Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Buruan, Ada 6.350 Lowongan Pekerjaan di Sektor Kelautan dan Perikanan

Sektor kelautan dan perikanan menyediakan 6.350 peluang kerja, yang terdiri dari 2.945 posisi perikanan tangkap, 154 posisi untuk perikanan budidaya, serta 550 posisi bidang pengolahan perikanan.

Bisnis.com, JAKARTA - Sektor kelautan dan perikanan menyediakan 6.350 peluang kerja, yang terdiri dari 2.945 posisi perikanan tangkap, 154 posisi untuk perikanan budidaya, serta 550 posisi bidang pengolahan perikanan.

Bursa Kerja Kelautan dan Perikanan 2013 itu dibuka kemarin, Senin (28/10) oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif C. Sutardjo.

Menurut Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif C. Sutardjo, peluang kerja ini juga terbuka untuk industri maritim dan pengelolaan lingkungan laut, pesisir, dan pulau-pulau kecil.

Dia mengatakan lowongan tersebut terbagi dalam 5 zona, yakni zona kewirausahaan (9 pemilik usaha), zona pelaut perikanan (15 perusahaan), zona budidaya (15 perusahaan), zona pengolahan (5 perusahaan), dan zona industri maritim (10 perusahaan).

"Bursa kerja kelautan dan perikanan 2013 ini digelar dalam rangka memfasilitasi percepatan penyerapan tenaga kerja sekaligus  menarik minat masyarakat terhadap dunia usaha dan dunia industri di sektor kelautan dan perikanan sebagai implementasi Pilar I Program Nasional Penciptaan Lapangan Kerja dan Peningkatan Kapasitas Angkatan Kerja," ujarnya.

Dia mengungkapkan Kementerian Kelautan dan Perikanan memiliki tanggung jawab menyelenggarakan pendidikan, pelatihan dan penyuluhan perikanan, sehingga dapat menyediakan sumber daya manusia berkualitas untuk mengolah dan menciptakan sumber daya kelautan dan perikanan itu menjadi suatu produk yang bernilai tinggi.

Dalam konteks tersebut, KKP berkomitmen mengalokasikan 40% kapasitas peserta didik kepada anak nelayan, pembudidaya, dan pengolah ikan.

"Saya berharap, para lulusan kelautan dan perikanan dapat memanfaatkan peluang kerja dan usaha pada Bursa Kerja Kelautan dan Perikanan tahun ini. Bursa kerja ini juga terbuka untuk dimanfaatkan masyarakat umum lainnya,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurbaiti
Editor : Nurbaiti
Sumber : setkab.go.id
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler