Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BISNIS PARTY PLANNER, Sukses Dua Ibu ini Berawal dari Iseng-Iseng

Anessa dan Faryanti menekuni bisnis ini secara tidak sengaja. Awalnya, Anessa merencanakan dan menata pesta ulang tahun untuk anaknya. Tak disangka, banyak orang memberi respon positif dan ingin dibuatkan pesta serupa.nn
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 28 Mei 2014  |  14:00 WIB
BISNIS PARTY PLANNER, Sukses Dua Ibu ini Berawal dari Iseng-Iseng
Mereka mematok tarif mulai dari Rp5 jutaRp20 juta untuk setiap pesta. - bisnis.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -  Setiap orang pasti memiliki saat-saat spesial dalam hidupnya. Tak sekadar mengingat, banyak orang ingin merayakan momen bahagia. Beberapa contoh, di antaranya ulang tahun, ulang tahun perkawinan (wedding anniversary), saat menunggu kelahiran anak, hingga pernikahan.

Merayakan momen bahagia rasanya kurang lengkap jika tak mengundang keluarga atau teman-teman. Keberadaan keluarga dan sahabat tercinta sudah pasti akan membuat pesta semakin meriah.

Sayangnya, menyelenggarakan pesta bukanlah perkara mudah. Sebagai penyelenggara, kita harus mempersiapkan semua perlengkapan, mulai dari dekorasi, aksesori, makanan, hingga jalannya acara. Semua itu makin sulit dilakukan, terutama jika kita memiliki rutinitas yang padat.

Fenomena ini ternyata membawa berkah. Berbekal kreativitas dan jeli melihat peluang, ada beberapa pelaku usaha merintis bisnis perencana pesta (party planner).

Jasa perencana pesta sebenarnya tak jauh berbeda dengan penyelenggara acara (event organizer) yang telah dikenal masyarakat. Hanya saja, perencana pesta mengkhususkan menyelenggarakan pesta dalam skala kecil (private party). Berbeda dengan EO yang menggelar acara pernikahan, seminar, hingga acara perusahaan skala besar.

Anessa Natalia dan Faryanti Silondae menawarkan jasa perencana pesta.  Di bawah bendera Finger Snaps Party Planner, dua sahabat ini memulai bisnis sejak 2012 silam.

Inspirasi Anessa dan Faryanti menekuni bisnis ini bermula secara tidak sengaja. Awalnya, tutur Anessa, dia merencanakan dan menata pesta ulang tahun untuk anaknya. Tak disangka, banyak orang memberi respon positif dan ingin dibuatkan pesta serupa.

“Banyak orang tua yang mau pesta anaknya meriah dan terlihat berbeda dari yang lain. Namun, mereka tak bisa mengurus sendiri karena harus bekerja. Kami memanfaatkan situasi ini sebagai peluang bisnis,” ujarnya.

Melihat besarnya peluang yang bisa digarap, Anessa dan Faryanti semakin memantapkan diri untuk terjun menjadi perencana pesta. Mereka memulai bisnis ini hanya dengan modal Rp10 juta. Dari uang tersebut, mereka membelikan kursi kayu untuk anak-anak dan aneka perlengkapan pesta.

Menjaring klien dari lingkungan saudara dan teman-teman, Fingersnaps Party Planner mendapat awalnya hanya mendapat satu-dua pelanggan, kini mereka bisa menyelenggarakan 8—10 pesta saban bulan.

Jenis pesta yang ditangani pun makin variatif. Jika dulu mereka hanya fokus menyelenggarakan pesta ulang tahun anak, kini Anessa dan Faryanti kerap menangani acara pertunangan, tujuh bulanan (baby shower), pesta lajang (bridal showers), ulang tahun pernikahan (wedding anniversary), hingga acara perusahaan (corporate event).

“Sampai saat ini, permintaan paling tinggi masih pesta ulang tahun anak,” katanya.

Mereka mematok tarif mulai dari Rp5 juta—Rp20 juta untuk setiap pesta. Jumlah tersebut tergantung detail dekorasi, jumlah tamu, dan fasilitas yang diinginkan oleh konsumen.

“Biasanya kami menyesuaikan dengan budget klien. Meski konsumen tidak memilik dana besar, kami akan coba membuat pesta yang spesial.” Dia mengaku mendapat keuntungan bersih sekitar 20% dari bisnis ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

peluang usaha
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top