Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Untung Bisnis Katering Diet Makin Nikmat

Tumbuhnya kesadaran masyarakat untuk menyantap makanan sehat membuka peluang bisnis nan gurih bagi pengusaha katering. Mereka juga menyediakan menu yang sesuai dengan kebutuhan dan selera pelanggan.nn
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 19 Februari 2014  |  12:29 WIB
Menu diet yang disediakan antara lain South Beach Diet, Food Combining Diet, Vegetarian diet, hinggaHigh Protein Diet
Menu diet yang disediakan antara lain South Beach Diet, Food Combining Diet, Vegetarian diet, hinggaHigh Protein Diet

Bisnis.com, JAKARTA - Tumbuhnya kesadaran masyarakat untuk menyantap makanan sehat membuka peluang bisnis nan gurih bagi pengusaha katering. Mereka juga menyediakan menu yang sesuai dengan kebutuhan dan selera pelanggan.

Salah satu pelaku usaha katering diet adalah Prima Diet Cathering. Perusahaan ini didirikan oleh pasangan suami istri, Agus Saptoko dan Peni Hedi. Agus menuturkan, bisnis katering sehat ini awalnya dimulai untuk memenuhi kebutuhan sang ibu yang menderita penyakit batu ginjal dan diabetes pada 1999.

“Istri saya berprofesi sebagai dokter. Jadi, semua asupan nutrisi dan komposisi makanan dia pikirkan matang-matang,” jelas pria yang akrab disapa Koko ini.

Seiring waktu berjalan, banyak keluarga dan teman-teman yang ingin mendapatkan layanan katering sehat buatan Peni dan Koko. Namun, tak semua pelanggan menderita penyakit tertentu.  Melihat besarnya peluang yang bisa digarap, mereka lantas membuka Prima Diet Catering pada 2002.  

Setelah dibuka untuk masyarakat umum, Peni dan Koko menyadari bahwa masyarakat perlahan mulai sadar akan kesehatan tubuh. Tak hanya itu, menjalankan pola hidup sehat kini menjadi sebuah tren. Untuk memenuhi permintaan, Prima Diet Catering pun menawarkan beberapa variasi menu diet.

“Menu diet yang kami sediakan antara lain South Beach DietFood Combining DietVegetarian diet, hinggaHigh Protein Diet.”

Koko menambahkan, jenis diet ditentukan sesuai kebutuhan nutrisi konsumen. Tak heran, Prima Diet Catering mengaplikasikan layanan yang personal. Sebelum menjadi pelanggan, konsumen diharuskan mengisi formulir tentang kondisi kesehatan, kadar aktivitas, hingga selera makan. Nantinya, data tersebut akan diolah dan dijadikan referensi menu bagi konsumen. Ini yang membuat menu satu konsumen dengan konsumen lain berbeda-beda.

Layanan personal ini membuat Prima Diet Catering memiliki konsumen loyal. Koko mengaku saat ini jumlah pelanggan mencapai 50—100 orang per hari. Mereka rata-rata berusia 25—80 tahun dan berasal dari kalangan menengah atas yang tinggal di Jakarta.

Harga makanan yang ditawarkan Prima Diet Catering bervariasi. Harga tersebut disesuaikan dengan jenis diet dan jumlah hari. Harga makanan mulai dari Rp80.000—Rp130.000 per porsi. Selain itu, Koko juga menawarkan paket-paket langganan untuk 10, 20, hingga 28 hari.

“Harga paket diet mulai dari Rp1,6 juta per 10 hari, Rp2,4 juta per 20 hari, dan Rp4,5 juta per 28 hari.” Margin keuntungan yang didapat berkisar 20%—25%.

Koko menuturkan margin keuntungan tidak bisa diraih terlalu besar karena harga bahan-bahan makanan di pasaran tak stabil. Padahal, bisnis katering diet membutuhkan bahan baku berkualitas.

Namun demikian, Koko masih optimisi usaha ini akan mengalami peningkatan. “Potensi bisnis masih bagus karena jumlah orang yang ingin menjalankan pola hidup sehat terus bertambah. Kami mengimbangi hal ini dengan cara memberikan menu-menu makanan variatif dan tipe diet-diet terkini.”

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

peluang usaha katering
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top