Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KABINET JOKOWI: Poltak Sitanggang Masuk Bursa Menteri ESDM

Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) memastikan nama Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Mineral Indonesia Poltak Sitanggang masuk dalam bursa Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).
Poltak Sitanggang/Energytoday
Poltak Sitanggang/Energytoday

Bisnis.com, JAKARTA-- Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) memastikan nama Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Mineral Indonesia Poltak Sitanggang masuk dalam bursa Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Hal itu disampaikan Jokowi saat menghadiri Pertemuan Nasional Aktivis 98 di Denpasar, Bali, Sabtu (28/9/2014)

"Nama itu (Poltak Sitanggang) sudah masuk, sudah saya terima," ujar Jokowi sebagaimana siaran pers aktivis 98 yang diterima di Jakarta, Minggu (28/9/2014).

Dalam pertemuan tersebut, aktivis 98 mengajukan pertanyaan mengenai kriteria Menteri ESDM yang diinginkan Jokowi. Pertanyaan itu diajukan karena Jokowi sebelumnya menginginkan bahwa pos Kementerian ESDM diisi oleh orang profesional nonpartai politik.

Jokowi menyebutkan  bahwa Menteri ESDM di kabinetnya nanti tidak hanya harus menguasai manajemen migas dan tambang serta memiliki kepemimpinan yang kuat, namun juga harus berani memberantas mafia migas yang menggerogoti anggaran negara.

"Ya harus berani melawan mafia-mafia itu, karena mereka yang selama ini membuat beban APBN kita jadi membengkak," ujar Jokowi seperti dikutip Antara.

Menurut catatan Bisnis, nama Poltak Sitanggang diketahui belakangan  mencuat dalam bursa Menteri ESDM versi KabinetRakyat.org dan Beranilawanmafia.com.

Poltak Sitanggang  saat ini menjabat sebagai Ketua Komite Tetap Energi dan Pertambangan Kadin Indonesia. Dia  sebelumnya menyatakan setuju  atas rencana pembekuan Petral yang belakangan menjadi wacana Tim Transisi Jokowi-JK.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ismail Fahmi
Editor : Ismail Fahmi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper