Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ciputra Way: Kejujuran Itu Yang Utama

Bahaya terbesar dari seorang pengusaha adalah (terjebak) menjadi entrepreneur hitam. Itu sebabnya, integritas, karakter dan kejujuran sangat penting dalam pengembangan entrepreneurship,
Ciputra
Ciputra

Bisnis.com, JAKARTA - Masih ingat lagu Grup Band Panbers yang dinyanyikan oleh Benny Panjaitan berjudul 'Cinta Emas Dan Permata", yang begitu digandrungi oleh banyak orang hingga kini? Syukur jika Anda masih ingat bahkan hafal semua liriknya.

Tapi, tunggu dulu, tulisan ini  bukan atau tidak hendak membahas lirik atau filosofi lagu tersebut apalagi roses penciptaan yang dilakukan seorang Benny Panjaitan.

Salah satu lirik dalam lagu tersebut --jika Anda masih ingat-- ada mengatakan "...Kejujuran, Keiklasan Itu yang utama..Harta  hanyalah kiasan hidup semata..."

Lagi-lagi, ini pun tidak terkait dengan urusan cinta mencintai atau asmara, yang menjadi tema sentral dalam lagu Panbers itu. Lantaran, ini bukan soal wanita cantik yang berjiwa matre: yang cintanya hanya karena harta: Ada harta abang sayang, tak ada harta abang 'melayang' alias sana aja luh jauh-jauh ...

Tapi, dari lirik lagu itu, kita hendak mengingatkan bahwa bagi seorang entrepreneur, kejujuran paling utama. Dia tidak boleh mendahului keinginan mengejar harta dengan meninggalkan kejujuran. Jika seperti itu, dalam istilah tokoh entrepreneur sejati Indonesia Ciputra, orang itu digolongkan sebagai entrepreneur hitam.

"Bahaya terbesar dari seorang pengusaha adalah (terjebak) menjadi entrepreneur hitam. Itu sebabnya, integritas, karakter dan kejujuran sangat penting dalam pengembangan entrepreneurship," kata Ciputra ketika berbicara pada pembukaan pelatihan kewirausahaan yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia di Gedung BI, beberapa waktu lalu.

Jadi, peganglah kejujuran dalam diri seorang entrepreneur. Kejujuran akan memberikan keuntungan yang besar pada saatnya, karena segala sesuatu --termasuk kaya atau untung besar-- ada waktunya. Segala sesuatu ada waktunya: Ada waktu mati, ada waktu lahir, ada waktu kaya raya...

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper