Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PLN Raih 2 Penghargaan Bidang SDM

PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) mendapatkan dua penghargaan dalam kegiatan Indonesia Human Capital Study (IHCS) 2014 yang diselenggarakan oleh Dunamis Human Capital.

Bisnis.com, JAKARTA—PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) mendapatkan dua penghargaan dalam kegiatan Indonesia Human Capital Study (IHCS) 2014 yang diselenggarakan oleh Dunamis Human Capital.

Kedua penghargaan itu adalah kategori Best of Human Capital Initiative on Competency Management dan Best of CEO Commitment on Human Capital Development.

Selain itu, Anak Perusahaan PLN, PT Indonesia Power (IP), juga meraih penghargaan di ajang serupa untuk kategori Appreciation on Human Capital Management System Improvement.

Kepala Divisi Sumber Daya Manusia PLN Bagus Setiawan mengatakan penghargaan competency management diraih PLN berkat usaha PLN yang selalu menjaga kompetensi pegawainya.

"Kita dapatkan itu dari SI UJO (Sistem Uji Kompetensi Online),” katanya melalui pernyataan resmi di Jakarta, Sabtu (29/11).

Menurutnya, program SI UJO dianggap sebagai sistem yang bagus untuk mempertahankan kompetensi pegawai.

Lebih jauh, Bagus menjelaskan penghargaan Best CEO Commitment didapatkan PLN bersama-sama dengan lima perusahaan lain. menurutnya, predikat ini diraih berdasarkan komitmen top leader untuk mengembangkan SDM, terutama budaya PLN Bersih.

Perlu diketahui, penghargaan diserahkan oleh President Director of Dunamis Human Capital Tengku Hedi Safinah kepada Kepala Divisi SDM PLN, Bagus Setiawan, Kepala Divisi Talenta PLN, Suharto, dan Direktur Keuangan IP Sripeni Inten Cahyani.

Tahun ini merupakan tahun pertama PLN mengikuti kegiatan IHCS sejak dilaksanakan pada 2012 lalu. Peserta yang turut berpartisipasi pada kegiatan ini merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), swasta, maupun perusahaan daerah yang dikategorikan berdasarkan industrinya.

Studi ini diharapkan menjadi tolok ukur pendekatan, proses, dan hasil dari penerapan human capital management system di perusahaan-perusahaan di Indonesia.

Dengan demikian, perusahaan dapat mengukur dan menilai kinerja serta efektivitas sumber daya manusia dengan membandingkan posisi perusahaan dengan perusahaan lain baik di industri yang sama maupun berbeda.

Selain itu, perusahaan juga ikut serta berpartisipasi dalam penentuan angka norm (rata-rata sektor industri) Human Capital Index Industri yang ada di Indonesia, serta mendapatkan ukuran untuk komitmen perusahaan dalam pengelolaan sumber daya manusia yang berdampak pada peningkatan kinerja individu di perusahaan.

Hasil penilaian untuk seluruh perusahaan peserta IHCS tahun ini, dari segi development rate menunjukkan bahwa penyediaan akses kepada karyawan untuk mendapatkan pelatihan sudah sangat baik yakni rata-rata 75% karyawan mendapatkan pelatihan di 2013.

Namun, terlihat penurunan pada 2013 dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang mungkin disebabkan perusahaan lebih fokus untuk memberikan pelatihan kepada karyawan yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fauzul Muna
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper