Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Warren Buffet: 3 Tips Untuk Sukses di Awal Karir

Warren Buffett , ketua dan CEO Berkshire Hathaway , juga dikenal sebagai " Oracle of Omaha", tidak diragukan lagi investor paling sukses di abad ke-20.
Martin Sihombing
Martin Sihombing - Bisnis.com 03 November 2013  |  18:37 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Warren Buffett , ketua dan CEO Berkshire Hathaway , juga dikenal sebagai " Oracle of Omaha " , tidak diragukan lagi investor paling sukses di abad ke-20 .

Meskipun semua kesuksesan duniawi , ia juga salah satu manusia yang hidup paling rendah hati dan murah hati. Dia baru-baru ini menyumbangkan sebagian besar kekayaannya untuk Bill dan Melinda Gates Foundation yang akan digunakan untuk tujuan kemanusiaan .

Pada usia 82 tahun , Buffett juga memiliki kekayaan pengalaman hidup dan kebijaksanaan untuk berbagi dengan para profesional. Berikut adalah tiga bagian yang terbaik dari nasihat bagi para pengusaha dan profesional muda untuk mencapai keberhasilan dalam bisnis dan kehidupan :

Warren Buffett sering mengatakan bahwa ada banyak hal dalam hidup yang berada di luar kendali seseorang . Ini mungkin termasuk hal-hal seperti keadaan di mana seseorang dilahirkan , atau sifat genetik seperti IQ , terlihat , atau bakat luar biasa di daerah tertentu . Dia membandingkan hal-hal ini untuk memenangkan lotere , beberapa orang lebih beruntung daripada yang lain . Namun, IQ tinggi atau bakat luar biasa saja jarang prediksi yang dapat diandalkan tentang kesuksesan seseorang dalam hidup. Atau ada seseorang yang dapat mengontrol.

Ini  pilihan yang sering berkaitan dengan karakter seseorang , kebiasaan , dan temperamen . Pilihan ini yang sering menentukan seberapa efisien dan efektif seseorang menggunakan   IQ-nya , bakat , dan kemampuan . Menurut Buffett , banyak orang dengan IQ yang luar biasa dan berbakat mendapatkan dengan cara mereka sendiri untuk sukses, karena mereka tidak cukup mengembangkan karakter dan kebiasaan mereka .

Warren Buffett menyediakan "motor " analogi yang menunjukkan titik ini . Dia membandingkan IQ dan bakat untuk Horsepower ( HP ) dari motor . Di satu sisi , motor 200 HP bisa tidak efisien dan hanya menghasilkan keluaran 50 HP dan sisanya pergi ke limbah. Di sisi lain , motor lain dengan hanya 100 HP bisa sangat efisien dan menghasilkan jumlah 100 keluaran HP.

Motor kedua dengan HP kurang, memberikan output yang lebih besar dari yang pertama . Pilihan yang dibuat sehubungan dengan karakter dan kebiasaan yang mirip dengan efisiensi motor .

" Rantai kebiasaan terlalu lemah untuk dirasakan sampai mereka terlalu kuat untuk dilanggar " .

Aksi Langkah : Menurut Buffett , ada cara termudah untuk menumbuhkan karakter yang baik dan kebiasaan di usia muda dan siapa saja bisa melakukannya . Cara mudah untuk melakukan ini adalah  menemukan orang-orang yang Anda kagumi dan menuliskan semua karakter dan kebiasaan yang Anda kagumi di dalamnya .

Selanjutnya, menemukan contoh orang-orang yang Anda tidak terlalu suka dan tuliskan semua kualitas dan kebiasaan yang tidak Anda sukai di dalamnya . Kemudian  dengan meniru daftar kualitas yang Anda sukai dan menghindari kualitas yang tidak Anda sukai, dan , dalam beberapa waktu , Anda akan mengembangkan kualitas-kualitas menyenangkan dan menghilangkan orang-orang yang Anda tidak suka pada orang lain.

 

1 dari 3 halaman

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

warren buffett
Editor : Martin Sihombing

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top