Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Program CSR: HERO Dukung Peningkatan Kesehatan Ibu dan Anak

PT. Hero Supermarket Tbk. (HERO) meluncurkan program corporate social responsibility (CSR) yang berfokus dalam peningkatan kesehatan ibu dan anak serta pelatihan kader posyandu di Kota Tangerang Selatan.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, PAMULANG -- PT. Hero Supermarket Tbk. (HERO) meluncurkan program corporate social responsibility (CSR) yang berfokus dalam peningkatan kesehatan ibu dan anak serta pelatihan kader posyandu di Kota Tangerang Selatan.

Menurut Natalia Lusnita, General Manager CSR & External Communication PT. Hero Supermarket Tbk., program peningkatan kesehatan ibu dan anak serta pelatihan kader posyandu akan dilaksanakan di beberapa kota yang terinstalasi toko Hero Supermarket seperti Jakarta, Tangerang, Surabaya dan Makassar.

“Program ini merupakan salah satu program CSR Hero Group yang berfokus pada empat pilar yaitu pendidikan, usaha kecil menengah (UKM) lokal, kesehatan dan lingkungan,” kata Natalia, Selasa (6/5/2014).

Menurutnya, program CSR Hero Group pada dasarnya sudah berjalan sejak 2012, namun belum dikelola dengan fokus.

PT. Hero Supermarket Tbk. menurutnya menganggarkan dana CSR untuk 2014 sebesar 3% dari total laba tahunan perusahaan.

Natalia mengatakan program pertama yang dilakukan Hero Group pada 2012 adalah pengembangan UKM lokal dengan menjadikan pengusaha lokal sebagai suplier beberapa barang kebutuhan toko Hero di berbagai daerah.

Selain pengembangan UKM lokal, pada pilar pendidikan, menurutnya Hero Group telah mengeluarkan program yang melibatkan toko Giant sebagai bagian bisnis unit dari grup, dengan memberi bantuan kepada setiap satu sekolahan yang terletak berdekatan dengan lokasi toko.

Program ini berupaya membantu kebutuhan sekolah baik dari segi infrastruktur ataupun kebutuhan penunjang lainnya.

Porsi terbesar dalam penggunaan anggaran CSR perusahaan, lanjut Natalia, diberikan pada program pengembangan pendidikan.

“Dengan tersebarnya toko Giant di seluruh Indonesia pada 2013 yang mencapai 170 toko, maka jumlah sekolah yang dibantu juga sebanyak 170. Seiring dengan pembangunan toko Giant tiap tahunnya di kawasan lain, maka jumlah sekolah yang dibantu pun akan terus bertambah,” katanya.

Program pengembangan pendidikan ini akan terus dilaksanakan. Ketika suatu sekolah telah terpenuhi kebutuhannya, perusahaan akan mengalihkan bantuan ke sekolah lain yang lebih membutuhkan.

Selain bantuan pembangunan ataupun penyediaan kebutuhan penunjang bagi sekolah, Natalia mengungkapkan perusahaan juga memberikan beasiswa pendidikan.

Untuk program CSR lingkungan, Natalia mengatakan akan diperkenalkan pada Juni 2014. “Saat ini masih dalam proses pembahasan kegiatan apa yang akan kita laksanakan. Sejauh ini baru penggunaan plastik ramah lingkungan,” ujarnya.

Setelah Hero Supermarket, dan Giant Ekstra & Ekspres menjalankan program CSR bernama Hero Peduli ini, ke depan Starmart akan didorong untuk berkontribusi pada pilar pendidikan.

Sementara itu, Ida Lidia, Staf Ahli Kemasyarakatan dan SDM Kota Tangerang Selatan mengatakan program kesehatan Hero Group ini selaras dengan misi Pemerintah Kota Tangerang Selatan dalam menekan angka kematian bayi dan gizi buruk.

“Visi Hero dan Pemkot Tangsel sama, yakni meningkatkan angka harapan hidup masyarakat dengan program pengembangan pendidikan, UKM lokal, kesehatan dan lingkungan,” kata Ida.

Dia berharap program ini dapat meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper