain cantik warisan leluhur yang sarat makna. Sharing session ini dihadiri oleh komunitas Indosat seperti Hijabers Mom, Womenpreneur Community, Indosat BlackBerry Community, Indosat Android Community, para Duta IM3, Adira Finance Community, Komunitas 8 Bintang serta Phicomm Community.

 
Photo Competition Duta IM3

Para Duta IM3 juga berperan aktif mendukung kegiatan Indosat dalam pelestarian dan pengembangan batik sebagai budaya bangsa dengan menyelenggarakan Photo Competition Duta IM3. Kegiatan yang digelar  sejak 30 September hingga 4 Oktober 2013, menampilkan berbagai foto koleksi batik dari daerah asal para Duta IM3 se-Indonesia.

Bazaar Batik

Salah satu kegiatan dalam meramaikan Hari Batik Nasional adalah diadakannya bazaar batik khusus karyawan Indosat di kantor Pusat Indosat. Bazaar Batik diisi oleh para pengrajin batik yang menjual berbagai kerajinan batik, baik pakaian maupun aksesoris bernuansa batik. Bazaar batik ini digelar mulai 30 September hingga 4 Oktober 2013. Yang menarik dari bazaar ini adalah setiap pembelian yang membayar menggunakan DOMPETKU berhak mendapatkan undian berupa potongan harga mulai dari Rp 5.000, Rp 7.500 , Rp 10.000, Rp 15.000, Rp 20.000, serta souvenir dari dompetku.

 
Penyerahan Donasi Batik

Pada acara yang sama, Indosat juga menyerahkan donasi pelanggan pada Peringatan Hari Batik Nasional 2 Oktober 2012 lalu kepada 6 orang pelopor batik yang berasal dari luar Jawa dan SMK Bayat Klaten, sebuah sekolah kejuruan  khusus seni membatik. 

Donasi ini merupakan kelanjutan dari program penyerahan donasi sebelumnya yang dilakukan pada acara Gelar Batik Nusantara 2013 pada Juli lalu. Indosat sudah menyerahkan sebagian donasinya kepada 5 orang pengrajin batik yang selama lebih dari 40 tahun telah mendedikasikan dirinya untuk pelestarian dan pengembangan batik Indonesia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

indosat batik hari batik
Editor : Bambang Supriyanto

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top