Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dua Anak Muda Ini Sukses Bisnis Party Planner Tanpa Modal

Memulai bisnis tak selamanya membutuhkan modal yang besar. Prinsip inilah yang dipegang oleh Anggita Dini Nofarinan dan Aliannisya Fatma. Dengan modal yang minim, mereka sukses merintis bisnis jasa perencana pesta (party planner) yang bernama Kleuro Party sejak akhir tahun lalu.
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 28 Mei 2014  |  12:07 WIB
Dua Anak Muda Ini Sukses Bisnis Party Planner Tanpa Modal
Perencana Pesta. Sukses tanpa modal besar - JIBI
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-- Memulai bisnis tak selamanya membutuhkan modal yang besar. Prinsip inilah yang dipegang oleh Anggita Dini Nofarinan dan Aliannisya Fatma.

Dengan modal yang minim, mereka sukses merintis bisnis jasa perencana pesta (party planner) yang bernama Kleuro Party sejak akhir tahun lalu.

Suatu hari, dia diminta membantu seorang teman yang ingin merayakan pesta ulang tahun. Tanpa pikir panjang, dua sahabat ini langsung merencanakan, menyiapkan semua keperluan, hingga menyelenggarakan pesta ulang tahun tersebut. Semenjak itu, menurut Anggita, banyak teman-teman yang ingin dibuatkan pesta yang sama.

Anggita dan Aliannisya melihat ini sebagai peluang bisnis. Meski terhalang oleh keterbatasan modal, mereka mencoba menjalankan bisnis Kleuro Party secara perlahan.

“Kami tidak memiliki modal banyak. Untuk merancang sebuah pesta, kami menggunakan uang klien. Jadi bisa dikatakan kami merintis bisnis ini tanpa modal sendiri,” ujar perempuan yang baru berusia 22 tahun ini, Rabu (28/5/2014)

Salah satu cara untuk mengembangkan bisnis adalah strategi pemasaran dari mulut ke mulut (word of mouth). Gayung bersambut. Dari satu pesta, dua orang ini mulai merencakan pesta lainnya. Kendati baru seumur jagung, Kleuro Party mampu menyelenggarakan 1-2 pesta seminggu atau 6-8 pesta saban bulan.

Perkembangan bisnis Kleuro Party tak hanya terlihat dari bertambahnya jumlah klien, tetapi jenis pesta. Jika sebelumnya mereka memulainya dengan merancang pesta ulang tahun, kini Anggita dan Aliannisya juga bisa merancang pesta ulang tahun pernikahan, pesta lajang (bridal shower), dan tujuh bulanan (baby shower).  

Bukan itu saja, Kleuro Party bisa merancang pesta sesuai dengan keinginan konsumen. Sebelum membeli peralatan dan menata ruangan, Anggita biasanya bertemu dengan klien untuk membahas semua yang dia inginkan.

“Saya harus pastikan semua sesuai dengan keinginan dan anggaran konsumen. Mulai dari dekorasi, kue, hingga goodie bag. Selain itu, kami juga memberi rekomendasi tempat yang cocok,” ujar perempuan yang sedang menempuh pendidikan di fakultas kedokteran gigi di salah satu kampu di Jakarta ini.

Kleuro Party mematok tariff jasa party planner ini mulai dari Rp800.000-Rp3.000.000 untuk setiap acara. Harga tersebut disesuaikan dengan kerumitan dekorasi dan jumlah tamu yang datang. Anggita dan Aliannisya bisa meraih laba bersih sekitar 30%.

Kendati cukup prospektif, kedua orang ini mengalami kendala. Selain harus memenuhi keinginan konsumen yang sangat detail, hambatan lain yang dirasakan oleh tim Kleuro Party adalah waktu.

“Banyak konsumen yang minta dibuatkan acara dalam waktu singkat. Hal ini cukup memberatkan karena kami menjalankan Kleuro Party berdua saja. Namun, dengan waktu sempit itu kami mencoba memberikan hasil maksimal,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

peluang usaha
Editor : Ismail Fahmi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top