Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

CSR PERUSAHAAN: Kegiatan Filantropi Masih Terpusat di Ibu Kota

Sebuah penelitian mengungkap kegiatan filantropi perusahaan di Indonesia, sebagian besar masih terkonsentrasi di Jakarta.

Bisnis.com, JAKARTA - Sebuah penelitian mengungkap kegiatan filantropi perusahaan di Indonesia, sebagian besar masih terkonsentrasi di Jakarta.

Menurut penelitian bersama Public Interest Research and Advocacy Center (PIRAC) dan Dompet Dhuafa, kenyataan itu terjadi lantaran keputusan pelaksanaan program filantropi dipegang oleh manajemen pusat.

“Banyak proposal program sosial yang juga dimasukkan ke kantor-kantor cabang perusahaan di daerah, tapi permintaan ini diarahkan ke pusat dan keputusannya dijalankan manajemen cabang setelah dibahas oleh manajemen di kantor pusat,” kata Direktur Eksekutif PIRAC, Hamid Abidin kepada Bisnis.com (19/6/2014).

Menurut penelitian itu, kegiatan filantropi diselenggarakan oleh perusahaan-perusahaan yang berlokasi di Jakarta yakni sebesar 83%. Hal ini menunjukkan kecenderungan perusahaan melaksanakan kegiatan sosial mereka di lingkungan sekitar lokasi perusahaan.

Kegiatan sosial yang diselenggarakan selama 2013, tercatat dilaksanakan di Jakarta yakni sebesar 36% dan beberapa daerah di Pulau Jawa.

Kecenderungan ini menggambarkan keengganan perusahaan menyalurkan programnya ke luar daerah Jakarta dan Pulau Jawa yang sebenarnya lebih membutuhkan bantuan.

“Meski demikian, kegiatan filantropi yang dijalankan perusahaan di Indonesia mulai berkembang pesat, banyak yang melakukan kegiatan pemberdayaan masyarakat,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Yusran Yunus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper