Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ciputra Way: Kejujuran Itu Yang Utama

Bahaya terbesar dari seorang pengusaha adalah (terjebak) menjadi entrepreneur hitam. Itu sebabnya, integritas, karakter dan kejujuran sangat penting dalam pengembangan entrepreneurship,
Martin Sihombing
Martin Sihombing - Bisnis.com 07 April 2014  |  01:45 WIB
Ciputra Way: Kejujuran Itu Yang Utama
Ciputra
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Masih ingat lagu Grup Band Panbers yang dinyanyikan oleh Benny Panjaitan berjudul 'Cinta Emas Dan Permata", yang begitu digandrungi oleh banyak orang hingga kini? Syukur jika Anda masih ingat bahkan hafal semua liriknya.

Tapi, tunggu dulu, tulisan ini  bukan atau tidak hendak membahas lirik atau filosofi lagu tersebut apalagi roses penciptaan yang dilakukan seorang Benny Panjaitan.

Salah satu lirik dalam lagu tersebut --jika Anda masih ingat-- ada mengatakan "...Kejujuran, Keiklasan Itu yang utama..Harta  hanyalah kiasan hidup semata..."

Lagi-lagi, ini pun tidak terkait dengan urusan cinta mencintai atau asmara, yang menjadi tema sentral dalam lagu Panbers itu. Lantaran, ini bukan soal wanita cantik yang berjiwa matre: yang cintanya hanya karena harta: Ada harta abang sayang, tak ada harta abang 'melayang' alias sana aja luh jauh-jauh ...

Tapi, dari lirik lagu itu, kita hendak mengingatkan bahwa bagi seorang entrepreneur, kejujuran paling utama. Dia tidak boleh mendahului keinginan mengejar harta dengan meninggalkan kejujuran. Jika seperti itu, dalam istilah tokoh entrepreneur sejati Indonesia Ciputra, orang itu digolongkan sebagai entrepreneur hitam.

"Bahaya terbesar dari seorang pengusaha adalah (terjebak) menjadi entrepreneur hitam. Itu sebabnya, integritas, karakter dan kejujuran sangat penting dalam pengembangan entrepreneurship," kata Ciputra ketika berbicara pada pembukaan pelatihan kewirausahaan yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia di Gedung BI, beberapa waktu lalu.

Jadi, peganglah kejujuran dalam diri seorang entrepreneur. Kejujuran akan memberikan keuntungan yang besar pada saatnya, karena segala sesuatu --termasuk kaya atau untung besar-- ada waktunya. Segala sesuatu ada waktunya: Ada waktu mati, ada waktu lahir, ada waktu kaya raya...

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ciputra way
Editor : Martin Sihombing
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top