Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AP II Salurkan Rp1,6 Miliar kepada UKM

PT Angkasa Pura II salurkan dana pinjaman senilai Rp1,6 miliar dengan suku bunga 6% per tahun kepada 64 pengusaha kecil dan menengah dengan masa angsuran maksimal 24 bulan.

Bisnis.com, TANGERANG—PT Angkasa Pura II salurkan dana pinjaman senilai Rp1,6 miliar dengan suku bunga 6% per tahun kepada 64 pengusaha kecil dan menengah dengan masa angsuran maksimal 24 bulan.
 
Deputi Bidang Keuangan dan SDM KCU Bandara Soekarno-Hatta Indah Suryandari mengatakan pinjaman lunak kepada pengusaha kecil dan menengah ini sesuai dengan keputusan Menteri BUMN No. PER.08/MBU/2013 yang menugaskan badan usaha miliki negara (BUMN) harus menjadi mitra bagi pengusaha kecil dan menengah.
 
“BUMN harus menjadi mitra bagi pengusaha kecil dan menengah di wilayah BUMN tersebut berada melalui program kemitraan dan bina lingkungan. Besaran pinjaman yang disalurkan berbeda-beda kepada mitra binaan,” tuturnya di Tangerang, Rabu (29/10).
 
Dana pinjaman yang disalurkan, lanjutnya, berkisar antara Rp10 juta hingga Rp50 juta. Besaran itu disesuaikan dengan jenis usaha, omzet per bulan hingga kesanggupan mitra binaan membayar angsuran pokok pinjaman setiap bulan.
 
Adapun jenis usaha yang dijalankan para mitra binaan menurutnya meliputi sektor jasa, industri hingga budidaya perikanan. Dengan program ini, ujarnya, diharapkan dapat membantu pengembangan usaha yang dilakukan oleh masyarakat yang tinggal di sekitar bandara.
 
Komarudin, Manager Program Kemitraan dan Bina Lingkungan mengatakan dari total 64 mitra binaan yang mendapatkan bantuan, 29 di antaranya merupakan mitra binaan lama. Setiap mitra binaan yang akan mendapatkan bantuan, menurutnya harus memenuhi syarat yang telah ditetapkan.
 
“Seperti di cek kebenaran usaha dan lainnya. Hal itu dimaksudkan agar tidak terjadi pemberian bantuan fiktif. Bantuan juga diberikan kepada pengusaha lain yang berada di Kota/Kabupaten Tangerang dan Tangerang Selatan,” ujarnya.
 
Dia juga mengatakan secara keseluruhan sejak 2011 hingga 2014 PT Angkasa Pura II sudah menyalurkan dana bantuan senilai Rp26,7 Miliar melalui program kemitraan dan bina lingkungan.
 
Adapun rincian dana bantuan yang diberikan yaitu Rp14,4 miliar untuk 873 mitra binaan di Kota Tangerang dan Rp12,3 miliar untuk 758 mitra binaan di Kabupaten Tangerang. Menurutnya, dana bantuan paling banyak diberikan kepada pengusaha usaha kecil seperti warung kelontongan.
 
Selain memberikan bantuan dana, KCU Bandara Soekarno-Hatta, tuturnya, juga menggelar pelatihan gratis kepada semua mitra binaan yang menerima pinjaman. Materi yang diberikan meliputi tips berwirausaha, sehingga usaha yang dijalankannya dapat berkembang.

“Kami ingin agar usaha yang dijalankan warga melalui dana bantuan PKBL bisa berkembang dan bermanfaat,” tuturnya.

Indah mengatakan jumlah pelaku usaha yang menyodorkan proposal permohonan bantuan dana usaha lebih banyak dari kuota yang ditetapkan. Setidaknya, lebih dari 100 pelaku usaha yang mengajukan proposal pembiayaan.

“Kita melakukan seleksi ketat agar bantuan yang diberikan tidak sia-sia. Kemudian, usaha yang dijalankan warga tidak sekadar mendapatkan bantuan saja,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper